5 Tanda Anda Bukan Pengusaha Biasa

Ada begitu banyak pengusaha di dunia bisnis. Namun hanya sebagian yang meraih kesuksesan. Ternyata, keberhasilan mereka dicapai berkat karakter dan kemampuan kerja yang istimewa. Kenali pengusaha sukses di sekitar Anda. Mereka memiliki tanda-tanda yang menjadi pembeda dengan orang lain. Cermati diri Anda sendiri, siapa tahu Anda pun memiliki tanda-tanda tersebut. Berikut ini adalah 5 tanda Anda bukan pengusaha biasa :
1. Anda Memiliki Perusahaan dan Brand yang Hebat
Pengusaha yang istimewa memiliki perusahaan dan brand yang istimewa pula. Misalnya saja dua bersaudara Hartono, pemilik Group Djarum. Perusahaan rokok itu telah mengantarkan mereka pada posisi pertama orang terkaya di Indonesia. Namun keberhasilan tersebut tidak dicapai dengan mudah. Mereka harus mengalami berbagai kesulitan terlebih dahulu, misalnya pabrik tersebut pernah terbakar. Namun mereka tak pernah menyerah. Kini, Djarum tampak di berbagai acara olahraga dan acara-acara lainnya. Perusahaan ini juga merambah berbagai sektor bisnis seperti elektronik, bank, bahkan pemberian beasiswa.
Jika Anda memiliki perusahaan dan brand yang hebat, bisa dipastikan bahwa Anda bukanlah pengusaha biasa. Selamat! Pertahankan prestasi Anda. Ingatkan diri untuk terus memperbaiki bisnis, serta jangan mudah puas.
2. Anda Tidak Melakukan Hal yang Biasa dilakukan Kebanyakan Orang
Kebanyakan orang cenderung bergerak mengikuti arus, begitu pula dalam bekerja. Mereka tidak ingin mengambil risiko dengan mengambil langkah berbeda. Padahal, mungkin suara mayoritas bukanlah suara hati mereka yang sebenarnya. Anda kesal dengan keadaan tersebut? Atau Anda berani melakukan hal yang tidak biasa dilakukan orang lain? Jika demikian, berarti Anda memiliki potensi untuk menjadi pengusaha yang istimewa.
Bergerak melawan arus membutuhkan keberanian yang tinggi. Kemungkinan, hanya sedikit orang yang mau menemani Anda melakukannya, bahkan bisa jadi tak seorang pun yang mau. Maka persiapkan diri untuk berjuang sendirian. Tak perlu takut. Jika didukung dengan kemampuan yang memadai, lama-kelamaan Anda akan memperoleh hasil yang baik. Dengan demikian orang-orang akan mulai percaya pada usaha Anda.
3. Anda Punya Visi yang Jauh Melebihi Keadaan Anda Sekarang
Bermimpi besar adalah salah satu syarat utama untuk menjadi pengusaha sukses. Sebab, bagaimana mungkin Anda meraih hal besar jika hanya berpikir tentang hal kecil? Tak perlu takut gagal. Jika kegagalan terjadi pun, Anda tetap akan berada di posisi yang lebih baik dari orang lain, sebab target Anda lebih tinggi.
Supaya dapat bermimpi besar, coba cari informasi sebanyak mungkin tentang dunia. Budayakan kebiasaan membaca. Anda bisa membaca buku-buku tentang perjalanan hidup para orang sukses. Bisa juga membaca buku motivasi. Supaya pemikiran Anda lebih luas, baca buku-buku mengenai berbagai macam hal, misalnya mengenai ekonomi, seni, sejarah, politik, sains, dan sebagainya. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin mudah untuk membentuk mimpi.
Siapa pun layak bermimpi besar. Mungkin saat ini Anda hanyalah seorang pengusaha yang biasa-biasa saja. Anda merasa kurang baik dalam bekerja. Namun tenang saja, Anda tetap boleh bermimpi besar. Supaya lebih mudah direalisasikan, tulis mimpi-mimpi Anda. Targetkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai setiap target. Beri selamat pada diri sendiri jika target tersebut tercapai. Jangan berhenti membuat target, buat target baru setiap jangka waktu tertentu. Imbangi dengan niat dan usaha yang besar. Keinginan tanpa gerakan hanya membuat seseorang malas.
4. Anda Selalu Mencari Cara dan Hal Baru
Kondisi yang stagnan selalu membuat orang-orang kreatif gelisah. Mungkin keadaan tersebut memang nyaman, tetapi apakah baik membiarkannya demikian? Jangan-jangan potensi menjadi tidak berkembang. Jika Anda selalu mencari cara dan hal baru, berarti Anda memiliki potensi untuk menjadi pengusaha sukses. Tak banyak orang yang berani keluar dari zona nyaman. Jika Anda merupakan salah satunya, Anda patut berbangga diri.
Salah satu contoh pengusaha sukses yang aktif mencari kesempatan baru adalah Eka Tjipta Widjaya, pendiri Sinar Mas Group. Perusahaan tersebut menaungi berbagai macam usaha dan telah menjadikan Eka sebagai orang terkaya kedua di Indonesia. Ternyata perjuangannya tidak mudah. Lahir dari keluarga yang berkekurangan secara ekonomi, ia berusaha mencari uang sejak muda. Usaha pertamanya adalah berdagang kecil-kecilan. Kemudian ia memperoleh cukup banyak uang untuk membeli perkebunan kelapa sawit. Ia pun mendirikan pabrik kelapa sawit yang disusul oleh pabrik teh. Tak berhenti sampai sana, Eka juga merambah bidang perbankan dan mendirikan pabrik kertas. Berbagai macam bidang bisnis telah dijalani oleh Sinar Mas Group. Terbukti bahwa Eka memiliki mata yang jeli. Ia mampu menemukan cara dan hal baru dalam berbagai kondisi.
Dari perjalanan bisnis Eka Tjipta Widjaya, bisa disimpulkan bahwa seorang pengusaha sebaiknya menghindari sikap mudah puas. Sebab ketika sudah puas, biasanya bisnis akan berhenti sampai di sana. Maka tumbuhkan selalu kegelisahan Anda untuk menemukan hal-hal baru. Supaya lebih mudah melakukannya, sebaiknya Anda memperluas relasi kerja. Tak ada salahnya rutin hadir ke acara-acara yang berkaitan dengan bisnis. Jangan membatasi pergaulan. Anda tak pernah tahu siapa orang yang akan memberi ide-ide baru.
5. Anda Percaya bahwa Anda Spesial
Sugesti memegang peranan penting dalam kesuksesan. Jika mempercayai sugesti baik, maka pekerjaan akan berjalan dengan baik, begitu pula sebaliknya. Sayangnya, tak banyak orang yang memiliki sugesti baik mengenai dirinya. Kebanyakan orang justru berfokus pada kekurangan-kekurangan yang dimiliki, bukannya kelebihan-kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Anda percaya bahwa diri Anda spesial? Hal itu merupakan tanda bahwa Anda bukan pengusaha biasa.
Kepercayaan diri sangat dibutuhkan dalam bekerja. Sebab, kepercayaan diri bagaikan bahan bakar yang memberi tenaga pada kinerja Anda. Perhatikan saja rekan-rekan kerja. Orang yang rendah diri cenderung tidak melakukan banyak hal, hanya mengikuti arahan orang lain. Sedangkan orang yang percaya diri selalu berusaha berperan dalam segala situasi. Jika hadir dalam rapat, ia akan berbicara. Jika ditawari suatu proyek, ia akan mengambilnya. Begitu pula jika dimintai usul, dengan senang hati ia akan memberi pendapat. Orang yang percaya diri selalu lebih optimis. Tak ada hal yang terlalu menakutkan ataupun terlalu sukar bagi mereka. Segala hal dilakukan dengan gairah yang menyala-nyala.
Setiap orang memiliki hal yang spesial dalam dirinya. Anda beruntung jika sudah menyadari hal tersebut. Tekankan pada diri sendiri bahwa tak ada manusia yang sempurna, setiap orang memiliki kelemahan. Tinggal bagaimana cara menyikapi kelemahan itu. Percayai saja bahwa kelemahan Anda merupakan hal spesial yang bisa diubah menjadi kelebihan. Misalnya saja, Anda takut berbicara dalam situasi formal. Maka lakukan pendekatan secara personal pada orang-orang yang bersangkutan. Dengan demikian, Anda justru lebih dekat dengan mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *