50 Tips Pemasaran untuk Fotografer

Banyak pelaku bisnis fotografi juga sekaligus fotografer di perusahaan yang ia miliki, hal ini tentunya menuntut kemampuan dan fokus yang cukup tinggi agar setiap tugas dapat dijalani dengan baik. Tapi dari semua permasalahan yang dialami oleh fotografer sebagian besar berkaitan dengan sistem pemasaran.

Bagaimanakah tips pemasaran yang baik untuk fotografer yang menjalankan bisnis fotografi? Berikut ini terdapat 50 tips untuk fotografer yang dibagi dalam 5 kategori umum, yaitu ungkapan terima kasih yang dapat diberikan dengan berbagai cara seperti sapaan terima kasih dan juga hadiah sebagai wujud terima kasih, promosi, publikasi, harga dan juga motivasi atau konsultasi.

Ungkapan terima kasih merupakan wujud penghargaan terhadap klien dan sebagai ungkapan tentang pentingnya klien dalam bisnismu. Promosi merupakan bagian dari sistem pemasaran yang wajib dilakukan dan di jaman yang sudah sangat modern ini kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan seperti promosi di media online yang cukup efektif dengan biaya yang relatif lebih murah.

Publikasi adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dari promosi, publikasi yang terus menerus akan mempengaruhi masyarakat dan secara perlahan akan membentuk branding terhadap produk yang ditawarkan, jika branding sudah didapatkan maka tugas perusahaan selanjutnya hanyalah mempertahankan branding yang sudah didapatkan.

Harga merupakan komponen yang cukup penting dari sistem pemasaran suatu perusahaan, standar yang tinggi dari suatu produk akan menjadi tidak berarti jika harganya tidak dapat bersaing dengan produk dari perusahaan lain. Motivasi atau konsultasi adalah tips pemasaran yang tidak memberikan pengaruh secara langsung tapi pengaruhnya terbilang cukup signifikan nantinya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Gunakan kartu ucapaan terima kasih

Gunakan kartu ucapan terima kasih sebagai ungkapan terima kasih terhadap klien. Hal ini mungkin terlihat sederhana tapi akan cukup bermakna bagi klien.

Kemasan bungkusan yang berkesan

Sebagai rangkaian dari kartu ucapan terima kasih, berikan juga kemasan pembungkus yang berkesan bagi klien. Selain berisi ucapan terima kasih di dalam kemasan pembungkus, bisa juga disertakan kontak perusahaan yang dapat dihubungi oleh klien untuk kegiatan lainnya.

Beri penghargaan khusus

Berikanlah penghargaan khusus kepada klien yang telah setiap menajadikan perusahaan fotografimu sebagai tempat favoritnya dengan memberikan diskon atau penawaran harga yang menarik. Jika klien setiamu puas dengan pelayanan yang didapatkan, maka ia akan dengan sukarela mempromosikan produkmu kepada keluarga atau temannya.

Bahagiakan klien

Buatlah klienmu terus bahagia dengan pelayanan memuaskan dari perusahaanmu.

Beri bonus

Berikanlah bonus untuk klien dari setiap sesi pemotretan dan berikanlah catatan yang menjelaskan pengalaman fotografi yang sudah dilakukan.

Foto 

Selain ungkapan terima kasih kepada klien, foto juga bisa digunakan untuk merefleksikan ungkapan terima kasihmu kepada fotografer senior yang menurutmu berjasa dalam karir fotografimu.

Beri penilaian

Berikanlah penilaian terhadap setiap foto yang diambil dan tentukanlah foto favorit diantaranya dan jelaskan alasannya kepada klien tersebut. Hal ini akan membuat klien merasa diperhatikan dan dilayani dengan sangat maksimal.

Beri hadiah

Berikanlah hadiah yang unik kepada klien sebelum ataupun sesudah pemotretan berlangsung, seperti sertifikat ataupun kesempatan memberikan testimoni untuk kepentingan promosi perusahaan.

Lakukan promosi

Lakukanlah promosi dengan ikut serta dalam pertunjukkan atau kegiatan dari masyarkat lokal agar produk yang ditawarkan lebih dikenal masyarakat. Tapi yang harus diingat adalah ijin resmi terkait keikutsertaan dalam kegiatan tersebut agar menghindari permasalahan lain.

Adakanlah perlombaan fotografi

Gunakan media sosial

Gunakanlah media sosial untuk lebih mempromosikan produk fotografimu kepada masyarakat lokal.

Promosi melalui facebook

Selain untuk promosi kepada masyarakat lokal, facebook juga bisa dilakukan sebagai wadah berbagi foto dan komunikasi langsung dengan klien secara lebih terbuka.

Manfaatkan media facebook

Manfaatkan facebook semaksimal mungkin dengan klien seperti tag atau tandai foto yang kamu unggah dengan nama klien tersebut. Hal ini akan sangat berkesan terutama untuk klien  yang sangat gemar online di media sosial.

Berikan penawaran

Berikanlah penawaran untuk jasa foto secara gratis kepada perusahaan lain seperti klinik dokter, salon, butik.

Gunakan blog

Selain memanfaatkan facebook kamu juga bisa menggunakan blog sebagai situs resmi dari perusahaan yang terkait dengan setiap foto yang pernah diambil di studiomu.

Berikan pelayanan yang baik

Berikanlah produk dan pelayanan yang terbaik agar klien selalu mengingatnya.

Gunakan kartu nama

Manfaatkanlah kartu nama atau brosur dari perusahaan yang memudahkan klien untuk menghubungi kembali terkait dengan kebutuhan foto nantinya.

Bergabung dengan group

Untuk bisnis fotografi yang fokus pada tema anak-anak maka bergabunglah dengan grup para ibu agar perusahaan tetap update tentang tren yang sedang berkembang.

Selalu bawa kamera

Selalu bawalah kamera dalam berbagai kegiatan bahkan saat klien berkonslutasi karena kita tidak pernah tau keinginan klien yang bisa saja mendadak sehingga kita harus senantiasa mempersiapkannya.



Beri label

Berikanlah label dari nama perusahaan dari setiap kartu nama, brosur atau kemasan paket lainnya agar para klien mudah mengingatnya dan mendapatkan info tentang produk.

Fokus bidang fotografer

Fokus pada bidang fotografi tertentu, mungkin dengan spesifikasi yang dilakukan tidak akan banyak klien yang berdatangan namun jika ada klien yang tertarik melakukan kerjasama tentunya ia rela membayar mahal dan keuntungan besar siap didapat.

Beri gratisan

Berikanlah kemurahan dengan gratis untuk sesi tertentu.

Jangan malu

Jangan malu untuk selalu mempromosikan produkmu.

Buatlah jaringan dengan perusahaan lokal lainnya

Cantumkanlah nama perusahaan, kontak dan juga email yang mudah dihubungi pada database online yang memuat daftar perusahaan fotografi.

Gunakan gambar yang unik

Agar publikasi yang dilakukan lebih menarik, gunakanlah gambar yang unik dalam kartu nama maupun brosur perusahaan.

Gunakan website

Gunakanlah website resmi untuk mempublikasikan foto-foto terbaik yang pernah diabadikan.

Sediakan kartu nama

Untuk bisnis fotografi yang  menawarkan berbagai tipe fotografi maka perusahaan harus menyediakan kartu nama dan juga brosur yang berbeda agar klien tetap mendapatkan informasi yang lengkap.

Cantumkan foto di kartu nama

Selain mempublikasikan foto terbaikmu di website resmi perusahaan, kamu juga bisa mencantumkan foto terbaikmu di kartu nama ataupun brosur.

Publikasikan untuk tujuan penjualan

Beri contoh hasilnya

Untuk setiap macam tipe fotografi berikanlah contoh agar klien lebih yakin terhadap kompetensi perusahaan, seperti untuk tipe fotografi dengan tema anak-anak maka berikanlah contoh foto yang pernah diambil dengan objek anak-anak. Atau kamu juga bisa mencamtumkan karya dari perusahaan lain yang telah menggunakan jasamu agar klien semakin yakin untuk menjadi bagian dari bisnis fotografi yang dijalani.

Ciptakan produk unik

Ciptakanlah branding yang unik sehingga akan terus diingat terutama oleh klien.

Jangan cepat puas 

Janganlah cepat berpuas diri dan melalaikan setiap detail dari produk, sesukses apapun perusahaan fotografi yang kamu jalani tetap harus selalu dilakukan kontrol dari setiap detail prosesnya agar kualitas produk tetap terjaga dan kepuasan pelanggan tetap didapatkan.

Itu adalah 33 tips dari 50 tips pemasaran untuk fotografer bagian pertama, baca juga bagian keduanya di artikel selanjutnya agar kamu mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *