Inilah Kebiasaan Seorang Entrepreneur yang Sukses

Apakah Anda merasa diri Anda adalah seorang entrepreneur? Apa yang membuat Anda berfikir seperti itu? Apakah karena Anda sudah memiliki bisnis Anda sendiri? Atau karena Anda sudah memiliki karyawan sendiri?
Banyak orang berfikir diri mereka adalah seorang entrepreneur. Hal itu bisa jadi benar, bisa jadi tidak. Secara umum orang di dunia dibagi ke dalam 3 jenis. Orang yang mengamati apa yang sedang terjadi, orang yang kagum dengan yang sedang terjadi dan orang yang make things happen.
Benar, entrepreneur masuk ke dalam katagori ke tiga. Mereka mewujudkan sesuatu menjadi kenyataan. Mereka memiliki energi dan semangat yang sangat tinggi untuk mewujudkan sesuatu.
Bagi mereka kata “tidak mungkin” itu tidak ada. Mereka selalu mencari jalan keluar untuk masalah yang dihadapi. Mereka selalu fokus mencari solusi dibandingkan membicarakan masalahnya.
Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi entrepreneur yang sukses. Lihat apa yang ritual yang dilakukan oleh entrepreneur-entrepreneur sukses. Berikut beberapa di antaranya :
1. Punya visi yang jelas
Entrepreneur-entrepreneur super sukses pasti memiliki visi yang sangat jelas dan rinci. Mereka benar-benar tahu apa yang mereka inginkan. Mereka tahu dengan detail apa tujuan bisnis mereka dan kapan itu harus tercapai.
Selain itu, mereka selalu mengkomunikasikan visi tersebut kepada semua orang di sekitar mereka. Mereka langsung tertantang untuk mewujudkan cita-cita mereka karena mereka sudah mengumbarnya ke banyak orang.
Setelah itu mereka akan mencari cara bagaimana cara terbaik dan tercepat untuk mewujudkan visi tersebut. Sudahkah Anda memiliki visi yang jelas?
2. Kalahkan Rasa Takut
Apakah Anda mengira entrepreneur tidak memiliki rasa takut? Itu salah besar, entrepreneur juga memiliki rasa takut. Tapi mereka berhasil mengalahkan rasa takut tersebut. Mereka menaklukannya dengan visi mereka yang lebih besar daripada ketakutan itu sendiri.
Misalnya mereka takut tidak bisa membayar gaji karyawan. Ketakutan itu mereka lawan dengan semangat untuk membayar gaji karyawan tepat waktu. Rubah rasa takut Anda menjadi energi positif. Itu akan menjadi dorongan kuat bagi Anda untuk terus bersemangat.
3. Action, evaluasi, action lagi
Hal paling penting yang menjadi ritual entrepreneur sukses adalah action. Mereka selalu bergerak untuk melakukan tindakan-tindakan nyata. 
Entrepreneur tidak suka dengan diskusi panjang dan wacana-wacana yang menyita pikiran. Mereka selalu termotivasi untuk bertindak dan melihat hasilnya.
Ada satu hal yang membedakan antara entrepreneur yang sukses dan tidak. Entrepreneur sukses selalu mencoba melihat apa yang sudah mereka lakukan. Mereka melakukan evaluasi atas tindakan mereka.
Kemudian mereka akan melakukannya lagi dengan cara yang berbeda. Mereka fokus terhadap progress untuk menjadi lebih baik.
4. Disiplin tingkat tinggi
Walaupun entrepreneur terlihat seperti orang yang cuek. Sebenernya mereka adalah orang-orang yang sangat disiplin. Mereka disiplin untuk belajar terus menerus. Mereka memperbaiki diri tanpa henti.
Hal ini wajib mereka lakukan. Karena mereka adalah panutan dalam usaha yang mereka jalankan. Tiap orang dalam perusahaan melihatnya sebagai seorang pemimpin.
Mereka juga memiliki disiplin tingkat tinggi dalam mengkomunikasikan maksud yang mereka inginkan. Mereka juga sering melihat dan terjun langsung ke pekerjaan-pekerjaan yang mereka pikir mereka dapat melakukannya dengan lebih baik dibandingkan orang lain.
Mereka juga melakukan ritual-ritual harian secara rutin. Ada entrepreneur yang selalu bangun pagi sebelum matahari terbit. Ada yang selalu olahraga setiap sore. Ada yang selalu membaca buku tiap malam walau hanya beberapa halaman. Dan masih banyak lagi.
Ritual yang berhubungan dengan perbaikan diri selalu mereka lakukan.
5.Tidak pernah menyerah
Orang-orang ini juga tidak pernah menyerah. Dengan banyaknya tantangan dan masalah yang ada, mudah sekali bagi orang biasa untuk menyerah dan kalah. Bagi mereka, jika mereka gagal, mereka akan bangkit lagi, berjuang dan membuktikan bahwa mereka bisa.
Untuk hal-hal yang benar-benar penting mereka akan memperjuangkannya dengan sangat keras. Mereka tidak akan berhenti sebelum hal itu tercapai. 
Jika menghadapi halangan. Mereka akan selalu mencari cara lain untuk mewujudkan tujuan tersebut. Mereka senang melakukan suatu hal dengan cara-cara baru yang lebih efektif dan menyenangkan.
Tapi jika hal itu tidak cukup penting, mereka cenderung akan mengganti tujuannya atau mendelegasikan pekerjaan tersebut. Mereka akan beralih mengerjakan hal-hal baru yang lebih menantang.
6. Networking
Tidak bisa dipungkiri lagi. Networking adalah salah satu kemampuan terhebat para entrepreneur. Mereka dengan mudah bisa berteman dengan siapa saja. Mereka terlihat nyaman bergaul dengan orang-orang baru.
Dan seperti kita ketahui, networking atau menjalin relasi adalah hal yang sangat penting. Banyak hal hebat yang bisa kita kerjakan jika kita bekerja bersama. Kolaborasi antara satu orang dengan lainnya, satu kelebihan dengan kelebihan lainnya membuat semuanya menjadi lebih mudah.
Entrepreneur pintar dalam melihat peluang ini. Mereka menjadikan jalinan relasi mereka sebagai aset yang sangat berharga.
Mereka bergabung dengan berbagai komunitas dan organisasi besar. Ikut organisasi besar berarti bertemu orang-orang besar. Mereka senang bergaul dengan orang-orang yang memiliki visi besar dan pandangan luas.
Kadang-kadang diskusi kecil yang mereka lakukan dapat merubah sejarah dunia. Seperti saat Bill Gates dan Warren Buffet bertemu. Warren Buffet sepakat untuk menyumbangkan hampir semua hartanya ke yayasan Bill and Melinda Gates.
Sumbangan ratusan triliun itu tentu sangat berguna bagi banyak orang.

7. Berbagi dengan orang
Entrepreneur sukses suka berbagi. Tidak hanya berbagi uang untuk sesama tapi juga ilmu.
Mereka senang berbagi apapun. Mereka senang melihat orang lain sukses. Mereka senang membantu orang.
Dengan berbagi, mereka merasa lebih tenang, nyaman dan bahagia. Mereka berfikir apa yang mereka dapatkan adalah dari sebuah proses panjang. Proses itu tentu melibatkan bantuan banyak orang.
Mereka ingin mendedikasikan dirinya untuk membantu lebih banyak orang. Bisa melalui produk yang mereka buat, bantuan-bantuan amal yang mereka berikan, sampai ilmu-ilmu yang dengan senang hati mereka bagikan.
Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh entrepreneur sukses. Jika kita mulai mengikuti ritual-ritual di atas. Kemungkinan kita untuk menjadi entrepreneur sukses akan terus meningkat.
Lakukanlah ritual-ritual tersebut dan rasakan hasilnya. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *