15 Tanaman yang Dapat dijadikan Obat Herbal

Obat kimia zaman ini sudah tidak populer lagi. Banyak diantara mayoritas orang yang senang akan produk obat-obatan herbal. Bisanya produk-produk yang demikian sangat mahal serta hanya tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas. Terkadang orang berani membeli dengan harga yang relatif mahal ketika mereka tahu bahwa persediaan produk tersebut sangatlah terbatas.

Obat-obatan herbal sebenarnya juga dapat diganti dengan tanaman-tanaman yang mempunyai khasiat tersendiri untuk penyembuhan. Dengan menggunakan tanaman ini tentunya akan semakin menghemat uang serta tidak perlu membeli obat-obatan herbal dengan jumlah uang yang sangat banyak. Tanaman-tanaman ini juga dapat diolah sendiri dengan kreasi masing-masing serta dapat diolah dalam jumlah yang banyak tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Ada banyak tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Tanaman ini juga dapat ditanam sendiri di dekat rumah ataupun di taman. Dengan ini maka jelas akan semakin mempermudah dalam mengkonsumsi serta tidak perlu lagi repot-repot mencari tanaman ataupun membeli tanaman tersebut. Berikut merupakan junis-jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman herbal antara lain:

1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman dalam bentuk semak yang dapat tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sekitar hutan atau kebun yang diperkirakan berasal dari Binar dengan ketinggian sekitar 1,3-1,6 km di bawah permukaan laut. Kunyit ini berfungsi sebagai ramuan jamu untuk anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol serta sebagai pembersih darah.

2. Kencur

Kencur atau Kaempferia galangal yang berasal daru suku jahe-jahean atau Zingiberaceae yang merupakan salah satu tanaman yang sangat bermanfaat serta memiliki khasiat banyak. Manfaat dari kencur antara lain adalah untuk mengatasi Influenza pada bayi, obat sakit kepala, menghilangkan lelah, mengobati radang lambung, mengobati batuk, memperlancar haid serta keseleo.

3. Temulawak

Temulawak atau sering disebut dengan Curcuma Xanthorhiza Roxb yang merupakan keluarga dari suku jahe-jahean ini merupakan tanaman obat-obatan asli dari Indonesia. Tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Jawa, Maluku serta Kalimantan. Banyak khasiat daripada temulawak diantaranya untuk mengobati penyakit kuning, diare, maag, perut kembung serta pegal-pegal. Selain itu, temulawak juga dapat dijadikan obat sebagai penurun lemak darah, pencegah penggumpalan darah, sebagai anti oksidanserta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jahe

Umbi Jahe merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal yang mengamdung senyawa oleoresin atau lebih dikenal dengan Gingerol yang bersifat sebagai antioksidan, dengan ini maka jahe sangat berguna untuk bahan bioaktif anti penuaan. Komponen bioaktif jahe dapat melindungi lemak atau membrane dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol serta meningkatkan sistem kekebalam tubuh.

5. Bawang putih

Bawang putih atau sering dikenal dengan Allivum Sativum adalah tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal yang banyak ditemukan di ladang daerah pegunungan serta yang cukup mendapatkan sinar matahari. Khasiat dari bawang putih antara lain dapat untuk penyembuhan flu dan batuk.

Bawang putih mengandung Phytochemical yang sangat berperan aktif dalam pembunuhan kuman serta bakteri. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai penurun kolesterol.

6. Cengkeh

Cengkeh adalah bunga kering yang berasal dari pohon cengkeh yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Cengkeh sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat karena merangsang anti bakteri, anti virus dan anti septik. Selain itu cengkeh juga dapat menghilangkan nyeri sakit gigi, mengatasi mual, muntah-muntah atau perut kembung, lemas serta gangguan pencernaan. Dapat merangsang sirkulasi darah, mengatasi masalah lambung, sakit perut, mengatasi kolera, pengobatan asma serta untuk sakit telinga.

7. Aloe Vera

Aloe vera atau sering dikenal sebagai lidah buaya karena bentuk hampir mirip dengan lidah. Aloe vera dapat dijadikan sebagai perlindungan kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung karena tumbuhan ini mengandung banyak air serta bahan aktif termasuk asam amino dan enzim yang dapat memelihara kulit rusak.

8. Kemangi

Kemangi merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Kemangi ini berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit kepala dengan cara mengoleskan daun kemangi yang telah dihancurkan dan dicampur dengan air yang mendidih. Setelah dingin maka oleskan pada pelipis untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

9. Lavender

Lavender adalah tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman ini berfungsi sebagai bahan anti septik serta anti inflamasi. Cara dalam mengkonsumsinya dengan menghancurkan beberapa batang lavender dan dicampur dengan semangkuk air yang mendidih untuk digunakan mandi serta sebagai mandi uap untuk wajah supaya dapat menghilangkan noda minyak yang berlebihan pada wajah.

10. Lemon Balm

Lemon Balm adalah tanaman yang langka serta susah didapatkan namun memiliki khasiat yang sangat ampuh yakni dapat digunakan untuk menyembuhkan serta mencegah luka dingin. Selain itu juga sebagai anti serangga serta dapat menenangkan bekas gigitan secara langsung dengan mengoleskannya ke bagian yang sakit.

11. Mint

Mint merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengurangi kram di bagian perut, mual serta kembung dengan cara mencampurkan ke dalam the dan diminum. Mint juga berfungsi sebagai Dekongestan alami dengan cara menghirup uap dari air panas yang telah dicampurkan dengan Mint tersebut. Selain itu juga dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan, hidung tersumbat serta bau nafas yang tidak sedap. Daun Mint juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit atau untuk mengatasi jerawat serta gigitan serangga.

12. Parsely

Parsely merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penggunaan dari tanaman ini yaitu dengan cara memakan satu sendok makan Parsley cincang atau Peterseli keriting sehari-hari serta mengunyah Peterseli juga dapat mengurangi bau mulut.

13. Teh Rose Mary

Teh Rose Mary merupakan tanaman yang sangat berkhasiat untuk menenangkan pikiran dan menimbulkan semangat baru serta dapat mengurangi mabuk. Campuran dari anggur merah hangat dengan Rosemary, kayu manis dan cengkeh dapat dijadikan sebagai penghangat di musim dingin.

14. Meniran

Meniran merupakan salah satu tanaman yang sangat bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai obat herbal alami.daun meniran dikenal efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, juga sudah banyak digunakan untuk mengatasi reumatik, hepatitis, disentri, susah buang air kecil serta batu ginjal. Tanaman ini juga sudah banyak dijadikan sebagai bahan dasar obat herbal kemasan.

15. Jambu Biji

Tanamn jambu biji khususnya untuk daun mempunyai khasiat yang sangat banyak serta telah menjadi banyak bahan baku untuk pembuatan obat-obatan herbal dalam bentuk kemasan. Daun Jambu Biji ini dapat langsung dikunyah atau dikombinasikan dengan campuran garam serta madu untuk obat diare yang efektif. Daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat luar khususnya untuk mengobati jerawat serta luka bakar.

Demikian sekilas uraian tentang tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal alami. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *