Kiat Memulai Usaha Dari Rumah

Saat ini Anda sedang melakukan satu hal yang benar. Membaca salah salah satu artikel terbaik dari kami Bisnishack.com. Jika Anda ingin hidup yang lebih produktif tanpa harus bersusah payah keluar dari rumah, Anda sebaiknya membaca dan mempertimbangkan paragraf – paragraf di bawah ini. 
a. Bekerja dari rumah sendiri;
b. Tidak ada tekanan dari atasan;
c. Tidak harus terkena macet, hujan, dan panas saat bekerja;
d. Bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga;
e. Memakai pakaian santai, celana pendek, dan kaos oblong.
f. Tidak ada perselisihan dengan teman kantor;

Jika Anda setuju dengan gagasan yang kami sampaikan ini, dan Anda juga mempunyai modal yang cukup serta diikuti dengan disiplin yang tinggi. Anda sangat mungkin memulai bisnis dari dalam rumah sendiri. Mungkin Anda sudah berfikir sejak lama tentang hal ini. Bertahun-tahun ada dalam kepala Anda tapi belum sempat untuk mewujudkannya. Ketika Anda semakin hari menemui banyak masalah, dimana ekonomi selalu naik turun dan mungkin Anda dipecat dari pekerjaan sebelumnya. Ini akan menjadi jalan yang bagus untuk Anda segera mulai membangun kerajaan bisnis yang sudah diidamkan. Tips berikut ini akan membantu Anda dalam mewujudkan semua mimpi-mimpi yang sudah dituliskan.
1. Menyusun Rencana Bisnis yang Tepat

Setiap hal yang ingin Anda lakukan pasti akan selalu direncanakan dengan matang. Maka dari itu, untuk membangun bisnis yang hebat maka harus dibuat perencanaan yang baik. Anda harus melakukan pengamatan tentang produk yang akan dijual. Berupa barang atau jasa? Hal ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan Anda. Hal terbaik adalah Anda harus fokus terhadap satu produk terlebih dahulu.
Pengamatan yang Anda lakukan haruslah meluas hingga ke pasar. Pastikan bahwa di pasar produk yang Anda jual memang sangat dibutuhkan akan tetapi memiliki stok yang terbatas. Karena dengan stok yang terbatas maka banyak konsumen yang mebutuhkan otomatis permintaan akan melambung dan itu menguntungkan Anda. Jika stok barang di pasar sangat banyak maka urungkanlah niat untuk menjual barang yang sama.
2. Apakah Anda Mampu Bekerja Sendirian?

Hal kedua yang perlu ditanyakan kepada diri Anda adalah mampukah diri Anda bekerja seorang diri? Karena ini berhubungan langsung dengan kemampuan individu Anda dalam menghendel semua bisnis. Jika mampu, maka Anda akan menjadi seorang pemilik tunggal dan berhak atas semua yang Anda hasilkan. Akan tetapi, ketika Anda bekerja sendiri akan memiliki resiko yang cukup berat. Contoh mudahnya adalah, ketika pesanan akan barang Anda sangat banyak dan dalam waktu tetentu harus segera selesai dan Anda tidak dapat menyelesaikan itu semua. Pada akhirnya Anda harus besiap -siap menerima protes ketidakpuasan dari pelanggan Anda.
3. Apakah Anda Membutuhkan Karyawan?

Jika bisnis Anda mengharuskan untuk merekrut karyawan, maka bersiaplah menghadapi jalan yang lebih sulit. Anda harus mencari informasi tentang izin mendirikan usaha, dan membuat lisensi agar produk tersebut terlindungi dari pembajakan. Jika produk Anda berupa makanan, maka pergilah ke laboratorium untuk menguji kelayakan makanan agar mendapatkan ijin depkes terlebih dahulu sebelum produk tersebut beredar luas.
Jika Anda memperkerjakan karyawan tentunya akan bertambah tanggung jawab yang Anda pegang. Anda harus memikirkan gaji karyawan Anda dan membuat karyawan tersebut merasa nyaman.
4. Memastikan Hal Apa Saja yang Dibutuhkan

Jika rencana bisnis sudah Anda tentukan dengan baik, maka buatlah daftar barang apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran bisnis yang hendak dijalankan. Misalnya, bisnis laundry otomatis membutuhkan mesin cuci, deterjen, setrika, dan tempat khusus untuk menata cucian kering. Persiapan ini adalah hal yang sangat vital, karena jika tidak dilakukan maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Jadi, sebelum memulai bisnis, Anda harus mempersiapkan barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.
5. Tabungan untuk Pensiun

Sebuah usaha tentunya bukan direncanakan dan dibuat untuk waktu yang pendek saja. Dalam membuat usaha pastinya Anda memikirkan hari tua Anda. Maka dari itu, dalam sebuah usaha menyisihkan sebagian penghasilan akan sangat berguna untuk hari tua Anda. Sebaiknya hal ini sudah direncanakan sebelum memulai usaha. Orang yang pandai mengatur keuangan seperti ini akan adalah calon-  calon pebisnis sukses dimasa depan. Pada akhirnya bisnis yang Anda bangun dapat dijadikan sebagai warisan untuk anak cucu Anda.
6. Menyiapkan Tempat Kerja Khusus

Dalam memulai bisnis dari rumah, sebaiknya mulailah mengatur ruang kerja Anda. Buatlah sebuah ruangan tersendiri dan terpisah dari ruangan keluarga yang lain. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk fokus terhadap bisnis yang dilakukan. Ruang kerja yang tercampur dengan ruangan keluarga akan menyulitkan Anda dalam menyimpan dan mengatur arsip-arsip bisnis. Tentunya memiliki ruang kerja yang nyaman dan kondusif akan menunjang kelancaran bisnis dan terkesan lebih professional.
7. Pikirkan Mengenai Keberadaan Anak-Anak Anda

Suatu saat seorang anak pasti akan embuat orang tua merasa terganggu dengan kenakalannya. Tentunya hal ini tidak diinginkan ketika Anda sedang sibuk berbisnis. Jika tiba-tiba anak-anak Anda datang dan mengacaukan semuanya, apa yang akan terjadi? Masalah ini dapat diatasi dengan membuat ruang bermain sendiri untuk anak Anda. Membuat anak-anak Anda jauh dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk melancarkan bisnis yang sedang berjalan.
8. Pasanglah Telepon Khusus untuk Usaha

Memasang telepon yang dikhususkan untuk usaha yang sedang berjalan akan membuat Anda tampak lebih professional. Jadi Anda akan terbebas dari gangguan suara anak-anak, suara televisi, atau sauara bising yang lain. Pilihlah mensin penjawab telepon yang berkulaitas, karena ini akan sangat mempengaruhi pemikiran dari seorang pelanggan.
9. Perlihatkan Bahwa Anda Adalah Seorang Profesional

Jadilah seorang pengusaha yang professional. Kalimat ini sering sekali diucapkan orang lain kepada seseorang yang hendak memulai usaha. Solusi yang kami tawarkan untuk menjadi seorang professional adalah membuat manajemen yang baik. Hal yang akan membuat tampak lebih professional adalah ketika Anda membuat web atau blog dan memasarkan barang Anda melalui internet. Tentunya pelanggan akan merasa yakin dengan usaha Anda. Hal lain yang bisa membuat Anda tampak lebih professional dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, ramah, cepat tanggap, barang Anda mempunyai label dan ijin, serta selalu menjaga kualitas barang atau jasa. Akhirnya Anda akan menjadi orang yang benar-benar sukses.
10. Asuransikan Bisnis Anda

Resiko buruk dalam dunia usaha adalah bangkrut. Jika seorang pengusaha menemui hal ini pasti akan membuat mereka menjadi stres dan patah semangat. Untuk menanggualangi hal itu terjadi, maka setelah bisnis Anda berjalan buatlah asuransi untuk usaha dan keluarga Anda. Semua ini harus Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *