30 Fakta Menarik Tentang Bisnis Kerajinan Tangan

Banyak sekali hal yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan atau bisnis bila kita jeli dan peka dalam melihat peluang. Apapun yang bisa diproduksi menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi, tentu bisa dijadikan peluang bisnis. Untuk memulai bisnis, kita tidak perlu meyiapkan kantor dengan segala perabotannya yang mahal. Begitu juga dengan alat-alat produksi yang besar seperti mesin dan lain-lain. Sederhana saja, Anda bisa memulai bisnis secara sederhana, berawal dari rumah Anda!
Ya, cukup banyak wirausaha yang memanfaatkan rumahnya menjadi area produksi dalam bisnis. Salah satunya pada bisnis kerajinan tangan. Kerajinan tangan bisa dibentuk menjadi hiasan, aksesoris, hingga souvenir yang dapat menyenangkan hati Anda apabila memilikinya. Terlebih lagi, kerajinan tangan dapat dibuat dari bahan dasar apapun, barang bekas sekalipun. Betul, kan? Semuanya kembali pada kreativitas Anda mengolah dan membentuk bahan dasar tersebut menjadi sebuah kerajinan ataupun barang yang unik, kreatif serta memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi.
Nah, pada ulasan kali ini, Bisnishack.com akan menjelaskan beberapa fakta menarik dari bisnis kerajinan tangan. Mau tahu apa saja? Mari kita simak bersama – sama!
1. Bisnis kerajinan tangan adalah salah satu bisnis yang paling mudah dibuat. Bermodalkan keahlian tangan dan kreativitas dalam mengembangkan ide, apapun barangnya, pasti bisa anda sulap menjadi barang yang memiliki nilai fungsi dan nilai jual yang tinggi.
2. Bisnis kerajinan tangan tidak membutuhkan biaya banyak dalam proses produksinya. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan kerajinan tangan kita bergantung pada tangan-tangan kreatif pengrajin, bukan mesin.
3. Kunci sukses mengembangkan bisnis kerajinan tangan adalah kreativitas dalam mengembangkan ide. Karena anda bergerak dalam industry kreatif, bila ide anda tertinggal satu langkah saja, maka bisnis anda pun perlahan-lahan akan tenggelam karena pasar anda tidak lagi melirik hasil kerajinan anda.
4. Pesaing dalam dunia bisnis kerajinan tangan sangat sedikit. Mengapa? Karena dalam bisnis kerajinan tangan, setiap pengrajin atau pebisnis memiliki karakteristik masing-masing dalam setiap karyanya. Itulah mengapa ide kreatif dan berbeda menjadi salah satu faktor banyaknya pundi-pundi uang yang akan menghampiri anda.
5. Keuletan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam menjjalankan bisnis kerajinan tangan. Seperti yang kita ketahui, membuat kerajinan tangan memerlukan waktu yang cukup lama, disertai dengan ketelitian yang luar biasa hebatnya. Bila kesabaran tidak menyertai anda, tentu kerajinan tangan yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang kurang baik.
6. Sebelum anda menjalankan bisnis kerajinan tangan, ada baiknya anda melakukan observasi terlebih dahulu ke pasar-pasar yang menjual barang-barang seni. Dengan demikian, anda dapat melihat barang seperti apa yang sekiranya belum terdapat di pasaran.
7. Bentuk barang yang fungsional lebih diminati oleh konsumen dalam bisnis kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan yang pada akhirnya produknya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja memang bisa mencuri perhatian pembeli. Akan tetapi, produk yang  lebih mengedepankan unsure fungsi dan kegunaannya lebih diminati oleh para pembeli.
8. Menjalankan bisnis kerajinan tangan dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan, karena anda masih bisa merangkapnya dengan bisnis atau pekerjaan yang lain.
9. Anda perlu melakukan pelatihan untuk karyawan-karyawan anda dalam menjalankan bisnis kerajinan tangan ini. Kelihaian tangan karyawan anda harus dibiasakan sebaik mungkin untuk menghasilkan kualitas yang baik dalam sebuah bisnis kerajinan tangan.
10. Kemampuan membentuk produk kerjajinan tangan yang dapat dijadikan bisnis ini, dapat diperoleh secara autodidak.
11. Berbisnis kerajinan tangan seringkali dinilai sebagai bisnis yang fun, karena berbasis seni dan menyenangkan.
12. Bila anda tidak terjun langsung membuat produk kerajinan tangan yang anda bisniskan, anda perlu menyewa beberapa pengrajin yang memang sudah handal membuat produk kerajinan tangan anda.
13. Bisnis kerajinan tangan tidak hanya membutuhkan kecepatan tangan serta kreatifnya ide, melainkan juga latihan terus menerus agar produk yang dihasilkan kualitasnya semakin meningkat.
14. Bukan hal yang asing bagi anda untuk mengikuti kursus-kursus membuat kerajinan tangan apabila anda menjalankan bisnis ini.
15. Bisnis kerajinan tangan membuat anda banyak bergaul dengan para penggiat seni kriya.
16. Inovasi untuk menghasilkan produk-produk baru dan fungsional adalah kunci utama melaksanakan bisnis kerajinan tangan ini.
17. Berjalan-jalan pribadi atau bertukar pikiran dengan konsumen, adalah beberapa cara untuk menemukan inspirasi atas ide-ide kreatif yang akan anda tuangkan dalam kerajinan tangan yang anda produksi.
18. Anda dapat memanfaatkan barang apapun dalam bisnis kerajinan tangan. Alam; seperti bambu, daun, kayu dan sebagainya, plastik, hingga barang bekas seperti bekas bungkus kemasan atau ban karet bekas adalah contohnya.
19. Anda dapat menunjukkan identitas Indonesia pada kerajinan tangan yang anda produksi, apapun bahannya.
20. Anda dapat melebarkan pasar sasaran anda hingga menuju ke luar negeri. Ya, ekspor bukan lagi menjadi hal yang asing bagi pebisnis kerajinan tangan dan kesenian, bukan?
21. Selera dan cita rasa anda sangat berpengaruh terhadap kualitas karya seni anda, yaitu produk kerajinan tangan dalam bisnis yang anda kembangkan.
22. Orisinalitas dalam bisnis kerajinan tangan sangat diperhitungkan. Semakin orisinil dan tidak bisa ditiru, maka semakin besar peluang anda untuk mengembangkan bisnis kerajinan tangan anda. 
23. Membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dapat memperhatikan estetikanya sedetail mungkin. Hal ini tidak dapat dilakukan apabila produk usaha dihasilkan oleh mesin.
24. Semakin rumit pembuatan kerajinan tangan yang anda hasilkan, semakin mahal pula harga jual anda ke pasaran.
25. Memanfaatkan bahan bekas untuk di daur ulang menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi, menjadi salah satuu bentuk kepedulian anda terhadap lingkungan serta kewirausahaan. Sungguh mulia.
26. Kerajinan tangan berbahan dasar manik-manik adalah kerajinan tangan yang paling banyak ditemui.
27. Sebagian besar produk kerajinan tangan dijadikan sebagai souvenir ataupun oleh-oleh khas dari kota tertentu.
28. Bisnis kerajinan tangan tidak harus membutuhkan modal yang besar. Manfaatkanlah apa yang ada di sekitar anda! Hal inilah yang dapat menjadikan mengapa bisnis ini banyak berkembang di desa-desa kecil sekalipun.
29. Segala barang bisa dijadikan sebagai medan kerajinan tangan. Tinggal bagaimana anda menuangkan kreativitas anda di dalamnya.
30. Hal terpenting dalam bisnis kerajinan tangan antara lain ialah pemasaran. Sebagus apapun produk kerajinan tangan anda, tidak akan berdaya saing tinggi apabila pemasarannya sangat minim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *