6 Kunci Sukses Bisnis Fotografi

Anda punya bisnis jasa fotografi atau sedang ingin membuka bisnis ini? Meski saat ini banyak sekali bisnis seperti ini yang sudah menjamur, tidak ada salahnya untuk melanjutkan keinginan Anda. Kali ini tim kami memiliki artikel mengenai 6 hal yang harus dilakukan untuk melancarkan bisnis fotografi. 
1. Kreatif dalam menentukan konsep foto
Biasanya para klien sendiri yang ingin menentukan konsep, tinggal bagaimana caranya untuk mewujudkan dan mempercantik konsep tersebut. Cari kata kuncinya lalu kembangkan sendiri dengan kreatifitas Anda. Bila masih bingung dengan konsepnya, cari di internet sebagai referensi namun hasil yang kita buat tidak boleh sama persis dengan referensi. Setelah mendapatkan konsep, tentukan mana yang ingin ditonjolkan. 

Memang tidak semua foto yang dihasilkan murni karena kreatifitas sendiri, pasti ada campur tangan dari orang lain. Entah itu karena terinspirasi dengan karya orang lain maupun adanya masukan dari orang lain. Lebih baik begitu dan klien senang asalkan jangan terlalu meniru. Langkah pertama adalah amati lalu modifikasi dengan gaya Anda. Tidak hanya ahli dalam memotret, Anda juga harus mengerti dan menguasai edit foto. Aplikasi ini bisa dilakukan jika hasil yang diperoleh kurang maksimal seperti minimnya cahaya. Tujuannya adalah agar foto yang dihasilkan lebih sempurna. 
Terus kembangkan kreatifitas Anda agar tidak mengalami kematian ide dan gaya. Jika punya kesempatan dan waktu luang sebaiknya ikuti komunitas-komunitas fotografi agar semakin mengasah kemampuan Anda. Di dalam komunitas, anggota dapat saling bertukar pengalaman, ilmu, kritik dan saran. Selain itu juga menambah teman dan pastinya menambah jangkauan pemasaran jasa Anda. Siapa tahu bisa bertukar info pekerjaan.
2. Promosi menggunakan berbagai media
Maanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara gencar-gencaran. Buat akun dan miliki teman yang banyak. Manfaatkan aplikasi Facebook dengan menjadi anggota pada grup-grup di sana kemudian beriklanlah. Sebaiknya grup yang Anda ikuti lebih dari satu. Manfaatkan media Instagram dan Path. Terus perbarui foto setiap minggunya. Cara memaksimalkan media Instagram sebagai media bisnis juga telah dibahas di artikel lainnya. Manfaatkan ajang beriklan gratis ini sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk memamerkan hasil karya pada akun yang Anda miliki.
Dunia maya adalah dunia yang tanpa batas, promosi di dunia maya tidak akan dikenakan beban. Terus beriklan dan perbarui informasi terbaru mengenai usaha Anda di media sosial. Atau Anda bisa membuat website agar orang-orang dapat melihat cara kerja bisnis tersebut. Dari situ mereka akan mengetahui seberapa berkualitasnya jasa yang ditawarkan. Anda bisa meminta jasa pembuatan website untuk membuatnya sesuai dengan keinginan. 
3. Tentukan tarif promosi
Cara menentukan tarif promosi dengan mencari tahu harga pasaran lalu tinggal menurunkan harga sedikit saja. Jangan terlalu tinggi dalam menentukan tarif. Cara ini ampuh untuk menarik para pelanggan. Karena bisnis ini sudah banyak yang mengelola, jadi harga murah banyak diminati. Karena lebih hemat, selain itu hasil yang didapatkan juga hampir sama. Adakan diskon pada hari tertentu untuk mendongkrak penjualan. Atau adakan diskon untuk beberapa paket pemotretan dengan pemesanan dalam jumlah yang banyak. Seperti untuk memotret acara pernikahan atau pesta dan lainnya. 
Dengan adanya bonus, pelanggan akan kembali lagi menggunakan jasa Anda karena mereka akan merasa sudah cocok dengan hasil dan harga yang telah ditetapkan. Tinggal bagaimana Anda pintar dalam menjalankan pemasaran yang bagus. Tentunya harus memiliki tim yang handal dan menyenangkan. Jika jasa Anda sudah memiliki nama atau sudah populer di kalangan masyarakat tentunya akan mempermudah dalam melakukan promosi lebih luas lagi.
4. Bekerja sama dengan Wedding Organizer
Bekerjasama dengan wedding organizer akan menambah pemasaran bisnis Anda. Tawarkan kepada mereka untuk melakukan kerjasama. Wedding organizer yang kewalahan menangani kerjaannya akan meminta Anda untuk meminta bantuan demi kelancaraan bisnisnya. Ajukan proposal kepadanya, lalu gunakan sistem bagi hasil. Tentunya Anda harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak wedding organizer. 
Sekarang banyak orang yang memilih menggunakan jasa wedding organizer karena dirasa sangat meringankan beban. Karena dalam wedding organizer telah menawarkan lengkap kebutuhan acara pernikahan termasuk untuk fotografi.
5. Ajaklah teman atau saudara untuk membantu
Terus berusaha beriklan kepada teman-teman dan saudara. Bangun jaringan pertemanan Anda seluas-luasnya. Karena suatu saat mereka bisa menjadi partner bisnis yang menguntungkan. Teman akan membicarakan dan mempromosikan lewat mulut ke mulut.  Suruh saudara untuk menggunakan jasa Anda ketika akan mengadakan suatu acara yang membutuhkan fotografi. Beri tahu mereka bahwa bisnis yang dilakoni sudah berjalan. Ajak dan tawarkan kepada mereka untuk menggunakan jasa Anda. Selain itu ajak meraka untuk menyukai dan menjadi pengikut akun dan web. semakin banyak teman yang diajak semakin cepat pula jasa photografi Anda diketahui banyak orang.
6. Memilih kamera digital yang berkualitas
Setiap kamera memiliki kelebihan masing-masing, seperti kamera Cannon lebih menonjol untuk pemotretan di luar ruangan sedangkan Nikon lebih unggul di dalam ruangan. Pastikan Anda memiliki semuanya karena semuanya pasti dibutuhkan. Pilihlah kamera yang mudah digenggam dan nyaman, pelajari istilah kamera digital, sebelum membelinya usahakan Anda mengetahui spesifikasi dari masing-masing kamera. Tentukan jenis lensa apa yang nantinya akan dibutuhkan karena setiap jenis lensa memiliki fungsi masing-masing. Mintalah rekomendasi dari teman yang lebih paham dan mengerti. 
Jika Anda sudah mengerti apa yang akan dipilih, tentukan anggaran untuk membelinya. Kamera yang berkualitas juga membutuhkan perawatan yang rutin dan tepat maka jangan lupa untuk merawatnya karena kamera mudah kemasukan debu. Jika perawatan kurang tepat maka kualitas dan keahlian kamera akan menurun. Hati-hati dalam membawanya agar tidak mudah rusak dan tidak berfungsi lagi. Bisa saja ketika ingin menjual kamera untuk membelikan yang baru pastinya kamera yang masih terawat akan mudah terjual dengan harga tinggi.
Itulah hal yang bisa kami berikan kepada Anda. Tetaplah berbisnis meski pesaing dan kendala banyak yang datang. Buktikan bahwa jasa Anda berkualitas dan layak untuk diakui oleh masayarakat. Karena nantinya mereka akan tetap memilih yang berkualitas. Pekerjaan seorang fotografer adalah menjual seni melalui karya-karyanya. Tetaplah kreatif, keluarkan semua kemampuan dan keahlian. Pekerjaan fotografi tergolong pekerjaan yang menyenangkan karena hobi bisa diolah menjadi bisnis. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *