Pahami Berbagai Manfaat Job Fair Bagi Perusahaan

by -16 views
manfaat job fair bagi perusahaan
Manfaat Jobfair Bagi Perusahaan

Acara job fair atau career expo sering kali diadakan. Kehadiran job fair sendiri menjadi wadah pertemuan perusahaan dengan para pencari kerja. Manfaat job fair bagi perusahaan tentunya sudah tidak perlu diragukan. Umumnya, job fair diselenggarakan dalam satu tempat yang terbagi menjadi banyak stan khusus masing-masing perusahaan. 

Para pencari kerja dapat dengan mudah menemukan stan perusahaan yang ingin mereka lamar. Secara alur, nantinya pencari kerja akan membawa berkas lamaran dan bertemu langsung dengan HRD di stan perusahaan.

Jenis-jenis job fair

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis job fair yang kerap dilakukan. Pertama disebut dengan in-person job fair dan yang kedua yaitu online job fair. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. In-person job fair

Jenis job fair ini biasanya diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau lingkungan. Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk menemukan kandidat karyawan yang tepat bagi perusahaan. Tujuan lainnya yakni untuk membantu calon lulusan mengetahui dan memahami bagaimana kondisi lingkungan kerja sesuai bidangnya pada perusahaan yang mereka inginkan.  

2. Online job fair

Sesuai dengan namanya, jenis job fair ini diadakan secara online. Berbeda dengan in-person job fair, para pencari kerja tak perlu berdesak-desakan dan mengantre untuk mendatangi stan perusahaan. Selain itu, tentunya jenis job fair ini bisa meminimalisir rasa grogi para pencari kerja. Mereka bisa lebih siap dan menempatkan diri di tempat ternyaman. Tidak hanya itu, mereka pun tidak perlu bertemu secara langsung dengan pihak HRD. 

Manfaat job fair untuk calon karyawan

Dengan adanya job fair maka calon karyawan dapat mempertimbangkan berbagai kekurangan dan kelebihan sebuah perusahaan sebelum bekerja di dalamnya. Selain itu, terdapat pula manfaat lain menghadiri job fair bagi calon karyawan yaitu: 

1. Menghemat waktu dan tenaga 

Dalam sebuah acara job fair tentunya akan ada puluhan bahkan ratusan perusahaan di satu tempat. Hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik utama bagi pencari kerja. Mereka dapat menyiapkan berkas lamaran untuk diberikan pada perusahaan yang ditargetkan. Pilihan perusahaan yang bisa dilamar sangat banyak sehingga kesempatan akan ikut meningkat.

Uniknya, terkadang pencari kerja bisa mendapat tawaran dari perusahaan tertentu. Seringkali tawaran semacam itu mungkin muncul dari perusahaan yang tidak ditargetkan pelamar sebelumnya. Penawaran yang muncul tentu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri pencari kerja. 

2. Mendapatkan respon dari perusahaan secara langsung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seringkali lamaran kerja yang dikirimkan akan direspon lama oleh perusahaan. Prosesnya pun berbelit. Pencari kerja perlu mencari dan melakukan filter lowongan kerja di internet. Setelah itu, mereka harus mengirim e-mail berupa berkas lamaran yang diminta perusahaan. Masih beruntung bila direspon, sebab tak jarang perusahaan bahkan tidak memberi respon sama sekali. 

Untuk mengatasi hal tersebut, job fair bisa menjadi jawabannya. Perusahaan akan menganalisis berkas pendaftaran secara cepat, bahkan pada saat itu juga. Selain itu, wawancara on the spot setelah melihat profil kandidat sering dilakukan. Jika kurang beruntung di satu stan, pencari kerja bisa langsung berpindah ke stan perusahan lain.

3. Mendapatkan konsultasi karir secara gratis

Acara job fair juga bisa menjadi ajang untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Pihak perusahaan kerap menerima berbagai pertanyaan dari para pencari kerja. Perusahaan pun akan dengan senang hati membagikan informasi mengenai karier sesuai bidang pencari kerja. Selain itu perusahaan juga kerap memberikan gambaran bagaimana budaya kerja yang diterapkan. Dengan begitu, pencari kerja akan mendapatkan gambaran mengenai lingkungan dan suasana kerja di perusahaan tersebut. 

Manfaat job fair bagi perusahaan

Saat job fair berlangsung, para pencari kerja mendapatkan akses dan kesempatan tanya jawab secara langsung terkait perusahaan yang akan dilamar. Dari sesi tanya jawab ini biasanya akan membuat perusahaan mendapatkan calon karyawan yang lebih tepat dari segi skill dan karakternya.

Banyak pebisnis yang belum begitu paham terkait manfaat job fair bagi perusahaan. Hal itu dikarenakan masih banyak orang hanya melihat manfaat job fair dari sisi pencari pencari kerja saja. Padahal bila ditelaah lebih dalam, manfaat yang bisa didapatkan cukup beragam. Berikut ini merupakan manfaat job fair bagi perusahaan.

1. Waktu perekrutan lebih singkat 

Penyelenggaraan job fair umumnya diadakan selama dua hari saja. Selama dua hari tersebut, tentunya pihak perusahaan akan memanfaatkan waktu secara efektif untuk menjaring kandidat yang sesuai. Selain itu, hanya dalam waktu yang singkat, pihak perusahaan akan langsung mendapatkan hasilnya. Proses rekrutmen bisa lebih efektif dengan waktu yang singkat saja. 

2. Pilihan kandidat yang banyak dan variatif 

Acara job fair kerap diadakan melalui kerjasama perusahaan dengan universitas terkemuka. Hal itu tentu sangat menguntungkan perusahaan sebab akan lebih mudah mendapatkan bibit-bibit unggul. Proses seleksi juga bisa dibuat singkat. Job fair merupakan salah satu acara yang tidak akan sepi oleh para pencari kerja. Pihak perusahaan juga akan lebih leluasa dalam memilih kandidat terbaik. 

3. Menaikkan branding perusahaan 

Job fair punya  potensi besar untuk membantu menaikkan branding perusahaan. Para pencari kerja akan mengenal perusahaan yang belum mereka ketahui sebelumnya. Dari situ, secara tidak langsung akan semakin banyak orang yang mulai mengetahui tentang perusahaan Anda. Bahkan Anda tak perlu membayar mahal biaya promosi untuk mengenalkan perusahaan Anda kepada pasar bisnis. Tidak menutup kemungkinan, bisa jadi para pencari pekerja tersebut merupakan golongan target market perusahaan Anda. 

4. Menghemat biaya promosi 

Melakukan branding secara tidak langsung melalui job fair tentu telah memangkas biaya promosi. Acara job fair tidak membutuhkan banyak dana sebab biasanya telah diurus oleh pihak penyelenggara. Perusahaan yang berpartisipasi hanya perlu menyiapkan stand dan menanti kedatangan para pencari kerja. Untuk itu, pastikan tampilan stan perusahaan Anda dibuat semenarik dan seprofesional mungkin, ya.

 

Seringkali proses rekrutmen calon pekerja tak semudah yang dibayangkan. Akan ada banyak proses yang perlu dilewati. Terkadang banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan HRD namun tetap belum mendapat karyawan yang sesuai. Dengan bantuan job fair, proses perekrutan akan berjalan lebih efektif.