Panduan Marketing Communication Dahsyat via Blackberry

Marketing Communication adalah komunikasi pemasaran, cara kita menyampaikan produk atau jasa kita kepada calon customer bahasa mudahnya adalah promosi. Sekali lagi, marketing is a game of number. Semakin banyak dan sering Anda promosi/menawarkan produk Anda semakin cepat Anda sukses.
Berikut adalah beberapa cara mudah dalam promosi lewat Blackberry:
Perbanyak Kontak Blackberry
Sebagus apapun materi promosi Anda, kalau tidak ada yang membacanya, itu tidak akan berarti. Banyak pun belum tentu tepat, pastikan kontak-kontak yang ada di dalam Blackberry Anda adalah orang yang tepat. Misalnya, Anda menjual perlengkapan bayi. Sebaiknya list kontak Anda berisi ibu-ibu muda berumur 25 – 35 tahun.
Selain ketepatan, jumlah juga berpengaruh. Secara pribadi saya menyarankan Anda untuk memiliki minimal 2000 kontak Blackberry. Lebih banyak lebih bagus. Dari sekian banyak kontak inilah, bisnis Anda bisa mulai berjalan. Hasil pun akan semakin dekat untuk dinikmati.
Buat Orang Penasaran
Langkah pertama. Anda tidak perlu menawarkan kepada list kontak Anda secara langsung. Anda hanya cukup mengganti display picture dan status Anda secara rutin. Ini adalah cara menanamkan di alam bawah sadar calon customer Anda mengenai Brand Anda dan produknya.
a) Beberapa jenis Display Picture yang bisa Anda pasang pada tahap pertama ini adalah seperti foto produk, brosur atau poster, testimoni pelanggan yang puas, kumpulan resi, tumpukan paket yang akan Anda kirim, foto Anda dan tim, foto customer dan produk Anda, foto tempat usaha Anda, foto tempat produksi usaha Anda, foto toko Anda, dan sebagainya.
b) Gunakan sales script yang sudah Anda buat sebelumnya untuk diupdate menjadi status Anda seperti 
“Alhamdulillah hari ini laris manis, semoga bermanfaat”
“Dahsyatnya __________(isi dengan produk Anda), Terima kasih banyak untuk semua reseller _______________ (isi dengan nama brand Anda)”
“Produk revolusioner, ribuan orang sudah membuktikan manfaatnya, sekarang giliran Anda” 
dan sebagainya.
Lakukan langkah mudah tapi dahsyat ini selama minimal seminggu, ganti display picture dan status Anda minimal 1-2 jam sekali. Secara tidak sadar list di kontak Anda akan mulai akrab dengan produk Anda dan Brand Anda. Bahkan sangat mungkin di dalam tahap ini sudah banyak yang mengontak Anda karena tertarik untuk membeli.
Semakin unik foto dan status yang Anda pasang, semakin nempel brand dan produk Anda di benak calon customer Anda. Terus ulik foto dan status yang bisa Anda pasang. Dengan 2000-5000 kontak yang ada di PIN BBM Anda ini sudah modal yang luar biasa.
Untuk tahap ini sebaiknya Anda fokus pada 1-3 produk saja. Itupun yang satu katagori. Ini agar ingatan customer tentang Anda akan dikaitkan dengan produk yang Anda jual. Ini sangat penting untuk memasukkan kepercayaan kepada Anda ke dalam alam bawah sadar mereka.
Buat agar customer yakin dan percaya dengan produk Anda. Metode promosi ini sangat efektif karena handphone adalah gadget yang selalu di bawa oleh manusia bahkan hampir 24 jam sehari. Survei juga membuktikan bahwa 80 persen orang gemar melihat update status dari kontak list mereka. Ini momentum yang dahsyat untuk Anda manfaatkan.
Broadcast hal-hal yang benar-benar penting
Jangan pernah broadcast hal-hal tidak penting atau iklan promosi secara terus menerus. Broadcast adalah salah satu fitur dalam Blackberry Messenger dimana kita bisa langsung mengirim pesan ke seluruh kontak kita secara serentak.
Gunakan fitur ini dengan sangat BIJAKSANA. Karena pada dasarnya fitur broadcast ini sangat mengganggu kontak kita. Gunakan fitur ini maksimal 2-3 kali seminggu. Itupun Anda harus menggunakan teknik broadcast yang benar-benar memberikan manfaat atau ada hal-hal menarik yang sangat urgent. Contohnya promo super dahsyat yang terbatas hanya hari ini.
Pendekatan personal

Setelah Brand dan Produk Anda sudah mulai familiar dikenal oleh kontak Anda. Kini saatnya Anda mulai beraksi. Dekati kontak Anda secara langsung satu per satu.
Jika Anda membangun kontak Anda dengan tepat (jenis kelamin, umur, background, dsb) maka langkah ini akan sangat mudah. Karena pada dasarnya mereka adalah target pasar Anda. Sehingga kemungkinan mereka untuk menyukai dan membeli produk Anda akan menjadi sangat mudah.
Pada langkah ini, saya sangat menyarankan agar Anda membangun jaringan reseller / dropshiper. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda. Sekali Anda deal, orang tersebut akan terus memasarkan produk Anda.
Walaupun Anda sendiri seorang distributor/reseller/dropshiper hal ini sangat mungkin dilakukan. Rumusnya satu, dapatkan sumber utamanya. Jangan sampai Anda membeli dari tangan ke dua atau ke tiga. Selama Anda sendiri bisa langsung berkomunikasi dengan produsen barang tersebut. Maka peluang Anda untuk membangun jaringan distribusi masih sangat terbuka lebar.
Mulai personal approach ini dengan menyapa dan berkenalan terlebih dahulu, ceritakan secara singkat siapa Anda, apa yang customer Anda lakukan dan sebagainya.
Jika calon customer ini sudah merasa nyaman dengan Anda, kemungkinan deal akan jauh lebih besar. Setelah tahap pengenalan selesai, saatnya Anda mulai menawarkan produk Anda. Ceritakan kelebihan produk dan keuntungan menjualnya kembali. Kemudian baru lakukan penawaran.
Lihat responnya. Untuk 40-50 calon customer pertama Anda. Buat data analisa dari awal sampai akhir hasil percakapan Anda. Anda harus paham betul, kenapa customer membeli produk Anda. Begitu juga kenapa customer tidak jadi/ tidak mau membeli produk Anda.
Dengan menganalisa data ini, Anda akan semakin ahli dalam penawaran, dan bisa membaca apa yang sebenarnya dimau customer pada produk Anda.
Di satu titik bisa jadi customer merasa produk Anda terlalu mahal, atau bisa jadi malah customer berfikir produk Anda terlalu murah sehingga mereka tidak yakin dengan kualitasnya dan seterusnya.
Data ini yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk sukses ke depannya. Semakin sering Anda menawarkan, semakin jago Anda menganalisa.
Dari hasil analisa awal inilah Anda perlu membuat rumusan baku, yang nanti bisa Anda ajarkan ke karyawan-karyawan Anda.
Ingat mengenai faktor kali. Jika produk Anda benar-benar memiliki nilai tambah, fokuslah pada faktor kali. Dibandingkan mencari customer, fokuslah mencari reseller dan dropshiping. Ini seperti Anda membangun kran air. Sekali kran air itu terbuka maka  kedepannya Anda tinggal menikmati hasilnya.
Dibanding tiap hari bingung mencari pelanggan baru, lebih baik fokus mengembangkan jaringan distribusi. Memang untung yang Anda dapatkan per barangnya lebih kecil. Tapi faktor kali yang muncul jauh lebih dahsyat. Jika Anda memiliki 100 orang reseller. Itu seperti Anda memiliki 100 karyawan bagian marketing. Tanpa perlu membayar gaji bulanan mereka.  Dahsyat kan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *