11 Cara Menjadi Event Organizer Untuk Acara Pesta

Bagaimana menjadi seorang Event Organizer (EO) untuk acara pesta yang menarik? Suatu bisnis Event Organizer bisa menjadi kesempatan kerja yang menarik dan menguntungkan saat ini. Tidak seperti beberapa bisnis yang lain. Bisnis Event Organizer untuk acara pesta ini tidak memrlukan banyak modal awal.

Apalagi bisnis Event Organizer ini masih sedikit yang menekuninya.  Hal ini memberikan kesempatan yang besar bagai anda untuk mencobanya. Dengan membuat konsep yang menarik dan beda dari yang lain. Anda bisa mencoba untuk terjun dalam dunia bisnis Event Organizer ini. Berikut adalah bebarapa ulasan yang mngkin bisa menambah refernsi Anda tentang dunia Event Organizer.


Tentukan jenis perencenaan pesta yang harus dilakukan

Perencanaan untuk acara perusahaan adalah hal yang utama. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk kesempatan pesata yang lain. Seperti pesta untuk anak-anak ataupun remaja. Dan pesta orang dewasa atau pesta untuk acara-acara tertentu. Beberapa perencenaan mengkhususkan diri dalam fungsi tertentu seperti dekorasi, makanan dan hiburan.

Pertimbangkan untuk mengambil kelas, mendapatkan sertifikasi perencanaan acara, atau mendapatkan gelar dalam bidang ini

Kegiatan perencanaan sertifikasi bagi para pegiat Event Organizer sudah banyak ditawarkan oleh Meeting Profesional Internasional (MPI) dan International Special Events Society (ISES). Program dalam perencanaan ini juga sudah banyak di tawarkan pada banyak universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Kumpukan informasi dan melakukan peneltian pada seumber daya

Mencari informasi tentang daftar kontak dan harga, seperti area ruang atau tempat untuk mengadakan pesta, hiburan, katering dan perlengkapan pesta. Dengan hal ini, Anda bisa membandingkan mana yang terbaik dan terjangakau sesuai dengan budget Anda.

Pilih nama untuk bisnis

Pastikan nama itu adalah nama yang tersedia untuk didaftarkan. Usahakan menggunakan nama yang sederhana dan mudah diingat untuk memudahkan klien mengingat nama Event Organizer Anda.

Tulis perencanaa bisnis
Ada banyak contoh dan tutorial online misalnya dari situs seperti Smal Bussines Administration. Bahkan Anda juga harus merencanakan singkat untuk menentukan target pasar dari bisnis Anda.

Atur ruang kantor yang mencakup ruang untuk penyimpanan barang-barang pesat, arsip dan barang lainnya utuk keperuluan bisnis

Cari masukan online dan masukan terdekat tentang bagaimana memluai bisnis EO untuk acara pesat
Misalnya dari UMKM setempat (Usaha Mikro Kecil Menengah), pemilik bisnis lokal dan kelompok profesional yang menawarkan sumber daya dan publikasi.

Dapatkan informasi dan menentukan bagaimana bisnis EO Anda berbeda dengan mereka

Menggali dan terus menggali celah untuk mendapatkan sesutau yang beda. Dan belum pernah ditawarkan oleh EO lain.

Daftarkan bisnis

Mendaftarkan bisnis Anda untuk mendapatkan kredibilitas yang baik bagi masayarakat.

Buat kartu nama, stationeri dan website

Cobalah untuk menemukan nama domain yang mencakup nama bisnis Anda. Dengan adanya kartu nama akan memudahkan bagi pengguna untuk mencari EO Anda.

Tambah jaringan kerja

Tidak terlalu dini untuk mulai bertemu orang-orang yang mungkin membutuhkan layanan Anda. Menghadiri acara bisnis lokal dan bergabung dengn organisasi lokal dan profesional

Bagaimana dengan ulasan artikle tentang cara menjadi EO, mudah bukan? Semuanya akan terlihat mudah jika Anda melakukannya dengan senang hati. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *