5 Langkah Membangun Perusahaan Penerbit Buku Indie

Banyak masyarakat saat ini yang ingin menjadi penulis buku maupun novel. Akan tetapi karena terkendala akses, mereka tidak bisa menyalurkan tulisan mereka kepada penerbit terkenal. Mereka hanya membuat blog dan itu terbatas untuk orang membacanya. Padahal mereka yang menulis sebenarnya sangat ingin tulisannya dicetak manual. Apalagi ke dalam sebuah buku.

Sudah banyak penerbitan buku terkenal saat ini yang menerbitkan buku-buku berkualitas. Seperti kompas, gramedia pustaka, bentang pustaka, mizan dan lain sebagainya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan mereka penulis muda yang karya-karyanya belum terkenal dan ingin cetak dan diterbitkan.

Bagaimana mereka menyiasatinya? Salah satunya adalah dengan penerbit buku indie, penerbit buku indie bisa menjadi solusi bagi mereka penulis muda yang ingin karya-karyanya diterbitkan dalam buku. Bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan bisnis buku indie, berikut adalah langkah-langkah yang mungkin bisa membantu Anda dalam  mewujudkannya :

Buat nama untuk perusahaan penerbit indiemu

Usahakan nama yang akan Anda gunakan mudah diingat dan merepresentasikan penerbitan Anda. Selain itu, membuat logo perusahaan yang menarik dan memiliki nilai estetika akan menaikkan standar penerbiatn buku indie Anda.

Tentunya selain estetik tapi juga memberikan arti filosofi bagi bisnis Anda. Dengan membuat logo yang unik dan memiliki grafis yang indah, perusahaan buku indie Anda akan memiliki karakter yang terlihat luar biasa bagi para pecinta buku. Dengan logo tersebut akan membuat citra perusahaan Anda terpuji.

Buat bisnis plan dan filosofi untuk bisnismu

Membuat bisnis plan untuk merencanakan segala sesuatunya akan membuat bisnis terencana dengan matang. Bisnis plan berguna untuk menjadi pedoman dari bisnis Anda, sehingga tujuan awal bisnis sudah jelas dan tidak mengada-ada. Filosofi dalam bisnis juga sangat penting untuk memantapkan arah mana yang dipilih. Ingin ke arah mana penerbitan buku indie Anda, apakah hanya mengejar materialisme atau benar-benar mendidik masyarakat dengan buku. Semua tergantung kepada tujuan Anda masing-masing.

Lakukan riset untuk mempersiapkan bisnis buku di daerahmu

Riset digunakan untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis buku yang ada di daerah Anda. Riset ini juga bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja kesempatan yang bisa digunakan untuk tahu bagaimana perkembangan dunia buku yang sedang diminati banyak orang saat ini.

Riset membantu Anda untuk menemukan solusi dalam permasalahan yang dihadapi. Dan juga memberikan gambaran bagaimana penerbitan akan bertahan dalam derasnya badai persaingan antara sesama penerbit buku indie lainnya. Untuk mendapatkan riset yang maksimal, Anda juga bisa melakukan survey untuk mendapatkan data-data yang kredibel.

Cari perusahaan percetakan yang mempunyai reputasi bagus untuk mencetak buku

Dengan hal ini, kualitas buku-buku yang akan Anda terbitkan akan mempunyai kualitas yang mumpuni dan tidak kalah jika bersaing dengan perusahaan percetakan mayor.

Tentukan harga jual buku

Anda bisa menafsirkan sendiri kisaran harga buku sesuai dengan kesepakatan penulis. Karena pada dasarnya memang sudah ada standar khusus bagi para penerbit dan penulis untuk menentukan harga buku yang sudah dicetak.

Demikian artikel tentang beberapa tips untuk membangun perusahaan penerbi buku indie. Semoga memberikan informasi bagi Anda yang ingin berbisnis serupa. Selamat mencoba tips ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *