5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Memulai Bisnis

Memutuskan untuk memulai bisnis bisa menjadi salah satu keputusan paling penting dalam hidup. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dilakukan saat memulai bisnis agar usaha memperoleh banyak kesuksesan. Berikut ini lima tips yang harus dilakukan saat memulai bisnis.

1. Pilih bisnis yang benar-benar dikuasai

Semua bisnis dimulai dari titik yang sama yaitu ide. Anda mungkin telah bermimpi memulai bisnis sendiri selama bertahun-tahun, atau inspirasi mungkin telah datang secara tiba-tiba. Terlepas dari sumber ide apapun, Anda harus memilih bisnis yang benar-benar dikuasai. Keyakinan pada potensi diri bisa mendukung kesuksesan dalam bisnis. Menjadi pebisnis yang sukses membutuhkan campuran unik dari kepribadian dan karakter yang dapat membawa bisnis Anda mencapai sukses. Oleh karena itu, pilihlah bidang yang sudah dikenali dan dikuasai agar cocok dengan kepribadian dan karakter dasar yang dimiliki.

Hal yang pertama dapat dilakukan adalah mentukan tujuan bisnis yang disesuaikan dengan hal-hal yang dikuasai. Hal ini dapat memutuskan apakah ide bisnis Anda sudah tepat dan dapat dijalankan. Setelah itu Anda dapat membuat rencana bisnis yang komprehensif. Rencana ini dapat disusun berdasarkan hal-hal yang mencakup investasi, strategi bisnis dan relasi publik. Rencana bisnis dapat menggambarkan peluang bisnis yang telah diidentifikasi berdasarkan berbagai faktor.

Dengan mengetahui potensi dan bidang yang dikuasai, Anda dapat merencanakan untuk mengambil langkah-langkah pengembangan bisnis selanjutnya yang mencakup proyeksi keuangan beserta risikonya.


2. Meminta bantuan

Bantuan atau dukungan merupakan hal yang penting dalam memulai bisnis. Memang bukan merupakan hal yang mutlak ada tapi peran dukungan tetap penting. Dengan adanya dukungan, calon pebisnis akan lebih semangat dalam bekerja. Bentuk dukungan di sini bisa bermacam-macam. Ada dukungan materi dan ada pula dukungan non materi.

Bantuan atau dukungan sangat penting untuk memulai bisnis, baik yang ada di kolaborasi pemasaran, dorongan dalam ekspresi kreatif pribadi, manajemen keuangan. Resonansi dalam dukungan memungkinkan rentang yang lebih besar dan mendalam dari keberhasilan bisnis secara keseluruhan, serta keberhasilan program-program khusus / produk. Segala sesuatu yang dilakukan dalam bisnis pada tahap awal sebaiknya dapat menghemat waktu atau uang.

Memiliki tim yang membantu Anda akan menghemat waktu dan bahkan uang dalam jangka panjang. Carilah orang berpengalaman yang dapat membantu mempersiapkan diri untuk memulai bisnis. Setiap pebisnis yang baik membutuhkan ide yang solid dan meminta bantuan pada orang-orang yang ahli di bidangnya akan memfasilitasi lebih banyak kreativitas dan meningkatkan ide-ide lain.

Dunia bisnis terutama dalam perekonomian saat ini adalah tentang kolaborasi, bukan kompetisi. Siapa tahu Anda bahkan dapat menemukan mitra bisnis berikutnya, yang merupakan aset luar biasa yang membantu menyeimbangkan segalanya. Ide-ide yang baik akan mengalir lebih mudah dan tim Anda akan menemukan cara yang lebih baik dalam bekerja. Tim manajemen yang baik terdiri dari sekelompok orang yang mampu berbagi kepentingan bersama dan nilai-nilai, dan yang memiliki keterampilan yang unik namun saling melengkapi.


3. Kenali kesalahan

Kegagalan dan kesalahan adalah kata- kata yang tidak pernah ingin didengar manajer, pemilik bisnis atau pengusaha. Tetapi kesalahan yang dikenali dan dipelajari bisa menjadi pelajaran berharga. Banyak pebisnis yang berulang kali melakukan kesalahan berulang-ulang sepanjang karirnya. Pada umumnya, kesalahan bisnis yang bodoh tidak akan disadari hingga seorang pebisnis mengalami kerugian besar atau hingga mau mengenali kesalahan-kesalahannya. Beberapa kesalahan bisnis dapat sangat terlihat. Anda harus bertekad kuat untuk mengenali hal vital dari setiap kesalahan, tidak peduli bagaimanapun hasilnya. Pelajaran penting yang harus diingat: Jangan membuat kesalahan yang sama lagi.



4. Pastikan memiliki gambaran ke mana bisnis tersebut satu tahun ke depan

Salah satu elemen yang paling penting untuk memulai bisnis adalah rencana bisnis. Anda perlu sebuah rencana untuk membuat ide bisnis menjadi kenyataan. Jika berniat untuk mencari dukungan keuangan dari investor atau lembaga keuangan, rencana bisnis formal tertulis adalah suatu keharusan. Bahkan jika tidak mengantisipasi mencari dukungan keuangan, rencana bisnis yang sederhana dapat memberikan kejelasan tentang apa yang ingin dicapai dan bagaimana berencana untuk melakukannya.

Setiap bisnis memiliki pelanggan, produk dan jasa, operasional, pemasaran dan penjualan, tim manajemen, dan pesaing. Setidaknya rencana bisnis harus mencakup semua bidang ini. Sebuah rencana yang lengkap juga harus mencakup berbagai aspek tentang industri, khususnya tren industri, seperti jika pasar sedang tumbuh atau menyusut. Kesimpulannya, rencana bisnis harus mencakup proyeksi rinci keuangan, arus kas dan pendapatan, laporan bulanan, serta neraca tahunan atau setidaknya neraca tiga tahunan.

Secara umum, rencana bisnis harus menggariskan tujuan bisnis dan motivasi, serta rencana untuk mencapai tujuan dalam hal pemasaran dan pendanaan. Sejauh ini bagian paling penting dari memulai bisnis sendiri adalah inovasi. Kebanyakan orang salah dengan berpikir bahwa mereka harus menciptakan hal yang benar-benar baru yang belum pernah ada di pasar. Padahal tidak demikian. Produk bisa berasal dari yang sudah ada kemudian dikembangkan.

Struktur bisnis yang direncanakan dan pilih akan berdampak banyak bagi faktor kesuksesan bisnis. Anda dapat memilih struktur bisnis awal, dan kemudian mengevaluasi kembali dan mengubah struktur apabila bisnis telah tumbuh dan membutuhkan perubahan. Sebuah rencana bisnis yang baik menyajikan gambaran bisnis dalam jangka pendek, dan dalam jangka panjang. Rencana bisnis juga menjelaskan bagaimana Anda akan melewati dari satu tahap ke tahap berikutnya.

Dengan kata lain, rencana tersebut menyediakan “peta jalan” untuk bisnis, sebuah peta jalan yang harus dibuat sespesifik mungkin. Rencana bisnis juga harus menjelaskan semua langkah-langkah utama yang dibutuhkan untuk menyelesaikan untuk mencapai setiap target yang telah ditentukan. Anda dapat meluangkan waktu untuk mengembangkan sebuah rencana tentang faktor-faktor lain seperti keuangan, pemasaran, overhead, dan staf.

5. Nikmati suka duka dan naik turun dalam berbisnis

Tentu saja, membuat semua rencana dari fakta-fakta yang diteliti sangat penting dalam membangun keberanian dan keyakinan untuk memulai bisnis. Tapi pada akhirnya, tindakan nyata merupakan faktor utama dalam keberhasilan bisnis. Setelah bisnis berjalan, Anda perlu untuk mulai menarik klien dan pelanggan. Mulailah dengan membuat promosi kecil-kecilan lalu buatlah rencana pemasarannya. Kemudian, mengeksplorasi banyak ide-ide pemasaran sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana untuk mempromosikan bisnis yang paling efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *