Program Magang Perusahaan, Benarkah Menguntungkan?

by -47 views
Program Magang Perusahaan
Program magang perusahaan memberi berbagai keuntungan. Sumber gambar: unsplash.com

Program magang seringkali dikenal dalam sistem perusahaan sebagai program khusus. Apakah itu? Program magang atau internship merupakan sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara langsung dan terpadu. Program ini ditunjukkan untuk mahasiswa atau fresh graduation yang masih berorientasi mencari pengalaman. Pelatihan kerja akan dibimbing dan diawasi secara langsung oleh karyawan berpengalaman di sebuah perusahaan.

Aturan tentang program magang perusahaan ini telah dibuat oleh pemerintah. Fungsi peraturan tersebut yaitu untuk menghindari kesalahpahaman tentang hak tenaga kerja magang. Dalam Undang-undang nomor 13 tahun 2003 pasal 1 ayat 11 terdapat definisi magang secara spesifik.

Pada Permenakertrans PER/22/MEN/IX/2009 Pasal 4 ditetapkan tentang pembatasan jumlah tenaga magang yang boleh dipekerjakan. Maksimal tenaga magang yang boleh dipekerjakan yaitu 30% dari total karyawan perusahaan tersebut. Program magang ini sudah tentu memberikan dampak positif bagi para mahasiswa.

Namun, apakah program magang menguntungkan bagi perusahaan? Dengan menimbang berbagai keuntungan yang mungkin didapatkan, perusahaan nantinya dapat menentukan perlu membuka program magang atau tidak. Perusahaan juga dapat membuka program magang secara spesifik misalnya sebagai content writer saja atau junior editor saja.

Tujuan program magang perusahaan

Sebelum melangkah pada keuntungan magang, perlu dipahami terlebih dahulu tujuan program magang diadakan. Secara garis besar program magang bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja pada para mahasiswa. Selain itu, terdapat tujuan spesifik lainnya dari program magang perusahaan yaitu:

  • Memberi gambaran secara nyata mengenai lingkungan kerja di sebuah industri atau perusahaan untuk para mahasiswa.
  • Memberi informasi tentang spesifikasi pekerjaan dan tanggung jawab jabatan tertentu di perusahaan tersebut.
  • Mengecek rata-rata penyerapan informasi dan skill para mahasiswa yang didapatkan di bangku kuliah sebab merekalah calon pegawai perusahaan nantinya.
  • Memberi pengalaman langsung pada mahasiswa untuk terlibat dalam proses kerja yang ada di perusahaan.

Keuntungan program magang bagi perusahaan

Program magang perusahaan umumnya akan tetap diadakan secara berkala guna mencapai tujuan yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, perusahaan akan mendapatakan berbagai keuntungan dari mempekerjakan anak magang, lho. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan program magang bagi perusahaan.

  1. Adanya sudut pandang eksternal

Manfaat program magang bagi perusahaan yang pertama yaitu memperkaya sudut pandang yang hadir. Maksudnya, para karyawan magang dapat memberikan sudut pandang eksternal tentang perusahaan. Dengan begitu, terdapat pandangan tambahan untuk membantu mengatasi masalah tertentu serta membuat perusahaan menjadi lebih maju.

  1. Mendapatkan ide-ide baru

Pemahaman terhadap tren yang sedang terjadi bisa memicu munculnya ide-ide baru. Tren yang terjadi seringkali lebih dipahami oleh para anak muda. Melalui program magang, perusahaan dapat menggali ide-ide segar dari para mahasiswa. Tak jarang bahwa ide baru tersebut akan membantu terciptanya inovasi produk atau sistem.

  1. Menghemat pengeluaran perusahaan

Karyawan magang akan menerima upah yang berbeda dengan karyawan biasa. Hal tersebut diatur secara legal oleh pemerintah. Artinya saat membuka program magang, perusahaan akan dapat menghemat pengeluaran dalam membayar pegawai. Selain itu, perusahaan dapat sekaligus melakukan screening terhadap para mahasiswa karyawan magang. Jika di antara anak magang terdapat orang yang dianggap cocok untuk perusahaan dari segi kualitas maka bisa dipertimbangkan untuk direkrut menjadi karyawan tetap setelah ia lulus.

  1. Tercipta suasana baru

Karyawan magang biasanya hanya berdurasi 1 hingga 3 bulan saja. Artinya, saat program magang dilaksanakan akan selalu tercipta suasana baru di kantor karena munculnya karyawan magang. Hal tersebut bisa memberikan rasa fresh. Kemunculan ide dan partisipasi sangat mungkin terjadi selama program magang dilaksanakan.

  1. Meningkatkan produktivitas

Bantuan dari karyawan magang biasanya cukup signifikan terhadap pekerjaan selama posisi yang ditempati sesuai. Meski masih belajar, skill karyawan magang tetap berguna dan bisa ditempatkan sebagai asisten. Hal itu akan membantu banyak pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Produktivitas karyawan pun akan meningkat sebab berbagai urusan sepele telah terbantu oleh karyawan magang.

  1. Upaya promosi secara tidak langsung

Promosi membutuhkan biaya tinggi serta effort yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa diterapkan adalah menggunakan karyawan magang. Lingkungan sosial karyawan magang tentu berbeda sebab dari segi usia biasanya berkisar antara 20 hingga 23 tahun. Jika produk Anda memiliki target pasar di rentang usia tersebut, promosi tidak langsung menggunakan karyawan magang bisa menjadi cara yang efektif.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat program magang perusahaan

Meski terlihat sederhana, program magang perlu direncanakan serta dijalankan dengan serius. Jika tidak, manfaat dan signifikansi program magang bagi perusahaan tidak akan maksimal. Para mahasiswa yang mengikuti magang pun akan kurang puas. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat membuat program magang perusahaan yaitu:

  • Promosi program magang yang dilakukan haruslah tepat sasaran sehingga mendapatkan SDM yang sesuai.
  • Keterlibatan karyawan secara aktif menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam melaksanakan program magang. Jika karyawan tidak aktif membantu anak magang maka tentu saja program akhirnya hanya menjadi sebatas formalitas saja.
  • Pemilihan posisi magang yang sesuai bisa memaksimalkan skill dan potensi tenaga magang.
  • Rancangan program magang yang efektif perlu dibuat jauh-jauh hari. Hal ini berfungsi sebagai arahan tentang kegiatan apa saja yang perlu dilakukan selama program magang berlangsung sehingga menguntungkan baik bagi perusahaan maupun untuk anak magang.