Tips Super Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Banyak dari kita ingin memulai bisnis online. Bisnis online terlihat sebagai bisnis yang paling mudah untuk dilakukan. Modalnya pun sangat kecil. Itulah kenapa saat ini bisnis online menjadi sangat booming.
Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan internet. Berbagai media sosial dan teknologi digunakan untuk membantu sistem operasionalnya. Banyak anak muda terpengaruh untuk menjadi pengusaha melalui jalur ini.
Jalur yang bisa ditempuh ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari internet marketing, membuat website, menjadi reseller, jasa konsultansi online, bahkan melaunching bisnis offline Anda menjadi online.
Apapun jenis bisnisnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis online Anda berkembang pesat dalam waktu singkat. Berikut beberapa diantaranya:
1. Fokus pada hal yang penting 
Dalam melakukan segala sesuatu Anda harus fokus pada satu hal pada satu waktu. Dalam menjalankan bisnis online, satu hal yang pasti dan harus Anda lakukan adalah action. Tanpa action bisnis Anda tidak akan kemana-mana. Semua hal besar dimulai dari satu langkah kecil.
Mulailah mem- break down rencana besar Anda ke dalam to-do-list kecil. Kemudian mulailah melakukan hal-hal kecil tersebut. Mulai dari membeli domain, membuat blog, iklan di jejaring sosial, dan lain sebagainya.
Semua hal tersebut akan menjadi mudah jika Anda fokus pada satu hal pada satu waktu. Dari to-do-list tersebut katagorikan kembali mana yang penting dan prioritas. Kerjakan hal-hal tersebut terlebih dahulu agar Anda merasa puas dan bisa langsung melihat hasilnya.
2. Setelah action lalu bagaimana?
Setelah Anda melakukan tugas-tugas kecil Anda. Selalu lakukan evaluasi atas apa yang sudah Anda lakukan. Ini bedanya bisnis dengan kuliah. Di bangku kuliah kita bisa belajar dulu. Kisi-kisi pertanyaan sudah diberikan. Kemudian baru ujian dilaksanakan.
Tapi dalam bisnis dan hidup prakteknya dibalik. Anda ujian dulu, kemudian Anda baru belajar. Jangan buang waktu Anda dengan mempelajari banyak hal yang tidak semuanya benar-benar Anda perlukan.
Evaluasi wajib dilakukan. Buatlah rutinitas, hari atau jam tertentu untuk melihat kembali apa saja yang telah Anda lakukan. Pelajari tentang kelebihan maupun kekurangan dari aksi Anda sebelumnya.
3. Investasi pada pendidikan
Bisnis online adalah bisnis yang benar-benar bergerak dengan sangat cepat. Basis utama dari bisnis online adalah teknologi. Dan teknologi berkembang dengan sangat pesat.
Software yang tahun lalu booming mungkin tahun ini sudah digantikan dengan software baru lainnya. Sebagai orang yang bergerak di dalam bisnis online kita harus selalu belajar akan hal-hal baru.
Investasikan waktu, uang dan tenaga Anda untuk terus belajar. Apa yang harus menjadi prioritas pembelajaran Anda? Kembali ke poin sebelumnya, fokuslah pada hal-hal di mana Anda memiliki kekurangan. Dan juga perbaiki kelebihan-kelebihan yang sudah Anda miliki. Sehingga Anda akan menjadi ahli di bidang Anda
Rumus Action  Evaluasi  Belajar harus Anda ulang terus menerus. Tanpa sadar Anda akan menjadi yang terhebat dalam bidang apapun.
Teori 10.000 jam juga bisa Anda terapkan. Sebagai pebisnis pemula, jam terbang sangat menentukan. Jika kita ingin menjadi ahli dalam satu bidang kita harus memiliki pengalaman dalam bidang tersebut minimal 10.000 jam.
Bagaimana caranya belajar? Belajar bisa di mana saja, dengan siapa saja dan kapan saja. Dengan bantuan teknologi Anda bisa menanyakan tentang hal apapun di google, mengikuti forum-forum mengenai bisnis online, belajar dari video di youtube, dan lain sebagainya.
Selain itu, sebaiknya Anda menguasai bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan banyak materi-materi berkualitas dunia yang dibawakan menggunakan bahasa Inggris.
4. Mintalah pertolongan dari ahlinya
Dalam memulai sesuatu yang Anda tidak begitu menguasainya, paling enak adalah berkonsultasi dengan ahlinya. Ahlinya adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia itu dan terbukti sudah berhasil. Mintalah mereka untuk membimbing Anda sebagai mentor. Memiliki mentor membuat langkah kita menjadi lebih jelas dan terarah.
Banyak orang bingung dalam menjalankan bisnis online karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Carilah mentor yang terbaik di bidang Anda. Atau minimal orang yang lebih berpengalaman daripada Anda. Hal itu akan sangat membantu.
5. Bergabunglah dengan komunitas
Bagi pebisnis, sharing adalah salah satu hal paling penting. Sebaiknya kita mempunyai teman-teman yang satu visi. Untuk mendapatkannya Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis di sekitar lingkungan Anda.
Carilah komunitas yang anggotanya kompak dan sering mengadakan sesi sharing secara rutin. Memiliki komunitas seperti ini, membuat Anda bisa bercerita tentang perkembangan bisnis Anda. Masalah dan peluang yang sedang terjadi juga bisa didiskusikan dengan komunitas Anda. Saran dan pandangan dari orang lain bisa jadi lebih bijaksana dibandingkan dari Anda yang tiap hari sibuk dengan operasional perusahaan.
6. Jangan berhenti dari pekerjaanmu yang sekarang
Jika saat ini Anda bekerja, jangan langsung berhenti dari pekerjaan Anda. Fokuslah untuk mengembangkan bisnis online Anda di luar jam kerja. Aturlah waktu kita dengan baik. Banyak dari kita berhenti bekerja untuk mulai berbisnis. Kemudian saat bisnis sedang mengalami penurunan kita langsung bingung. Banyak orang yang bisa mengerjakan banyak hal di satu waktu. Buatlah aturan yang ketat untuk ini. Contohnya sepakati jam pagi untuk kerja di kantor. Kemudian shift sore untuk mengurusi bisnis online.
Jika bisnis Anda sudah jauh lebih berkembang dibandingkan pekerjaan Anda yang sekarang, itulah saatnya Anda untuk keluar dari pekerjaan Anda. Buatlah target kapan Anda akan mencapainya.
7. Selalu lakukan perbaikan tiap saat
Tanpa progress, kita akan seperti jalan di tempat. Kita harus terus menerus memperbaiki diri dan usaha kita. Teruslah belajar dan berinovasi untuk melalukan hal-hal dengan cara yang lebih baik.
Filosofi ini akan membuat bisnis online Anda berkembang jauh lebih cepat daripada apa yang pernah Anda bayangkan. Buat laporan harian, mingguan dan bulanan. Tidak hanya untuk urusan finansial. Anda juga harus memiliki jurnal laporan mengenai perkembangan bisnis. Mulai dari apa yang pernah terjadi, jumlah karyawan, target penjualan dan sebagainya.
Evaluasi hal tersebut secara terus menerus. Lakukan perubahan-perubahan tanpa henti untuk mencapai keadaan paling optimal. Dalam bisnis ada dua prinsip yang harus dipegang. Perbesar pemasukan dan perkecil pengeluaran. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *