35 Fakta Menarik Tentang Pepsi

Para penyuka minuman bersoda pasti mengenal merek minuman ini. Merek minuman yang satu ini merupakan salah satu kompetitor dari Coca-cola. Minuman ringan berkarbonasi ini diproduksi oleh PepsiCo. Untuk mengetahui fakta-fakta menarik dari minuman yang sudah terkenal di seluruh dunia ini, silahkan disimak.
1. Nama Pepsi telah beberapa kali mengalami perubahan. Pada awalnya diciptakan pada tahun 1893, minuman ini diperkenalkan sebagai Brad’s Drink. Setelah itu pada tahun 1898 diganti menjadi Pepsi-Cola, kemudian menjadi Pepsi pada tahun 1961. Pada beberapa daerah di Amerika Utara, minuman ini dikenal sebagai “Pepsi-Cola Made with Real Sugar” pada tahun 2014.
2. Brad’s Drink diciptakan pertama kali oleh Caleb Bradham pada tahun 1893 di New Bern, North Carolina, Amerika Serikat. Brad’s Drink dibuat oleh Caleb Bradham di apoteknya dan ternyata laku.
3. Perubahan nama menjadi Pepsi Cola terjadi setelah penambahan enzim pencernaan pepsin dan kacang kola pada resep minuman. Bradham ingin menciptakan minuman (fountain drink) yang dapat menarik perhatian masyarakat dan juga dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan energi.
4. Pada tahun 1903, Bradham tidak lagi membuat minumannya di apotek. Ia pindah ke sebuah gudang sewaan dan berhasil menjual hampir 8.000 galon minuman. Tahun berikutnya, Bradham berhasil menjual minumannya sebanyak 19.848 galon.
5. Barney Oldfield, seorang pembalap terkenal, merupakan selebriti pertama yang mengabsahkan Pepsi-Cola pada tahun 1909. Ia mengatakan bahwa Pepsi-Cola merupakan minuman yang menyegarkan yang cocok diminum sebelum memulai balapan.
6. Selama dua abad, Pepsi menggunakan slogan “Delicious and Heathdul” (enak dan sehat).
7. Selain pergantian nama, Pepsi juga telah beberapa kali melakukan perubahan pada logonya.
8. Perusahaan Pepsi-Cola pernah mengalami kebangkrutan pada tahun 1931 karena harga gula yang pada saat itu mengalami kenaikan harga yang fluktuatif sebagai akibat dari Perang Dunia I.
9. Aset perusahaan Pepsi-Cola sempat dijual dan kemudian dibeli oleh Roy C. Megargel. Karena tidak sukses, aset itu kemudian dibeli oleh Charles Guth, presiden dari Loft, Inc.
10. The Coca-Cola Company pernah menolak tawaran untuk membeli perusahaan Pepsi-Cola sebanyak tiga kali antara tahun 1922 dan 1933.
11. Pada tahun 1936, popularitas Pepsi naik karena penciptaannya akan botol soda berukuran 12 ons ditambah dengan jingle-nya yang diputar di radio.
12. Pepsi memberanikan diri untuk menjual minuman soda dalam botol 12 ons nya itu dengan harga yang sama dengan minuman soda dalam botol 6,5 ons dari Coca-Cola, yaitu dengan harga lima sen. Kampanye yang dilakukan ini berhasil dan meningkatkan profit Pepsi-Cola menjadi dua kali lipatnya pada tahun 1936 hingga 1938.
13. Guth pernah dituntut karena menggunakan uang dan fasilitas milik Loft sebagai modal untuk membangun kesuksesan bagi Pepsi-Cola. Tuntutan itu dibawa ke Mahkamah Agung dan menyebabkan kekalahan bagi Guth.
14. Walter Mark, presiden dari Pepsi-Cola pada tahun 1940-an, menggunakan strategi marketing dengan menargetkan orang-orang kulit hitam sebagai target pasar dan media pengiklanan.
15. Fokus Mark terhadap orang-orang kulit hitam menimbulkan kekhawatiran bagi orang dalam perusahaan dan beberapa afiliasinya. Mereka tidak ingin memfokuskan diri kepada pelanggan kulit hitam karena khawatir pelanggan mereka yang memiliki kulit putih akan menjauh.
16. Pada sebuah pertemuan di Waldorf-Astoria Hotel, Mack mengatakan bahwa ia tidak ingin minumannya ini dikenal sebagai minuman orang negro.
17. Pada taghun 1950, Mack meninggalkan perusahaan Pepsi-Cola dan sejak saat itu segala bentuk dukungan untuk tim penjualan bagi orang kulit hitam dihentikan.
18. Slogan Pepsi-Cola yang umum didengar antara tahun 1930-an dan 1950-an berbunyi “Pepsi-Cola Hits the Spot”.
19. Joan Crawford, seorang aktris yang menikahi presiden Pepsi-Cola Alfred N. Steele, kemudian menjadi seorang pembicara untuk Pepsi. Ia tampil di berbagai iklan, acara tv, dan kontes kecantikan atas nama perusahaannya.
20. Dalam beberapa film yang dibintangi oleh Joan Crawford, Anda dapat melihat gambar dari minuman ringan ini.
21. Setelah Alfreed N. Steele wafat pada tahun 1959, Joan Crawford diangkat menjadi Board of Director Pepsi-Cola hingga tahun 1973.
22. Pepsi-Cola mensponsori The Buffalo Bisons, sebuah tim di American Hockey League, selama bertahun-tahun. Tim ini pun mengadopsi tema-tema berwarna merah, putih, dan biru yang diambil dari logo Pepsi yang baru.
23. Kerja sama dengan The Buffalo Bisons berakhir pada tahun 1970.
24. Pepsi telah menghasilkan beberapa lagu atau jingle yang dinyanyikan oleh beberapa artis seperti Joanie Summers, The Jacksons, dan Britney Spears, yang diputar di televisi.
25. Pepsi pernah mengadakan sebuah kampanye bernama Pepsi Challenge di mana orang-orang dipersilakan untuk mengikuti blind tasting antara minuman Pepsi-Cola dan Coca-Cola kemudian memiliih mana yang lebih disukai.
26. Kampanye Pepsi Challange sukses besar dengan banyaknya partisipan yang memilih Pepsi yang kemudian dipublikasikan,.
27. PepsiCo pernah meluncurkan sebuah strategi marketing pada tahun 1996 yang ternyata sukses besar. Seperti yang dikutip dari Majalah Promo pada tahun 2002, strategi itu disebut sebagai salah satu dari 16 “Ageless Wonders” yang membantu mendefinisikan promosi pemasaran.
28. Pada tahun 2007, PepsiCo mendesain ulang kaleng minumannya untuk ke-14 kalinya.
29. Pada tahun yang sama, PepsiCo memperkenalkan berbagai desain baru setiap tiga minggu.
30. Pada akhir tahun 2008, Pepsi merombak ulang mereknya dan memperkenalkan logo baru dengan desain yang minimalis.
31. PepsiCo pernah bekerja sama dengan Youtube untuk membuat sebuah acara hiburan yang berisi budaya pop, video-video dari internet, dan gosip mengenai selebriti yang disebut sebagai Poptub.
32. Pepsi merupakan sponsor resmi dari tiga liga utama olahraga prodesional di Amerika Serikat, yaitu National Footbll League, National Hockey League, dan Major League baseball. Pepsi juga merupakan sponsor dari Major League Soccer.
33. Setelah kontrak sponsorship-nya dengan Coca-Cola berakhir, Jeff Gordon, seorang pembalap NASCAR, menandatangani kontrak jangka panjangnya dengan Pepsi dan mengendarai mobil dengan logo Pepsi sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Pepsi menjadi sponsor tetapnya sejak tahun 1997.
34. Pepsi juga menjadi sponsor dari NFL Rookie of the Year Award sejak tahun 2002 dan Pakistan Cricket Team.
35. Karena sering salah diucapkan, Pepsi mengubah namanya menjadi Pecsi—khusus—di Argentina pada bulan Juli tahun 2009.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *