Strategi Pemasaran Hotel Ala AW Karin

by -47 views
Strategi pemasaran hotel
Strategi pemasaran hotel sebaiknya dipahami. Sumber gambar: freepik.com

Strategi pemasaran hotel memang terus berkembang. AW Karin menerapkan salah satu strategi unik. Bekerja sama dengan Traveloka, AW Karin sempat membuat heboh banyak orang di internet dengan unggahannya di media sosial. Pada tanggal 25 Maret 2021, Karin mengunggah foto berisi karangan bunga ucapan selamat dari teman-temannya. Dalam karangan bunga tersebut dituliskan ucapan selamat karena Karin telah berhasil membeli hotel.

Hal tersebut memancing keributan dan perbincangan di media sosial. Terbelinya hotel dianggap sebagai salah satu pencapaian hebat Karin di usianya yang baru 23 tahun. Sayangnya, tidak ditemukan keterangan lebih lanjut tentang nama dan lokasi hotel tersebut.

Benarkah AW Karin beli hotel?

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata Karin tidak sungguh-sungguh membeli hotel. Unggahannya hanyalah bagian dari strategi pemasaran hotel saja. Hal itu telah diklarifikasi oleh Karin sendiri dua hari setelah kehebohan berlangsung. Ia mengunggah sebuah video pada tanggal 27 Maret 2021.

Pada video tersebut Karin menyampaikan terima kasih pada semua orang yang telah mendoakan keberhasilannya membeli hotel. Karin juga menyampaikan bahwa maksud dari kata ‘membeli hotel’ dalam unggahan sebelumnya adalah membeli kamar hotel.

Karin mengaku bekerja sama dengan Traveloka dalam membeli kamar hotel. Menariknya, unggahan tersebut memanglah sebuah strategi pemasaran hotel yang telah mereka rancang bersama. Banyak warganet menjuluki strategi pemasaran hotel ini sebagai strategi marketing S3.

Maksudnya, strategi yang digunakan sederhana namun tepat sasaran. Selama dua hari, Karin telah berhasil membuat semua orang membicarakan dirinya dan hotel. Strategi pemasaran hotel dijalankan dengan cara menanamkan pesan tersirat melalui unggahan Karin tersebut.

Fungsi strategi pemasaran hotel

Strategi pemasaran bagi bisnis merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Strategi pemasaran dapat membantu meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, terdapat pula berbagi fungsi strategi pemasaran hotel yang dilakukan AW Karin dan Traveloka. Berikut beberapa di antaranya.

  • Sebagai dasar saat akan mengambil keputusan pemasaran
  • Meningkatkan koordinasi tim pemasaran secara internal
  • Dapat dijadikan tolak ukur hasil pemasaran
  • Sistem pemasaran produk secara tidak langsung

Tips strategi pemasaran hotel yang bisa diterapkan

Hal yang dilakukan oleh AW Karin dan Traveloka hanyalah salah satu jenis strategi pemasaran hotel. Anda bisa membuat jenis pemasaran yang lain. Agar strategi yang dibuat efektif, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Lakukan perencanaan matang

Konsistensi perlu diterapkan ketika menjalankan strategi pemasaran. Agar bisa selalu konsisten maka sebaiknya dibuat perencanaan yang matang sebelumnya. Selain itu, dengan perencanaan atang maka biaya marketing pun akan lebih efisien.

  1. Petakan target market yang jelas

Saat membuat strategi pemasaran tentu Anda harus memetakan target market secara jelas. Hal ini bertujuan agar strategi yang dibuat lebih tepat sasaran. Dengan begitu, saat penyusunan konsep strategi pun menjadi lebih mudah.

  1. Hitung anggaran secara akurat

Strategi marketing tidak akan menguntungkan jika anggaran yang dikeluarkan terlalu besar. Untuk itu, Anda perlu menghitung anggaran terlebih dahulu secara akurat. Dengan mengetahui besaran dana yang tersedia, maka penentuan jenis strategi marketing pun bisa disesuaikan.

  1. Tentukan marketing fix

Marketing mix harus ditentukan di awal saat strategi pemasaran disusun. Marketing mix ini meliputi harga, produk, serta cara promosi yang akan dilakukan. Marketing mix dapat mempengaruhi keseluruhan rencana pemasaran yang sedang dibuat, lho!

  1. Pasarkan produk secara online

Kini, peran internet dalam dunia marketing sangatlah besar. Untuk itu, Anda dapat memasarkan produk atau jasa secara online. Gunakan berbagai media sosial serta website agar strategi marketing yang disusun bisa lebih optimal.

  1. Lakukan branding dengan baik

Tips selanjutnya yaitu memperhatikan citra atau branding produk bisnis Anda. Seringkali branding ini dianggap kurang penting. Padahal dalam penyusunan strategi pemasaran, branding bisa menentukan apakah pelanggan mau menerima produk kita atau tidak. Selain itu, branding akan membuat perusahaan menjadi lebih dikenal masyarakat.

  1. Pasang iklan dan promosi

Tidak hanya branding, penggunaan iklan dan promosi juga efektif untuk membangun brand awarness pada masyarakat. Dengan begitu konversi dan prospek penjualan produk akan meningkat. Strategi pemasaran pun akan lebih maksimal jika ditambahkan pemasangan  iklan dan promosi.

Perhatikan elemen penting saat membuat strategi pemasaran hotel

Strategi pemasaran hotel yang baik akan mencakup berbagai elemen penting termasuk harga, produk, promosi, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memasukkan elemen penting tersebut saat membuat strategi pemasaran. Berikut ini beberapa elemen penting tersebut.

  1. Harga

Dalam pembuatan strategi pemasaran hotel, tentu saja Anda harus memperhatikan harganya. Harga tersebut bisa berpengaruh pada pembeli. Penetapa harga ini mencakup banyak hal seperti harga jual, diskon, persyaratan kredit, hingga layanan tambahannya.

  1. Produk

Produk atau layanan dari bisnis perlu dimasukkan dalam strategi pemasaran. Pelanggan harus paham tentang hal yang berkaitan dengan produk seperti keunggulan, fitur yang menyertai, serta manfaatnya. Saat akan menentukan sebuah produk maka pastikan Anda memperhatikan semua unsur dari segi tampilan, kualitas, garansi, fungsi, hingga pengemasannya.

  1. Promosi

Promosi mencakup berbagai hal seperti iklan, kolaborasi, hingga sponsor. Promosi sendiri bertujuan agar bisnis lebih dikenal. Biaya promosi yang tinggi membuat Anda perlu mempertimbangkan secara matang sebelum menerapkannya.

  1. Tempat

Elemen lain yang perlu diperhatikan saat membuat strategi pemasaran yaitu tempat. Anda perlu memperhatiakn tempat produk atau layanan bisnis dapat dilihat hingga didistribusikan pada pembeli. Tempat dalam hal ini tidak harus berbentuk fisik, bisa saja berbentuk seperti website atau e-commerce.

  1. Orang

Elemen penting terakhir adalah orang. Dalam strategi pemasaran, Anda perlu memperhatikan orang termasuk staf, tenaga penjualan, serta semua SDM yang terlibat dalam bisnis tersebut. Mengapa demikian? Sebab orang tersebut bisa berpengaruh terhadap keputusan pembeli terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *