5 Tips Kelola Event Organizer Profesional

Dewasa ini bisnis event organizer sangat menggiurkan. Kondisi negara yang kondusif menjadi kunci utama pesatnya perkembangan bisnis ini. Baik acara dengan skala kecil maupun skala besar terselenggara dengan lancar setiap harinya. Kondisi tersebut juga mengundang orang untuk lebih memilih menggunakan jasa event organizer daripada menyelenggarakan sendiri suatu acara. Hal ini dikarenakan event organizer menawarkan acara yang profesional, dan juga dapat menghemat tenaga pengguna.
Tidak heran jika semakin banyak orang yang terjun ke dalam ranah bisnis event organizer akibat permintaan yang pesat dari masyarakat. Keadaan demikian menimbulkan persaingan sengit antar penyedia jasa event orgarizer. Sehingga penting untuk menjadi profesional jika ingin memulai bisnis event organizer. Bagaimanapun juga, masyarakat akan memilih event organizer yang kompeten dan handal agar acara yang direncanakan berjalan dengan lancar. Berikut kiat-kiat untuk membangun bisnis event organizer yang profesional:
1. Pilih jenis event organizer yang spesifik
Era modern yang kini tengah berlangsung menuntut manusia menjadi profesional dalam bidangnya. Begitu juga halnya dengan dunia bisnis. Banyak orang yang gagal memulai bisnis karena sejak awal membangun usaha tidak menentukan secara spesifik jenis usaha yang akan dijalankan. Sementara permintaan dari masyarakat telah beralih kepada tenaga-tenaga profesional daripada kepada pebisnis yang serba bisa.
Dalam bisnis event organizer dikenal beberapa jenis yang menetukan arah dari perusahaan tersebut. Jenis-jenis tersebut antara lain:
a. Wedding organizer : EO ini bergerak secara khusus menangani acara pernikahan.

b. Musik dan hiburan : EO yang bergerak dibidang pertunjukan seperti pertunjukan musik dan  pertunjukan hiburan lainnya.

c. Penyenyelanggara ulang tahun : EO yang khusus menangani acara ulang tahun.

d. Meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) : EO yang menyelenggarakan acara-acara yang berhubungan dengan pertemuan.

e. Brand activation : EO yang khusus membantu klien dalam mempromosikan brand untuk peningkatan penjualan.

f. One stop service agency : EO ini mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara, bahkan hingga acara yang berskala internasional.
Dengan memilih salah satu jenis event organizer, masyarakat akan lebih mudah mengetahui informasi mengenai jenis usaha mana yang ditawarkan. Jenis usaha nantinya akan dijelaskan di company profile, yang mana masyarakat akan melihat ini sebelum ia memlih suatu event organizer. Pemilihan jenis juga bergantung pada modal yang dimiliki ketika memulai. Dan yang terpenting juga bergantung kepada kemampuan yang dimiliki.
2. Miliki tim yang handal
Tim untuk menyusun suatu event organizer tidak perlu banyak. Yang terpenting adalah memilih anggota tim yang kompeten. Karena pada kenyataannya, ketika menangani suatu acara, ada anggota tim yang dapat digantikan dan ada yang memang selalu dibutuhkan. Sehingga pencarian anggotan tim yang kompeten menjadi sangat penting untuk menyusun tim inti.
Memang seringkali sulit mencari anggota yang kompeten, tapi itulah harga yang harus dibayar untuk membentuk tim super. Selain itu, event organizer juga sering dihadapkan pada kondisi tim yang tidak solid. Sehingga pembinaan anggota tim harus terus dilakukan guna merekatkan ikatan antar anggota. Rampingnya tim inti juga dimaksudkan agar lebih mudah dikontrol agar tidak sampai terjadi suatu perbuatan yang dapat menrugikan perusahaan.

3. Iklan yang elegan
Semakin pesatnya era komunikasi membuat setiap perusahaan dapat beriklan dengan mudahnya. Namun tidak jarang iklan yang dilakukan justru membuat masyarakat menjadi antipati padanya. Contoh saja iklan-iklan yang menghambur semaunya melalui SMS yang tidak dikehendaki kedatangannya. Iklan yang dimaksudkan untuk mengundang klien malah membuat klien antipati. Sehingga perlu diperhatikan cara beriklan yang elegan.
Minimnya modal tidak menghalangi promosi dewasa ini. Oleh karena itu, telah banyak fitur yang dapat digunakan secara gratis. Menggunakan media sosial yang ada adalah pilihan tepat untuk beriklan. Seperti melalui facebook, twitter, instagram, youtube, dan sebagainya. Namun juga penting untuk sesekali beriklan di media cetak seperti majalan-majalah perempuan.
Hindari gaya iklan yang murahan, seperti menempelkan selembaran di mana saja. Kini masyarakat mulai sadar dengan kebersihan, sehingga mereka akan antipati pada iklan-iklan yang murahan. Demikian juga penting untuk mempunyai laman sendiri dengan domain yang profesional, seperti misalnya “.com”. Menggunakan blog tentu akan mengundang klien untuk mempertanyakan profesionalitas dari event organizer yang anda bangun.
Jangan lupa untuk menyertakan testimoni orang-orang yang telah menggunakan jasa Anda. Semakin orang itu terkenal di kalangan masyarakat, maka semakin berpengaruh pula testimoni tersebut. Meski hanya pernyataan singkat, masyarakat yang akan menggunakan jasa anda akan semakin yakin untuk memilih anda.
4. Bina hubungan baik dengan klien
Kunci utama keberhasilan suatu bisnis terletak pada hubungan antara penyedia jasa dengan kliennya. Semakin ia bisa membina hubungan baik, maka akan semakin pesat bisnis tersebut dapat berjalan. Karena bagaimanapun juga kepuasan dari klien adalah hal utama dalam bisnis event organizer ini.
Klien yang merasa puas akan kembali lagi menggunakan jasa Anda ketika mereka membutuhkannya lagi. Lebih jauh dari itu, kepuasan yang dirasakan oleh klien akan ia sebarkan tanpa memintanya. Sehingga secara tidak langsung, klien yang terpuaskan dengan jasa Anda telah menjadi sales pemasaran baru.
5. Kantor yang jelas
Seringkali klien melihat profesionalitas suatu event organizer dari alamat kantor yang dicantumkan. Semakin mudah dan terkenal akses untuk ke kantor jasa tersebut, maka semakin besar pula kepercayaan pengguna untuk menggunakan jasa Anda. Sehingga penting untuk memilih kantor di tempat yang strategis meski sekedar kantor kecil untuk pemasaran.
Profesionalitas suatu bisnis sangat menentukan keberhasilan bisnis itu. Dimana profesionalitas selalu berhubungan dengan tingkat kepercayaan klien. Orang yang telah percaya kepada suatu event organizer dapat menjalankan acara secara profesional, akan sulit beralih kepada event organizer lain. Sehingga menjadi event organizer yang profesional memang sangat dibutuhkan.
Demikian artikel tentang tips membangun bisnis event organizer yang profesional. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *