9 Tips Memilih Kursus Online yang Tepat

by -42 views
Tips Memilih Kursus Online
Tips memilih kursus online yang tepat. Sumber gambar: unsplash.com

Tips memilih kursus online kini menjadi penting dan banyak dipelajari. Hal ini dikarenakan mulai maraknya penipuan berkedok kursus online. Meski demikian, bukan berarti semua kursus online merugikan. Untuk mendapat manfaat yang maksimal, berbagai tips memilih kursus online dengan benar memang perlu diperhatikan.

Pergeseran pola konsumsi telah terjadi akibat pandemi Covid-19. Pematasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan titik tolak banyaknya aktivitas yang dilakukan secara daring. Uniknya, mulai bermunculan berbagai jenis kursus online. Kebanyakan kursus tersebut disertai biaya sama halnya seperti pertemuan langsung. Bedanya adalah ruang temu yang digunakan terbantu oleh teknologi.

Beberapa alasan kursus online banyak diminati saat era pandemi di antaranya yaitu:

  • Menambah skill baru atau menguatkan skill lama
  • Mengisi waktu luang terutama karena lebih sering di rumah selama pandemi
  • Memanfaatkan program pemerintah berupa Kartu Prakerja
  • Mencari sertifikat khusus dari kursus online
  • Mengembangkan pemahaman dan pengetahuan

Meski demikian, terdapat kelebihan maupun kekurangan ketika kursus online dijalankan.

  1. Tentukan topik yang diminati

Sebelum mengikuti kursus online, tentu Anda perlu menentukan topik yang diminati. Hal tersebut akan membantu Anda ketika bingung memilih jenis kursus. Tanyakan pada diri sendiri: “apa yang sebenarnya selama ini ingin dipelajari?”. Anda juga bisa memetakan tujuan diri mengikuti kursus online. Misalnya Anda ingin meningkatkan skill saat ini agar dapat naik jabatan di perusahaan. Artinya Anda akan memilih jenis kursus yang juga sesuai dengan skill yang dimiliki.

  1. Cek materi terlebih dahulu

Setelah menentukan topik, tentu Anda lebih mudah menemukan jenis-jenis kursus yang sesuai. Nah, kebingungan selanjutnya akan muncul. Kursus yang mana yang sebaiknya dipilih jika semuanya mengusung topik yang sama? Cobalah untuk melakukan pengecekan terhadap materi ajar yang akan diberikan. Materi ajar yang runut dan fokus pada proses itu penting. Jika materinya dirasa kurang kredibel atau tidak sesuai ekspektasi Anda, carilah jenis kursus lainnya.

  1. Sesuaikan dengan jadwal

Meski tinggal di rumah seharian karena pandemi, bukan berarti Anda tidak sibuk, bukan? Melakukan kursus online memang membantu Anda dalam membuat waktu menjadi lebih efisien dan efektif. Anda tidak lagi perlu datang secara fisik ke sebuah tempat untuk bisa mengikuti kursus.

  1. Pertimbangkan harga

Salah satu hal yang sering menghalangi seseorang saat akan mengikuti sebuah kursus yaitu mahalnya harga yang ditawarkan. Kursus online pun memiliki rentang harga yang beragam. Anda dapat memilih dengan bijak dan cermat. Jika budget yang disiapkan bahkan tidak ada, Anda bisa mencoba mengikuti kursus gratis. Kini telah banyak platform yang menawarkan kursus online gratis. Akan tetapi tentunya kelas yang Anda dapat hanya sebatas untuk pemula saja. Selain itu, seringkali terdapat kursus online yang menawarkan pembayaran cicilan atau pemberian diskon tertentu.

  1. Sistem dan metode pembelajaran

Metode pembelajaran yang ditawarkan juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih kursus onine. Misalnya, kursus tersebut menggunakan metode pembelajaran berupa latihan soal setelah pemberian materi. Hal itu tentu lebih menguras waktu dan pikiran namun membuat Anda mendalami materi dengan lebih jelas. Di sisi lain sistem pembelajaran juga perlu diperhatikan. Sistem pembelajaran ini bisa sepenuhnya online atau dikombinasikan dengan offline. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu Anda.

  1. Perhatikan pembicara

Sudah pasti saat mengikuti pembelajaran secara online, Anda tentu ingin mentor yang tepat. Untuk itu, pembicara menjadi salah satu nilai tawar dari sebuah kursus online yang ditawarkan. Lakukan background check pembicara sebagi salah satu tips memilih kursus online yang tepat. Jika pembicara memang sesuai dengan substansi pembelajaran, tentu Anda tidak perlu ragu lagi.

  1. Pastikan kredibilitas penyelenggara

Selain dari pembicara, Anda juga perlu mengecek kredibilitas penyelenggara. Dalam hal ini, penyelenggara memiliki peran yang penting. Fasilitas yang tersedia perlu dipastikan sesuai dan dapat membuat Anda merasa nyaman selama kursus online berlangsung. Selain itu, penyelenggara yang kredibel akan menjamin keamanan dana yang telah Anda bayarkan. Anda perlu berhati-hati sebab kini mulai marak terjadi penipuan berkedok kursus online. Hal itu dapat terjadi sebab banyak orang kurang memperhatikan kredibilitas penyelenggara.

  1. Kemudahan akses

Akses yang mudah menjadi salah satu nilai tambah saat mengikuti sebuah kursus online. Akses ini biasanya berkaitan dengan customer service. Tentunya Anda akan merasa senang dan puas saat pertanyaan Anda dijawab dengan sigap dan cepat oleh pihak penyelenggara. Selain itu, akses berupa informasi lengkap juga semestinya mudah didapatkan tanpa perlu meminta. Dari segi pembayaran, jika penyelenggara memberikan banyak pilihan pembayaran maka akan lebih memudahkan. Selain itu, pastikan terdapat bukti bayar atau bukti pendaftaran sehingga saat akan mengikuti kursus tidak lagi terdapat masalah dalam hal registrasi.

  1. Ketersediaan sertifikat

Tips memilih kursus online yang terakhir yaitu memperhatikan ketersediaan sertifikat. Tidak semua orang menginginkan sertifikat ketika mengikuti kursus. Akan tetapi, ketersediaan sertifikat ini menunjukkan bahwa penyelenggara telah mempersiapkan kursus dengan sebaik mungkin. Selain itu, sertifikat dari kursus dapat dimanfaatkan dalam portofolio, lho!

 

Jika Anda sedang bingung mencari kursus online yang tepat, Digital Marketing 101 The Basic of Copywriting bisa dicoba. Menariknya, kelas ini akan diisi oleh Vicky Amin yang merupakan Senior Copywiter di Lazada. Bagi Anda yang ingin meningkatkan skill copywriting, tentu kelas ini sayang untuk dilewatkan. Kelas The Basic of Copywriting akan berlangsung tanggal 24-25 April 2021 secara online. Harganya pun sangat terjangkau, hanya 197ribu rupiah. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda dan jangan sampai kehabisan kursi, ya!