Mulai Bisnis Saat Pandemi, Langkah Tepat?

by -17 views
Bisnis saat pandemi
Bisnis saat pandemi sulit bertahan. Sumber gambar: shutterstock.com

Bisnis saat pandemi tentu tidak mudah. Saat akan memulai sebuah bisnis, tentu banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah kondisi global secara umum.

Saat ini, dunia tengah berjuang melawan pandemi virus Covid-19 yang penularannya sangat mudah dan cepat serta membahayakan nyawa manusia. Pandemi membuat berbagai akitivitas sosial terhambat, bahkan sempat berhenti sama sekali.

Pertemuan langsung terpaksa ditiadakan. Perkumpulan dengan jumlah besar pun harus ditunda bahkan hingga setahun belakangan. Substitusi berbagai kegiatan yang membutuhkan pertemuan secara fisik adalah media daring menggunakan bantuan internet.

Hampir semua sektor industri, sekolah, serta kantor pemerintahan melakukan Work From Home (WFH) guna menghindari penyebaran virus. Pemerintah juga memberi anjuran untuk tetap di rumah selama pandemi berlangsung.

Hal itu memicu kemunculan kebutuhan baru yang sebelumnya tidak diantisipasi. Kebutuhan tersebut merupakan peluang bagi Anda yang akan memulai bisnis baru. Kondisi pandemi merupakan faktor yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis, bukan?

Oleh karena itu, sebelum mulai pastikan bahwa model bisnis Anda telah siap diterapkan dalam situasi pandemi dan mampu bertahan menghadapi tantangan yang mungkin hadir setelahnya.

Tips memulai bisnis saat pandemi

Meski peluang bisnis nampak jelas saat pandemi berlangsung, memulainya tetap butuh perhitungan yang tepat. Situasi unik bisa menjebak sebab memudahkan di satu sisi sekaligus menyulitkan di sisi lain. Berikut ini merupakan beberapa tips memulai bisnis saat pandemi yang bisa Anda coba.

  1. Pikirkan apa yang dibutuhkan saat ini

Situasi unik butuh ide unik pula. Masa pandemi membuat banyak orang merasa takut memulai bisnis sebab dianggap lebih berisiko. Oleh karena itu, cobalah untuk memikirkan terlebih dulu tentang apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini? Di era Covid-19, kebutuhan yang paling mendesak dan tiba-tiba muncul seperti apa?

Dengan melakukan analisis kebutuhan pasar yang tepat maka model bisnis yang Anda siapkan akan lebih sesuai. Selain itu, menyesuaikan bisnis baru dengan kebutuhan pasar di kondisi tertentu dapat menekan risiko kerugian.

  1. Bangun strategi digital marketing

Meski menujukkan peluang, masa pandemi tetap tergolong sebagai kondisi yang tidak pasti. Untuk membantu kelancaran bisnis maka perlu strategi marketing digital. Kunci membangun loyalitas pelanggan di masa pandemi yaitu dengan komunikasi yang trasnparan serta menjunjung kejujuran terhadap produk Anda.

  1. Terhubung dengan pelanggan di media sosial

Era kini, bisnis sudah tidak dapat lepas dari peran media sosial. Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari membagikan update bisnis di media sosial. Melaui media sosial, Anda perlu berinteraksi langsung dan secara jujur.

Selain itu, pastikan pelanggan nyaman dan senang dengan produk Anda sehingga mereka mau membagikan pengalaman tersebut. Hal itu akan menjadi media promosi mudah dan hemat biaya namun sangat efektif.

  1. Ciptakan strategi bisnis jangka panjang yang tahan resesi

Membangun bisnis baik ketika era pandemi ataupun tidak membutuhkan strategi yang tepat agar bisa tetap berkelanjutan. Untuk menciptakan hal tersebut, Anda perlu strategi bisnis jangka panjang yang tahan resesi. Saat melihat peluang dalam keadaan tertentu, biasanya seseorang hanya terlalu fokus pada strategi jangka pendek saja sehingga bisnis tersebut tidak tahan resesi.

  1. Pastikan tetap adaptif dan optimis

Adaptasi merupakan kunci bertahan terutama dalam bisnis. Bahkan bisnis dengan rancangan rencana yang baik hanya akan sukses jika mampu beradaptasi saat menghadapi perubahan situasi yang ekstrim.

Selain itu, untuk memulai bisnis di era pandemi maka Anda butuh sikap optimis dan percaya diri. Hilangkan rasa takut sebab bisnis Anda akan baik-baik saja jika memang segala perhitungan telah dilakukan dengan matang di awal.

Jenis peluang bisnis saat pandemi

Bagi Anda yang akan memulai bisnis pada era pandemi, pahami terlebih dulu bahwa terdapat jenis bisnis tertentu yang cocok dijalankan sesuai dengan kondisi yang ada. Hal tersebut termasuk pula pada situasi pandemi saat ini. Beberapa jenis bisnis dianggap mempunyai permintaan pasar yang tinggi dan stabil terutama saat pandemi. Berikut beberapa jenis bisnis yang berpeluang baik saat pandemi.

  1. Bidang logistik

Peningkatan penjualan secara daring sangatlah signifikan selama masa pandemi berlangsung. Pembatasan pertemuan di ruang publik membuat banyak orang serasa tidak punya pilihan selain belanja daring demi keamanan diri. Selain itu, alasan lainnya adalah rasa bosan yang muncul karena terus berada di dalam rumah sehingga memicu keinginan belanja daring yang impulsif.

Mengacu dari hal tersebut, bisnis di bidang logistik menjadi salah satu jenis yang patut di lirik. Selain tepat secara momentum, bisnis bidang ini pun memiliki nilai ketahanan jangka panjang yang baik. Era yang berubah menjadi serba digital membuat kebutuhan masyarakat terhadap pengiriman barang terus menerus meningkat setiap tahunnya.

  1. Jasa bersih-bersih

Kekhawatiran masyarakat terhadap virus membuat banyak orang menjalani pola hidup yang semakin bersih. Lingkungan tinggal pun semakin diperhatikan kebersihannya. Peluang bisnis berupa jasa bersih-bersih cukup menarik terutama saat era pandemi.

Selain lebih banyak orang yang lebih memperhatikan lingkungan tinggalnya, kini sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah. Target pasar untuk model bisnis ini yaitu keluarga dengan bayi, anak kos, rumah lansia, hingga pasangan muda.

Anda dapat menyiapkan jasa bersih-bersih besar (deep cleaning) yang menawarkan penggunaan alat tertentu seperti vacuum antibakteri serta fogging antinyamuk. Masyarakat akan merasa tertarik menggunakan jasa sebab penggunaan alat tersebut dianggap lebih bersih dan kepemilikannya di pasaran masih cukup jarang.

  1. Pembuatan masker

Salah satu kebiasaan baru yang menjadi penanda era pandemi adalah penggunaan masker yang masif. Usaha pencegahan penularan virus Covid-19 salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Sayangnya, penggunaan masker sekali pakai memberi dampak cukup serius pada lingkungan yaitu meningkatnya sampah.

Selain itu, dari segi biaya pun kurang efektif sebab penggunaannya sebentar namun terus menerus perlu diganti. Dalam mengatasi hal tersebut maka hadir alternatif berupa masker kain. Keunggulannya yaitu bisa mengurangi sampah sebab bisa dicuci dan digunakan kembali serta harganya pun lebih terjangkau.

Tentu saja permintaan masker kain sangat tinggi bahkan telah menjadi kebutuhan baru di masyarakat. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan jika ingin memulai bisnis baru di era pandemi.

  1. Servis kesehatan daring

Bidang kesehatan tentu menjadi salah satu sorotan utama publik saat ini. Kebutuhan informasi, konsultasi dengan ahli, penanganan kesehatan, hingga jual beli obat meningkat akibat pandemi yang terjadi. Uniknya, situasi membuat orang menghindari keluar rumah bahkan sekadar untuk mengunjungi apotek, kliniik, atau rumah sakit.

Dari situlah peluang muncul. Servis kesehatan berbasis daring menjadi alternatif yang paling mumpuni. Hingga saat ini berbagai jasa yang dapat dilayani berupa konsultasi dengan dokter, pembelian obat, sesi konseling dengan psikolog, permintaan resep pada psikiater, penyediaan informasi terkait pandemi, serta masih banyak lainnya.

Model bisnis ini bisa menjadi peluang dengan tingkat ketahanan resesi tinggi. Saat masyarakat telah terbiasa menggunakan servis kesehatan daring maka hal tersebut mungkin melekat dan tetap dilakukan bahkan setelah era pandemi berakhir.

Jadi, apakah Anda mulai semakin yakin untuk memulai bisnis saat pandemi sedang berlangsung? Selain tekad yang kuat, pastikan Anda telah melakukan rancangan rencana secara matang.

Kolaborasi juga mungkin bisa membantu laju perkembangan bisnis baru Anda terutama pada era pandemi saat ini. Jenis bisnis yang disarankan di atas bisa Anda coba sebab peluangnya lebih besar untuk kondisi pandemi mengacu pada kebutuhan masyarakat saat ini. Selamat mencoba! Semoga Anda berhasil dan sukses segera, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *