Modal Usaha Sablon Digital, Apa Saja?

by -33 views
Modal Usaha Sablon Digital
Modal Usaha Sablon Digital. Sumber gambar: freepik.com

Modal usaha sablon digital terbilang relatif murah dibandingkan dengan usaha lainnya. Bisnis ini juga mulai dilirik para pelaku usaha. Bagaimana tidak, permintaan custom pada produk fashion semakin meningkat. Berbagai barang dari kaos, topi, hingga jaket banyak diminati oleh pasar. Selain itu, pasar sablon digital kebanyakan datang dari Gen Z. Generasi ini mayoritas unik dan menginginkan orisinalitas sehingga menjadi stand out penting sebagai wujud aktualisasi diri.

Sablon digital sendiri cenderung tidak membutuhkan proses berhari-hari sebab sistem pembuatannya termasuk efisien dan efektif. Bagi para pelaku bisnis, menekuni sablon digital tak membutuhkan skill khusus. Berbeda dengan sablon manual,  dalam praktiknya, sablon digital mudah diaplikasikan.

Dari segi peluang bisnis sablon digital, prospek yang dimiliki sangatlah baik. Adanya perkembangan dan kemajuan teknologi komputer nyatanya membawa nafas segar sehingga berbagai desain menarik terus bermunculan. Selain itu, peluang bisnis ini juga dianggap dekat dengan masyarakat karena pasarnya luas dan banyak yang membutuhkan. Hal ini tentunya semakin meningkatkan peluang usaha sablon digital.

Pertanyaan utamanya yaitu berapakah modal usaha sablon digital yang terbilang murah tadi? Apakah bagi para pelaku bisnis pemula memiliki peluang untuk menjalankan bisnis ini? Sebelum terlalu jauh membahas hal tersebut, Anda perlu memahami terlebih dahulu berbagai perlengkapan yang harus dipunyai sebelum membuka usaha sablon digital.

1. Mesin cutting sticker

Mesin cutting sticker juga dikenal dengan nama cutting plotter, alat potong sticker, vinyl cutter, dan lainnya. Alat ini digunakan untuk membuat atau memotong bahan menjadi suatu bentuk yang Anda inginkan. Bentuk ini didapatkan dari bantuan goresan pisau cutting sticker. Untuk mengoperasikan mesin ini, Anda akan dibantu oleh bantuan kontrol dan kerja komputer sebagai konektifitasnya.

Mesin ini difungsikan untuk memotong berbagai jenis bahan seperti polyflex, cutting sticker, sticker biasa, vinyl, stensil, polyflock, dan lain-lain. Cara pemakaiannya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan bahan yang akan digunakan untuk produk Anda, kemudian atur dan sesuaikan dengan gambar dari file yang sudah ditentukan. Nantinya, mesin cutting akan membuat pola potong secara otomatis sesuai pengaturan yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

2. Mesin press kaos

Alat satu ini menjadi salah satu peralatan penting yang harus Anda siapkan. Alasannya karena proses press merupakan tahap penentu hasil akhir produk yang Anda produksi. Mesin press kaos ini pada dasarnya merupakan mesin dengan elemen pemanas yang dilengkapi pengaturan suhu serta waktu secara digital. Fitur tadi digunakan untuk curing dan finishing dalam pembuatan sablon.

Fungsi dari mesin press kaos sangatlah banyak seperti bisa merapikan bagian yang kusut sebelum memasuki tahap pre-treatment. Selain itu, mesin ini juga berfungsi sebagai finishing setelah dilakukan pemberian cairan epoxy untuk merekatkan tinta tekstil pada kaos supaya tahan lama. Fungsi penting lainnya adalah membuat tinta tekstil yang telah disablon lebih kuat dan tahan lama. Dengan begitu, saat kaos atau produk Anda dicuci maka tidak akan mudah luntur dan pudar.

3. Transfer paper

Pada sablon digital, keberadaan transfer paper sangatlah diperlukan. Terlebih lagi bila Anda mencetak kain menggunakan metode sublim. Kata lainnya, alat ini berfungsi sebagai perantara antara gambar ke kain. Jadi, desain yang sudah Anda siapkan akan dicetak dari mesin digital printing ke transfer paper. Perlengkapan ini biasanya dimanfaatkan untuk mencetak gambar, desain, atau logo yang sebelumnya telah dicetak dengan printer kemudian kertas di-press ke media kaos menggunakan mesin press kaos. Saat Anda menggunakan transfer paper, Anda akan mampu memindai coretan ke dalam komputer. Dari situlah desain dari hasil coretan tersebut bisa dicetak pada kemeja, tas, kaos, hingga celemek.

4. Pisau mesin cutting

Peralatan satu ini adalah alat pelengkap sebuah mesin produksi yang wajib dimiliki oleh Anda apabila Anda akan membuat usaha stiker. Keberadaan pisau mesin cuting memiliki peran yang sangat penting khususnya dalam dunia sablon digital polyflex. Mengapa begiut? Hal ini dikarenakan hasil dari pemotongan cutting adalah ‘peran’ si pisau cutting.

Pada umumnya, pisau mesin cutting dibagi menjadi tiga jenis meliputi sudut 30 derajat, 45 derajat, dan 60 derajat. Masing-masing dari pisau tersebut tentunya memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Bila bahan yang akan Anda cutting terbilang tipis dan tak butuh banyak tekanan, maka gunakann mata pisau sudut 30 derajat atau 45 derajat. Sedangkan bila bahan yang akan Anda cutting cukup tebal dan butuh tekanan yang cukup kuat, maka gunakan mata pisau sudut 60 derajat.

5. Polyflex Remover

Peralatan sablon ini memiliki fungsi penting. Bentuk polyflex remover berupa cairan spray yang bisa difungsikan untuk melepas bahan polyflex yang sudah menempel pada media garmen. Misalnya, Anda sudah terlanjut menempelkan polyflex pada media kaos maupun topi. Nah, untuk melepasnya, Anda bisa menggunakan polyflex remover. Anda tak perlu repot bila suatu saat terjadi kesalahan penempelan.

6. Masking tape

Masking tape atau pita perekat adalah sebuah pelindung yang dimanfaatkan untuk menyegel dan mendempul lukisan. Peralatan ini berbentuk sticker transparan yang juga berfungsi dalam pemindahan bahan polyflex printable. Masking tape juga mampu digunakan untuk menggabungkan sticker atau vinyl. Perannya di sini adalah untuk membantu proses penempelan sticker.

Masking tape ini memiliki kemampuan tahan panas hingga 200 derajat celcius. Kerennya lagi, alat ini juga bisa digunakan berkali-kali. Sedangkan untuk penggunaannya, masking tape yang cocok untuk Anda tergantung pada kondisi material lapisan dan bentuk objek yang akan ditempelkan.

Pengelolaan bisnis sablon digital tidaklah rumit. Risiko yang didapat juga sangat rendah. Bahkan keuntungan yang dihasilkan pun cukup menggiurkan. Keuntungannya mencapai 10% hingga 50% dari biaya keseluruhan. Keuntungan bisa berlipat terutama bila momennya sedang tepat, yakni saat musim pemilu, pilkada, dan penyelenggaraan event olahraga.

Nah, setelah mengetahui dasar-dasar yang harus dilengkapi, kira-kira berapa modal usaha sablon digital yang perlu disiapkan?

Analisis usaha sablon digital

Berdasarkan riset dari berbagai sumber, ada beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan. Modal awal yang harus Anda siapkan tergantung dari merek dan berapa banyak peralatan yang dibutuhkan. Perhitungan di bawah ini merupakan analisis umum untuk pelaku usaha sablon digital yang masih di level pemula.

  • Satu unit komputer (kelas standar) kisaran harga Rp3.000.000,-
  • Satu unit DTG A3 Super kisara harga RP19.000.000,-
  • Satu unit mesin press kaos kisaran harga Rp2.500.000,-
  • Stok kaos polos kisaran harga RP2.500.000-Rp5.000.000,-

Mengacu pada perhitungan mentah di atas, paling tidak modal usaha sablon digital yang perlu Anda siapkan mencapai Rp30.000.000,-. Angka ini bisa saja kurang, tergantung kualitas peralatan seperti apa yang ingin Anda cari. Bila Anda ingin menekan biaya lebih murah lagi, pilihan untuk membeli peralatan second bisa menjadi alternatif.

Selamat mengambil peluang di bisnis sablon, semoga bermanfaat!