Inilah Deretan Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

by -110 views
Usaha Yang Jarang Tapi DIbutuhkan
Usaha Yang Jarang Tapi DIbutuhkan. Sumber gambar: unsplash.com

Meski masa pandemi telah berlangsung kurang lebih setahun lamanya, dampaknya masih sangat terasa. Banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan sebab berbagai perusahaan belum sanggup bangkit dari keterpurukan. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut yaitu membuka usaha sendiri. Akan tetapi, membuka usaha pada masa pandemi seperti sekarang juga tidak mudah. Jika tertarik melakukannya, Anda bisa membuka usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Usaha tersebut tentunya sangat beragam, mulai dari usaha yang menawarkan produk ataupun jasa. Hanya saja, jika Anda baru pertama kali mencoba berbisnis, usahakan membuka usaha yang ilmunya sudah Anda kuasai terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kerugian juga, lho! Berikut ini merupakan 6 usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan bisa Anda coba eksekusi. 

1. Usaha makanan sehat

Salah satu usaha yang tidak pernah mati yaitu usaha makanan. Hanya saja, usaha makanan memiliki tantangan yang besar sebab sudah banyak yang menjalankannya. Jika tertarik untuk memulai usaha serupa, Anda bisa memilih untuk membuka usaha makanan sehat atau organik. Penggemar makanan sehat diproyeksikan akan meningkat dari tahun ke tahun.

Hal tersebut tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, terlebih lagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak orang lebih memperhatikan apa yang dikonsumsi sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh. Usaha makanan sehat juga memiliki pangsa pasar yang luas, mulai dari anak muda hingga orang tua. 

Selain itu, menjalankan usaha makanan sehat juga cenderung mudah karena tidak perlu membuka restoran atau tempat makan secara fisik. Anda bisa membuka usaha ini di rumah dan bekerja sama dengan jasa antar makanan online. Hal ini tentu dapat menekan biaya operasional. Anda juga tidak perlu menyewa ruko sebagai tempat usaha. 

2. Usaha salon syar’i

Salon memang mudah untuk ditemukan sebab jenis usaha ini cukup menjamur. Akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama, target pasar dari salon pun banyak dan beragam. Oleh karena itu, meskipun mudah ditemukan, bisnis salon akan tetap bertahan lama. Jika Anda ingin membuka usaha yang jarang tapi dibutuhkan, bukalah salon dengan konsep yang berbeda. Salah satu yang bisa Anda coba yaitu dengan membuka usaha salon syar’i.

Salon syar’i kini banyak dicari sebab banyak wanita yang lebih memperhatikan dan merawat kecantikannya. Jika dahulu salon hanya didatangi oleh wanita yang gemar bersolek, kini hampir semua wanita melakukannya, termasuk wanita yang berhijab. Usaha salon syar’i pun lebih menghargai privacy pelanggannya sehingga usaha ini termasuk yang menjanjikan untuk dijalankan.

3. Usaha print tiga dimensi (print 3D)  

Usaha print dua dimensi (print 2D) sudah banyak ditemui di pasaran. Jika Anda menyukai usaha print, cobalah untuk menjalankan usaha print 3D. Usaha ini jarang ditemui padahal sudah banyak peminatnya. Kelemahan usaha ini adalah Anda membutuhkan modal yang besar. Alat yang digunakan untuk print 3D sendiri cukup mahal dan ukurannya besar sehingga Anda membutuhkan tempat yang luas. 

Print 3D sendiri memiliki banyak kegunaan. Beberapa kegunaan print 3D di antaranya yaitu untuk membuat prototype bangunan, dekorasi rumahan, mesin otomotif, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, canggihnya mesin print 3D membuat Anda bisa bekerja sama dengan banyak klien. Mengapa demikian? Mesin print 3D dapat membuat produk yang disesuaikan dengan permintaan klien(customized). Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan tentu layak meskipun modal yang dibutuhkan besar.

4. Usaha agrobisnis modern

Masa pandemi seperti sekarang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk hidup sehat. Salah satu cara hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi sayuran organik. Sayangnya, harga sayuran organik di supermarket biasanya dibandrol dengan harga yang selangit. Hal itu merupakan peluang bagi Anda untuk membuka usaha agrobisnis. 

Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa lahan yang luas atau tanah yang subur. Gunakan cara menanam hidroponik. Cara ini selain mudah dan murah, juga menarik banyak pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa membuka wisata agrobisnis modern. Wisata ini menawarkan pada pelanggan untuk bisa mendatangi usaha Anda dan memetik sendiri hasil kebun tersebut.

Ide tersebut cukup menarik untuk dijalankan. Pelanggan bisa menikmati sehatnya sayuran organik sekaligus mendapatkan pengalaman saat memetiknya secara langsung. Tidak hanya berhenti di situ, Anda juga bisa bekerjasama dengan delivery online. Pelanggan yang tidak ingin keluar rumah bisa tetap menikmati hasil kebun Anda dengan mudah.

5. Usaha laundry tas atau sepatu high-end 

Hampir di setiap pinggir jalan atau dekat perumahan pasti ditemukan usaha laundry. Menjamurnya usaha ini membuktikan bahwa tingginya pangsa pasar dari usaha laundry. Hanya saja kebanyakan usaha laundry tersebut hanya menerima pencucian pakaian saja. Jenis usaha laundry yang secara spesifik untuuk barang high-end seperti tas atau sepatu masih sangat jarang ditemui. 

Sepatu atau tas high-end tentunya tidak boleh sembarangan dicuci. Terdapat cara khusus untuk mencuci barang-barang jenis tersebut dan tidak semua orang bisa melakukannya. Oleh karena itu, laundry khusus tas atau sepatu high-end akan sangat membantu. Dengan proses pencucian yang tepat maka barang high-end tersebut bisa awet dan tidak berkurang nilainya.

Jika Anda penyuka barang high-end, mencoba usaha laundry tas atau sepatu high-end tentu tidak ada salahnya. Pada awalnya, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari teman dekat yang memiliki hobi yang sama. Akan tetapi, karena ini adalah usaha khusus barang high-end, tentu kehati-hatian adalah hal yang utama. Dengan begitu, Anda juga perlu pengetahuan yang mumpuni tentang bagaimana merawat dan mencuci barang high-end.

6. Usaha penyewa peralatan bagi YouTuber 

Salah satu pekerjaan yang sedang digandrungi banyak orang adalah menjadi YouTuber, yaitu orang membuat konten di YouTube. Pasalnya, menjadi YouTuber cenderung dianggap ‘mudah’ dijalankan meski dengan alat minim sekalipun. Hal yang dianggap penting agar menjadi YouTuber sukses adalah konsistensi serta isi konten yang bermutu.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa kini banyak orang yang lebih memilih untuk menonton YouTube dengan gambar jernih atau suara jelas. Hal tersebut tentu menjadi hambatan untuk YouTuber pemula. Peralatan yang dibutuhkan untuk mendapatkan gambar jernih sekaligus suara jelas tentunya tidak murah. Anda bisa menjadikan hal itu menjadi celah untuk membuat usaha yang jarang tapi dibutuhkan berupa penyewaan peralatan bagi YouTuber.

Berbagai contoh peralatan yang bisa disewakan tersebut berupa kamera, mic, drone, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencoba menjalankan bisnis ini dengan modal yang minim terlebih dahulu. Sewakan satu atau dua peralatan utama saja. Jika sudah berjalan sesuai target, Anda bisa melengkapi lebih banyak unit sehingga keuntungan yang didapatkan pun semakin besar.