11 Tips Untuk Menjaga Produktivitas

Jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, 24 jam dalam sehari akan lewat begitu saja. Upayakan bekerja dengan produktif. Kerjakan sebanyak mungkin pekerjaan yang bisa Anda ambil. Jaga kondisi diri sendiri maupun kondisi sekitar supaya ritme kerja stabil. Untuk mempertahankan produktivitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips menjaga produktivitas :
1. Perbanyak baca buku
Otak yang miskin informasi akan membuat produktivitas terhambat. Semakin banyak Anda bekerja, pengetahuan yang dibutuhkan juga semakin banyak. Cari informasi melalui berbagai sumber. Saat ini banyak e-book yang bisa diunduh di internet, tetapi sebagian orang merasa lebih nyaman mencari informasi lewat buku. Sebab buku bisa dibaca dalam waktu lama tanpa membuat mata sakit karena radiasi. Buat target jumlah buku yang harus diselesaikan dalam seminggu. Luangkan sedikit waktu untuk membaca setiap hari. Bawa buku ke mana pun Anda pergi, bacalah saat harus menunggu antrean dokter gigi atau saat di perjalanan naik angkutan umum.
2. Jangan meremehkan diri sendiri
Hambatan utama dalam menjaga produktivitas adalah sikap meremehkan diri sendiri. Mungkin Anda merasa tidak mampu karena jumlah tugas terlalu banyak, pengalaman kerja masih sedikit, susah bekerja sama, dan sebagainya. Terima kekurangan tersebut dengan lapang dada. Jangan menjadikannya sebagai halangan, tetapi jadikan cambuk untuk terus memperbaiki diri. Coba percayai diri Anda sendiri. Yakini bahwa Anda mampu melakukan segala sesuatu asalkan didampingi tekad kuat, usaha keras, dan kesabaran.
3. Saling berbagi
Supaya dapat bekerja dengan produktif, Anda membutuhkan berbagai macam informasi. Terkadang informasi tak cukup dicari sendiri. Anda membutuhkan informasi yang diperoleh dari orang lain. Oleh karena itu, budayakan saling berbagi di antara rekan kerja. Tak perlu takut tersaingi. Yakini bahwa kesuksesan Anda tidak tergantung pada usaha orang lain, melainkan tergantung pada usaha diri sendiri. Bagaimana jika rekan kerja tidak ingin berbagi? Usahakan tetap berbagi dengannya. Suatu saat hatinya akan tergerak dan membalas tindakan Anda. Jika kondisi tersebut tak kunjung terjadi, sebaiknya hentikan usaha Anda. Tak perlu berbagi dengan orang yang tak tahu etika membalas budi.
4. Biasakan hidup sehat
Dibutuhkan fisik yang kuat untuk bekerja dalam waktu lama. Oleh karena itu, jangan lupa berolahraga setiap hari. Merasa tak punya cukup waktu untuk berolahraga? Jangan cemas. Olahraga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Anda cukup meluangkan sedikit waktu untuk meregangkan tubuh, jalan-jalan di pagi hari, atau melakukan sit-up maupun push-up. Imbangi kebiasaan olahraga dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari merokok dan minum alkohol. Jika Anda merasa stres karena pekerjaan, jangan alihkan stres tersebut pada rokok. Kebiasaan tersebut bisa membuat fisik Anda melemah. Begitu juga dengan alkohol, waktu Anda akan terbuang banyak jika mengalami hangover. Alihkan stres Anda dengan bermeditasi atau merawat hewan peliharaan.
5. Berinteraksi
Manusia adalah makhluk sosial. Kebanyakan manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain supaya kejiawaannya stabil. Dengan kestabilan tersebut, produktivitas akan terjaga. Maka luangkan waktu setiap hari untuk berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda tinggal dengan keluarga, sediakan waktu mengobrol setelah selesai bekerja. Jika Anda tinggal sendirian, kunjungi keluarga atau teman secara rutin. Bagaimana jika baru saja pindah ke tempat asing? Anda bisa menggunakan teknologi untuk berkirim surel dan chatting dengan orang-orang yang dirindukan. Bisa juga berkenalan dengan orang baru. Tak perlu memaksakan diri untuk melakukan interaksi secara dekat dan mendalam. Interaksi ringan maupun basa-basi sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi.
6. Hindari multitasking
Jika ingin menjaga produktivitas, hal yang paling harus dihindari adalah multitasking. Metode ini kelihatannya cepat dan praktis, tetapi sebenarnya tidak efektif. Tak banyak orang yang berhasil dalam multitasking. Menurut penelitian, IQ manusia berkurang 10 poin setiap kali berganti melakukan suatu pekerjaan secara bersamaan. Maka tak perlu memaksakan diri melakukannya. Selesaikan saja pekerjaan Anda satu per satu. Dengan demikian, kualitas meningkat dan produktivitas terjaga.
7. Temukan passion
Salah satu hambatan dalam menjaga produktivitas adalah rasa bosan. Supaya tidak mengalaminya, pilih pekerjaan sesuai dengan passion Anda. Apa kegiatan yang Anda sukai? Misalnya saja menulis. Pilih pekerjaan sebagai jurnalis, editor, novelis, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berkaitan dengan media massa maupun penerbitan. Mantapkan pilihan dalam bidang tersebut. Niscaya pekerjaan akan berjalan dengan lancar. Untuk menumbuhkan ketertarikan secara terus-menerus, buat inovasi dalam pekerjaan Anda.
8. Sediakan waktu untuk beristirahat
Badan yang lelah akan membuat produktivitas berkurang. Setelah bekerja berjam-jam, hentikan sejenak pekerjaan Anda untuk beristirahat. Buat secangkir teh atau kopi lalu nikmati dengan tenang. Lebih baik lagi jika Anda beristirahat setiap 90 menit. Menurut penelitian, konsentrasi manusia hanya bisa bertahan dalam jangka waktu tersebut. Tak ada salahnya Anda melakukan peregangan badan sejenak setelah bekerja selama 90 menit. Selain itu, mata akan cepat lelah jika bekerja menggunakan komputer karena cenderung mengurangi jumlah kedipan. Biasakan untuk mengalihkan pandangan dari monitor komputer setiap 15 menit.
9. Hindari semua gangguan
Tugas akan lancar dikerjakan jika Anda terhindar dari gangguan. Usahakan bekerja di tempat yang tenang. Matikan ponsel selama bekerja. Hindari membuka media sosial saat harus menggunakan internet. Jika semua cara itu sudah ditempuh tetapi Anda tetap sulit berkonsentrasi, berarti yang tidak beres adalah pikiran Anda. Mungkin ada hal mengganjal yang belum terselesaikan. Sebaiknya bereskan hal itu terlebih dahulu sehingga Anda bisa bekerja dalam suasana hati yang tenang. Dengan demikian produktivitas akan terjaga.
10. Tentukan deadline
Bekerja tanpa deadline itu berbahaya. Bisa-bisa Anda menghabiskan waktu terlalu lama untuk mengerjakan suatu tugas. Sebaiknya tentukan deadline sebelum mulai bekerja. Pikirkan pula hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi deadline tersebut. Teguhkan niat Anda. Deadline dibuat bukan untuk dilanggar, melainkan untuk ditepati. Beri selamat pada diri sendiri jika berhasil menepati deadline.
11. Gunakan timer saat bekerja
Timer memang tidak umum digunakan saat bekerja. Namun jika Anda mencobanya, pekerjaan akan berjalan lebih lancar dan produktivitas terjaga. Misalnya saja Anda harus menulis sejumlah artikel. Pasang timer selama 1 jam untuk menulis setiap artikel. Dengan demikian, Anda memaksa diri sendiri untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi. Pekerjaan akan lebih cepat selesai sehingga Anda dapat mengerjakan lebih banyak tugas dalam satu waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *