13 Tips Sukses Jalankan Bisnis Waralaba

Berbisnis waralaba atau yang lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan berbinis Franchise, memiliki risiko relatif yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Adapun salah satu kelebihan dari bisnis waralaba adalah memiliki merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat pada umumnya. Banyak diantara masyarakat yang tertarik untuk terjun langsung mencoba berbisnis waralaba.
Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis waralaba, maka ada beberapa kiat yang bisa menunjang terjadinya kesuksesan dalam berbisnis waralaba. Memang, kesuksesan itu sangat butuh proses. Tidak ada kesuksesan yang instan. Seseorang yang terjun dalam dunia bisnis haruslah seseorang yang tekun, mempunyai tekad yang kuat, mental yang kuat, dan mempunyai kreativitas yang kuat. Berikut ini beberapa kiat sukses dalam menjalankan bisnis waralaba : 
1. Merek produk yang unik dan tidak gampang ditiru
Ini sangatlah penting karena pesaing dalam dunia waralaba sangatlah banyak. Jika seseorang yang melakukan bisnis waralaba tidak menjual produk yang unik dan tidak gampang ditiru, maka pesaing disekitar akan mengambil banyak peluang dan memanfaatkan nya. Sehingga banyak konsumen yang berpindah. Dengan produk unik dan tidak gampang ditiru maka persaingan tidak terlalu tinggi.
2. Faktor konsistensi
Faktor konsistensi juga turut serta untuk membuat bisnis waralaba menjadi sukses. Jika yang dijalankan adalah makanan siap saji, maka konsistenlah dengan konsep produk tersebut. Jangan asal untuk mengembangkan suatu produk. Hal ini bertujuan agar tetap fokus dan tercapai efisiensi dalam kebutuhan bahan baku. Dengan tetap fokus pada satu bidang akan mempercepat penetrasi pasar.
3. Bangun produk yang baik
Dalam menunjang terjadinya kesuksesan dalam berbisnis waralaba, pembangunan produk yang baik di tengah masyarakat menjadi faktor penentu maju atau mundurnya suatu bisnis waralaba tersebut. Buatlah merek produk yang menyatu dalam benak konsumen dan mudah diucapkan. Karena dengan merek produk yang menarik maka konsumen akan tertarik untuk berkunjung dan membeli lagi.
4. Komunikasikan merek dengan baik
Dengan mengomunikasikan merek dengan baik kepada pelanggan maka pelanggan pun akan tertarik dan tidak pernah bosan dengan merek waralaba yang sedang dijalankan. Mengomunikasikan merek dengan baik meliputi berbagai aspek. Terutama pada saat pengepakan barang. Pengepakan barang harus dilakukan dengan baik. Dari pengepakan barang yang baik, maka terciptalah kesan merek yang baik dimata konsumen.
5. Peran franchisee (orang yang menjalankan bisnis waralaba)
Kesuksesan dalam berbisnis waralaba juga tidak luput dari peran Franchisee itu sendiri. Bisnis waralaba dikatakan berhasil jika pemilik merek bisa mensukseskan para mitra usahanya. Dan seorang Franchisee juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah. 

6. Saling bertukar pikiran antara pemilik dan penggerak waralaba
Maksud saling bertukar pikiran disini adalah, seorang Franchisee jangan pernah ragu atau malu untuk bertanya dengan Franchisor. Orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah malu untuk bertanya dan berbagi seputar ilmu yang dimiliki. Sesi tukar pikiran sangatlah penting antara Franchisee dan Franchisor demi menyukseskan bisnis waralaba yang tengah dijalani.
7. Tingkatkan kreativitas
Kreativitas sangat diperlukan apabila seseorang memutuskan untuk berbisnis. Terutama berbisnis waralaba. Bisnis waralaba pastilah telah memiliki keseragaman. Baik dalam segi dekorasi toko, produk yang ditawarkan, bahkan seragam karyawannya pun sama. Tugas seseorang Franchisee (orang yang menjalankan waralaba) adalah menggali dan mengembangkan kreativitasnya agar usaha yang dijalankan bisa terus maju.
8. Maksimalkan kontrol lokasi
Seorang yang akan menjalankan bisnis waralaba haruslah memaksimalkan pengontrolan lokasi yang akan dijadikan tempat membuka bisnis. Pilihlah lokasi yang strategis. Dewasa ini banyak dijumpai bisnis waralaba dengan jarak yang berdekatan antara 1 dengan yang lain. Maksud dari membuka toko sebanyak mungkin adalah memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh.
9. Maksimalkan promosi
Dewasa ini, promosi bisnis tidak hanya dilakukan melalui media cetak yang berupa brosur,pamflet, banner, dan spanduk saja. Tetapi promosi digital juga banyak dilakukan. Promosi digital bisa berupa melalui media sosial yang tengah populer di masyarakat saat ini. Seperti twitter, facebook, instagram, blog, ataupun website. Maksimalkan promosi dari segi media cetak dan segi digital agar bisnis waralaba yang dijalankan mencapai kesuksesan.
10. Maksimalkan pengenalan lokasi
Seorang yang akan menjalankan bisnis waralaba haruslah memaksimalkan pengenalan lokasi bisnis yang akan dijalankan. Pasalnya, lokasi memang merupakan faktor penentu dalam sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Jangan sampai seorang Franchisee minim pengenalan akan lokasi untuk membuka bisnis waralabanya tersebut. Lokasi menjadi ujung tombak dalam berbisnis. Terutama bisnis waralaba.
11. Tumbuhkan semangat yang maksimal dan usaha yang pantang menyerah 
Dalam dunia bisnis, sudah sewajarnya terjadi pasang surut bisnis. Pasang surut bisnis bisa terjadi dikarenakan banyaknya pesaing dan minimnya promosi. Oleh karena itu, tumbuhkan selalu semangat yang maksimal dan jiwa usaha yang pantang menyerah. Itulah salah satu modal utama sebagai penunjang sukses atau tidaknya bisnis yang akan dijalani.
12. Komunikasi yang baik
Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Baik komunikasi kepada pelanggan ataupun komunikasi kepada para karyawan. Komunikasi yang baik kepada pelanggan bisa dilakukan dengan melayani pelanggan dengan kata-kata yang bersahabat. Sedangkan komunikasi kepada para karyawan, dimaksudkan agar setiap karyawan tidak terjadi kesalahpahaman dalam menjalankan alur tugasnya.
13. Selalu bersikap positif
Sikap positif harus selalu diutamakan dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalankan. sikap positif bertujuan agar bisnis yang dijalankan nantinya menghasilkan kesuksesan. Agar dapat sukses menjadi Franchisee diperlukan sikap yang positif dengan menepis mitos bahwa waralaba adalah jaminan kesuksesesan tanpa perlu repot. Bisnis waralaba sama dengan bisnis yang lain yang punya risiko gagal.
Demikianlah ketigabelas poin kiat sukses dalam berbisnis waralaba. Hidup yang dijalani adalah sebuah proses. Sama halnya dengan kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan diperlukan usaha yang tidak instan dan tidak mudah. Seorang yang akan menjalankan bisnis waralaba haruslah seseorang yang memiliki ketekunan yang kuat serta mental yang kuat pula. Dan yang terpenting untuk meraih kesuksesan adalah dengan berdoa. Karena rezeki datangnya dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pecinta bisnis waralaba. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *