44 Fakta Menarik Tentang L’Oréal

Setia orang terutama wanita sanagt peduli akan kesehatan dan kebersihan kulit mereka. L’Oréal  hadir untuk memenuhi kebutuhan kita semua. Siapa yang tak kenal dengan L’Oréal Paris, mungkin Anda adalah satu pengguna brand ternama ini. Baik itu shampo, kosmetik perawatan kulit dan lainnya.

Coba cek kosmetik yang Anda punya lalu lihat pada bagian belakang produk apakah ada label L’Oréal Paris disana. Para pengguna produk ini sangat beragam mulai dari remaja hingga usia lanjut. Setiap produk yang diciptakan L’Oréal telah disesuaikan dengan budaya dan lingkungan yang ada dinegara masing-masing. Simak artikel mengenai fakta menarik tentang L’Oréal untuk Anda.
1. Didirikan oleh Eugene Schueller tahun 1909 di Clichy, Perancis.
2. Awalnya  Eugene Schueller berekperimen untuk menemukan pawarna rambut sintetis, ide ini muncul ketika banyak wanita ingin memiliki rambut pirang. Sehingga mereka tidak perlu repot menggunkan wig atau rambut palsu dalam bergaya.
3. Produk yang pertama kali diciptakan adalah pewarna rambut sintetis.
4. Setelah hampir 2 tahun Eugene Schueller berekperimen akhirnya berhasil mendirikan French Harmless Hair Color Co dan berganti nama menjadi L’Oréal pada tahun 1911.
5. Eugene Schueller menyebut L’Oréal sebagai Oreale Dye.
6. Pada tahun 1920 permintaannya begitu besar yang mengahruskan Eugene Schueller memperkerjakan 3 ahli kimia di perusahaannya.
7. L’Oréal menjual produk tata rias, perawatan kulit, pewarna rambut, penataan rambut.
8. Brand yang dimilikinya yaitu Elseve, Studio-Line, Dermo Expertise, Men Expert dan lainnya.
9. Tanggal 7 November 2012 pabrik L’Oréal terbesar di dunia dibangun di Indonesia tepatnya berada di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut adalah pusat produksi untuk wilayah Asia Tenggara.
10. Maret 2006 L’Oréal membeli toko waralaba Body Shop.
11. Setelah Eugene Schueller meninggal dia mewariskan kekayaannya kepada anak satu-satunya Liliane Bettercourt.
12. L’Oréal berhasil mematenkan sekitar lebih dari 500 produknya dan mengembangkan lebih 35 formula dasar kosmetik melalui riset dan penelitian yang dilakukannya.
13. 22 Desember  1987 Liliane Bettercourt mendirikan Yayasan Bettercourt Schueller untuk mengenang ayahnya dengan misi menggalang dan mendukung pembangunan kesehatan, budaya dan kemanusiaan di seluruh dunia.
14. 60% anggaran yayasan dialokasikan untuk penelitian kesehatan terutama pada penemuan obat anti HIV dan AIDS.
15. Tahun 2000 menjadikan L’Oréal sebagai perusahaan pertama di Perancis yang memiliki kode etik bisnis.
16. Tahun 2008 CEO L’Oréal Jean Paul Agon mendapat penghargaan dari Stanley C Pace dalam bisang kepemimpinan dalan etika.
17. Tahun 2010 L’Oréal mendapat penghargaan dari Ethisphere Intitute sebagai perusahan paling beretika di Dunia.
18. Tahun 2000an memiliki slogan “ karena aku begitu bearti”, pada akhir 2009 slogan mengalami sedikit inovasi “ karena kita begitu bearti” .
19. “Karena  Anda begitu bearti” merupakan slogan yang diciptakan 40 tahun yang lalu yang terus mengalami peruba. Slogan ini berbicara tentang pemberdayaan kaum perempuan. Dan slogan ini dipakai lagi dalam iklan.
20. L’Oréal telah bergabung dengan Greenpeace untuk menjamin produk-produknya bebas dari pengerusakan hutan.
21. L’Oréal memutuskan hubungan kontrak dengan Axelle Despiegelaere karena telah mengunggah foto dirinya bersama hewan buruan di akunnya.
22. Telah diketahui bahwa L’Oréal juga berpartisipasi dalam melindungi satwa langka.
23. Untuk pemasaran dan iklan pihak L’Oréal telah menghabiskan 30% dari keuntungan penjualan.
24. L’Oréal merupakan perusahaan kosmetik terbesar didunia.
25. L’Oréal sering menggunakan ikon kecantikan untuk menjadi bintang iklannya di masing-masing negara. Untuk di Indonesia L’Oréal menggunakan artis cantik Dian Sastro Wardoyo, Maudy Koesnaedi, Claudia Cyntia Bella, Sherina Munaf dan lainnya sebagai ikon kecantikan.
26. Sejak berdiri hingga sekarang L’Oréal baru berganti kepemimpinan sebanyak 5 kali.
27. Kini L’Oréal telah hadir di 5 benua dan 130 negara.
28. L’Oréal berhasil mengakuisisi brand Maybelline tahun 1996, Matrix dan Kiehl tahun 2000, Clarisonic tahun 2011 dan Urban Decay tahun 2012.
29. Sebanyak 22 pusat penelitian dan 17 pusat evaluasi di seluruh dunia yang telah diciptakan L’Oréal demi menjaga kualitas produknya.
30. Tahun 1993 L’Oréal pernah didemo dan dikecam oleh banyak orang karena telah menggunkan animal testing. Berkat isu itu kini L’Oréal tidak pernah lagi menggunkan animal testing dalam penelitiannya.
31. L’Oréal memiliki 27 merek Internasional, lebih dari 68,900 karyawan di seluruh dunia dan tahun 2011 tercatat pengasilan dari penjualan produk sebanyak 20,3 miliar Euro.
32. Liliane Bettercourt memegang utama saham utama di L’Oréal sebanyak 27,5%, Nestle 26,4% dan di jual ke publik sebanyak 46,1%.
33. Lebih dari 1 abad L’Oréal telah menciptakan kosmetik untuk masyarakat dunia baik itu wanita maupun pria.
34. Dalam mencari karyawan yang memenuhi standar syarat L’Oréal, perusahaan mengadakan program magang, program ini juga terbuka untuk mahasiswa. Lama Program ini berjalan sekitar 3 bulan hingga 1 tahun tergantung dari divisi yang dijalaninya.
35. Penyumbang terbesar produk L’Oréal Paris adalah Hair Care.
36. Harga yang ditawarkan L’Oréal Paris cukup terjangkau dengan membidik pasar usia 20 hingga 35 tahun. kini L’Oréal juga membidik pasar usia 35 hingga 50 tahun.
37. Tanggal 29 Februari 2014 Shiseido telah menjual merek Carita dan Decleor kepada L’Oréal dengan nilai saham sebesar USD $ 312.930.000.
38. Tanggal 18 Juni 2014 L’Oréal berhasil membeli NYX Cosmetic dengan harga saham yang masih dirahasiakan.
39. Tahun 2013 L’Oréal berhasil menjadi brand kosmetik nomer satu menurut clicktop 10.
40. Zoe Saldana resmi menjadi Brand Ambassador 2014 L’Oréal Paris karena dinilai memiliki banyak bakat.
41. Ryan Reynolds telah menjadi brand ambassador 2014 untuk produk L’Oréal Paris Men Expert terbaru.
42. “women of worth” adalah sebutan untuk brand ambassador wanita L’Oréal Paris.
43. Setiap perusahaan L’Oréal Paris di dunia menerapkan tempat kerja yang ramah lingkungan dan memberdayakan etika berbisnis. Itu semua berlaku bagi seluruh karyawannya termasuk para brand ambassadornya.
44. Perusahaan L’Oréal Paris di Indonesia mendapat sertifikasi Greenship Interior Space dari Green Building Council Indonesia. Dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil mendapat sertifikasi tersebut.
L’Oréal awalnya hanyalah perusahaan kecil yang akhirnya mendunia dan dapat membeli saham perusahaan lain. L’Oréal adalah perusahaan yang menghindari hutang dalam membangunnya. Perusahaan ini besar juga akibat dari presiden dan CEOnya yang luar biasa.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *