2 Cara Promosikan Bisnis Waralaba

Akhir-akhir ini bisnis waralaba sudah semakin banyak ditemui. Di kota besar saja sudah tidak terhitung lagi berapa banyak pebisnis yang membuka bisnis ini. Contohnya saja usaha waralaba Alfamart ataupun Indomart. Dalam satu kawasan saja dimana ada Alfamart maka tak jauh dari situ pun terdapat Indomart. Hal ini menjadikan banyaknya persaingan dalam merebut minat dan daya beli konsumen.

Franchisor akan secara otomatis menjadi pemilik waralaba dari produk-produk tertentu seperti makanan, minuman, laudry, ataupun bimbingan belajar yang sudah terkenal dan dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga franchisee tidak perlu khawatir mengenai masalah pangsa pasar dikarenakan produk yang ada sudah dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan hati di masyarakat jika dibandingkan membuat produk baru yang belum terkenal dan dikenal masyarakat.

Namun permasalahan yang muncul adalah bagaimana pebisnis waralaba dapat meningkatkan daya ketertarikan masyarakat untuk membeli produknya tersebut yang merupakan produk yang sama dengan pesaingnya. Banyak pebisnis yang gulung tikar dikarenakan tidak mampu untuk bersaing dengan sesama bisnis lainnya.

Untuk menghadapi persaingan pangsa pasar diperlukannya promosi yang tepat dengan sebanyak-banyaknya. Promosi ini merupakan kunci sukses untuk dapat melakukan penjualan yang besar dalam menarik minat konsumen. Selain itu juga dengan adanya promosi ini maka franchisor akan memiliki kesempatan untuk selalu berada dalam rantai bisnis yang sehat karena produk yang ditawarkan akan selalu dikenang oleh masyarakat.

Banyak sekali cara untuk mempromosikan produk bisnis waralaba Anda. Namun tidak semua cara cocok digunakan untuk mempromosikannya. Dalam mempromosikan bisnis waralaba, Anda dapat menggunakan media offline ataupun online. Kedua media ini terbukti sangat jitu untuk meraih kesuksesan dalam mempromosikan bisnis waralaba.

1. Promosikan bisnis waralaba dengan media offline

Mempromosikan bisnis waralaba dengan menggunakan media offline banyak sekali dilakukan oleh para pebisnis. Mereka beralasan bahwa dengan menggunakan media offline maka dapat secara langsung bertemu dan dengan mudah bertukar informasi tanpa harus menunggu lama, tidak seperti saat melakukan promosi menggunakan email atau media online.

Promosi bisnis waralaba menggunakan media offline dapat dilakakan dengan cara sebagai berikut:

Dengan menggunakan brosur

Cara seperti ini banyak sekali dilakukan oleh franchisee. Untuk menyebarkan brosur Anda juga harus mengetahui dan paham betul pangsa pasar. Misalnya saja menyebarkan brosur untuk bisnis waralaba eceran, maka dapat disebarkan ke rumah-rumah. Dengan Anda menyebarkan brosur, banyak konsumen yang akan datang ke tempat bisnis yang Anda jalankan.

Dengan menggunakan spanduk

Saat ini sudah banyak pebisnis yang mempromosikan bisnisnya menggunakan spanduk. Contohnya saja bisnis Alfamart yang mendirikan spanduk di tengah jalan raya untuk dapat menarik minat konsumen untuk datang dan belanja di tokonya.

Melalui open house

Melalui cara ini Anda dapat memberikan informasi secara gratis kepada masyarakat luas mengenai bisnis yang baru Anda buka. Pada saat melakukan open house ada baiknya disertakan juga diskon produk-produk tertentu untuk dapat merarik minat konsumen.

Melalui iklan di televisi

Mungkin cara ini merupakan cara yang jarang digunakan karena memerlukan biaya yang cukup besar. Namun apa salahnya Anda melakukan promosi melalui iklan di televisi, tidak harus langsung melalui televisi nasional, mulailah memasang iklan di televisi lokal terlebih dahulu.



2. Promosikan bisnis waralaba dengan media online

Mempromosikan bisnis waralaba menggunakan media online kini sudah banyak dilirik oleh pebisnis waralaba. Selain tidak membuang waktu dan tenaga seperti saat menyebarkan brosur, cara promosi menggunakan media online ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Namun dalam mempromosikan produk melalui media online tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Banyak tantangan tersendiri yang harus dihadapi diantaranya adalah bagaimana menciptakan kondisi agar orang-orang yang merupakan calon konsumen dapat mempercayai produk yang ditawarkan melalui media internet ini.

Hal ini disebabkan oleh tidak adanya tatap muka antara pembeli dan penjual yang hanya dilakukan melalui media internet saja dan tidak dalam keadaan nyata. Namun hal tersebut bisa disiasati oleh pebisnis waralaba. Berikut adalah cara Anda mempromosikan bisnis waralaba dengan menggunakan media online:

Melalui email

Di zaman modern seperti sekarang ini email sangat berperan penting dalam media online. Mempromosikan produk melalui email tentunya akan mempermudah Anda. Selain metode ini mudah, pebisnis tidak harus mendatangi calon konsumen satu persatu, selain itu juga menghemat waktu.

Melalui blog pribadi atau website

Cara seperti ini juga dapat digunakan oleh pebisnis waralaba untuk melakukan promosi. Ada baiknya saat Anda mempromosikan melalui blog pribadi atau website ditampilkan juga gambar foto dari produk yang dijual dan juga hendaklah menyertakan nomor yang bisa dihubungi agar dapat mempermudah komunikasi dengan konsumen.

Melalui facebook

Saat ini media online seperti facebook sedang marak-maraknya dan sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sudah mengenal dan menggunakan jejaring sosial facebook. Dikarenakan banyak yang sudah mengenal facebook, maka cara promosi melalui facebook ini cukup terbilang populer dan juga memiliki tingkat keberhasilan tinggi.

Selain menggunakan media promosi di atas, Anda juga dapat mempromosikan bisnis waralaba dengan mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh event organizer tertentu. Dengan mengikuti pameran ini maka Anda dapat memperkenalkan dan memasarkan produk, jasa dan bisnis.

Pameran juga dapat menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan karena kemungkinan perusahaan sejenis juga mengikuti pameran ini sehingga dapat menjadikan tolak ukur dan mengetahui informasi perusahaan pesaing dari mulai harga, keunggulan produk, peralatan yang digunakan, inovasi baru yang dikenalkan dan teknologi yang dikembangkan pesaing. Melalui pameran waralaba yang dijalankan akan semakin berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat.

Demikian artikel tentang media yang bisa digunakan oleh pebisnis waralaba untuk mempromosikan produk dan bisnisnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *