5 Mindset Pengusaha Terbaik di Era Milenial

by -56 views
mindset pengusaha terbaik
Mindset pengusaha terbaik perlu dimiliki. Sumber gambar: unsplash.com

Mindset pengusaha terbaik itu penting kah? Sering dengar kan kalau jadi pengusaha atau pebisnis itu harus punya mindset yang tepat? Hal itu tentu benar sebab tanpa mindset yang tepat, pengusaha tidak akan bisa selamat.

Sudah banyak cerita tentang pengusaha muda yang gagal membangun bisnisnya. Pengusaha pemula yang gagal menentukan model bisnis, akhirnya harus gulung tikar di awal. Pengusaha yang tidak paham market, asal jualan, tidak punya strategi marketing, akhirnya boncos dan kalah saing.

Tidak berhenti di situ saja, lho! Pengusaha yang gagal memilih tim bukannya take off bisnis, malah akan turn off dan bangkrut. Sebagai pengusaha, Anda tentu tidak ingin ikut gagal atau mengulangi kesalahan yang sama bukan? Pengusaha yang ingin terus tumbuh seperti Anda tentu wajib menanamkan mindset yang tepat, supaya strategi dan aksi yang dilakukan juga tepat.

Mindset pengusaha yang benar menentukan masa depan bisnis yang dibangun

Satu hal yang perlu Anda ingat sebagai pengusaha yaitu jangan pernah memaklumi kegagalan bisnis sebagai takdir. Everything happens for a reason, termasuk kegagalan dan keberhasilan bisnis seseorang. Anda bisa menyangkal dengan jawaban apapun, tapi mayoritas pebisnis pemula gagal karena tidak  punya mindset pengusaha terbaik yang tepat.

Hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan. Banyak pengusaha yang masuk ke dalam dunia bisnis dengan modal nekat. Akhirnya pengusaha tersebut menjadi seperti orang yang sedang bermain judi: menang alhamdulillah, kalah ya sudah  lah.

Apabila ingin jadi pebisnis yang longlasting perlu paham seluk beluknya. Untuk jadi pebisnis besar dengan banyak perusahaan perlu alur yang tepat. Agar dapat memiliki  support tim yang solid pun Anda membutuhkan pondasi yang kuat. Alur dan pondasi pebisnis sukses paling utama terletak pada mindset mereka.

Mindset ini harus bisa menjadi solusi paling besar untuk mengatasi masalah-masalah pengusaha. Masalah di bisnis itu sebetulnya hanya ada dua bagian yaitu 80% internal dan 20% eksternal. Masalah internal tersebut mencakup perkara mindset, strategi bisnis, mental, kultur kerja, dan sebagainya. Sedangkan masalah eksternal meliputi kebijakan pemerintah, partnership, klien, dan lainnya.

Jadi sekarang sudah tahu, kan, mana masalah yang perlu diperbaiki untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses? Mindset pengusahanya adalah hal pertama yang harus benar terlebih dahulu. Dengan begitu dampaknya akan jauh lebih besar ke bisnis.

5 mindset pengusaha untuk bangun bisnis yang longlasting

Kesalahan banyak orang saat membangun bisnis mereka yaitu terlalu fokus pada hal-hal yang tidak memberi efek signifikan. Untuk itu, perlu menghindari kesalahan fokus tersebut. Mulailah dari beberapa hal yang dapat dikontrol dan hasilnya bisa ditentukan.

Hal semacam pasar, respon pelanggan, atau patner bisnis Anda tentu sulit untuk dikontrol. Oleh karena itu, cobalah untuk mulai dari mengontrol pola pikir Anda. Mindset pengusaha terbaik perlu dibentuk sehingga formula bisnis dapat tercipta dan dampak nyatanya terasa. Nah, berikut ini merupakan 5 mindset pengusaha terbaik yang bisa Anda terapkan di usaha Anda.

  1.  Jangan bekerja demi uang

Salah satu investor panutan sejuta umat, Robert T. Kiyosaki, pernah membocorkan cara terbaik supaya kita bisa financial freedom di usia muda. Caranya yaitu dengan meninggalkan 2 kuadran kiri dari Cashflow Quadrant. 

Posisi 2 kuadran yang harus secepatnya kita tinggalkan adalah employee dan self employed. Artinya kita tidak boleh terlalu lama jadi budak korporat. Selain itu jika memulai sebuah bisnis pastikan tidak terlalu lama mengerjakan semuanya sendirian.

Apabila hal tersebut telah diterapkan maka kita tidak akan bekerja untuk uang tapi uang yang akan bekerja untuk kita. Nah, untuk mencapai hal itu Anda perlu untuk sangat teliti dan sungguh-sungguh memilih hal yang akan dikerjakan. Jika hanya asal gas pol rem blong tanpa strategi yang matang, selamanya Anda hanya akan bekerja untuk uang.

  1. Menghargai proses yang dijalani

Sebagai pemula, kadang seseorang belum paham terhadap mindset pengusaha lapangan yang sudah makan asam garam dunia bisnis. Banyak orang ingin menjadi pebisnis yang langsung profit, balik modal, untung cepat, dan sebagainya. Sementara kenyataan yang terjadi di bisnis, semua pengusaha pasti sepakat bahwa tidak  ada yang namanya instant reward. 

Mindset pengusaha terbaik yang sukses harus diawali dengan mengubah pola pikir dari ‘yang penting untung’ menjadi ‘menikmati dan menghargai proses tumbuh’. Tanamkan hal tersebut dalam pikiran Anda. Membangun bisnis memang tidak mudah, untuk itu pastikan bahwa Anda menikmati serta menghargai setiap proses yang dijalani.

  1. Jadilah pengusaha bermental malaikat

Banyak pengusaha sudah membuktikan bahwa niat seseorang dalam bisnis itu menentukan hasil yang didapatkan. Seringkali ada cerita tentang seseorang yang niatnya membantu orang lain,namun hasil yang didapat malah jauh lebih baik dari orang lain. Pernah kan mendengar cerita semacam itu?

Belajar dari cerita di atas, sebaiknya Anda mulai menerapkan mental malaikat sebagai pebisnis. Artinya, hindari terlalu serius dmengejar profit sampai stres. Atur mindset Anda bahwa model bisnis yang diciptakan bertujuan untuk membantu orang lain. Bisnis diciptakan agar customer mendapatkan solusi dari masalah mereka.

Hal tersebut pun perlu dilakukan secara serius dan passionate. Sejak awal mindset Anda harus ikhlas membantu orang lain. Dengan begitu, apapun hasilnya tidak akan membuat Anda kecewa. Akan tetapi pastikan usaha yang dilakukan tidak setengah-setengah, ya!

  1. Moonshot thinking

Moonshot thinking merupakan salah satu mindset pengusaha terbaik yang tidak boleh Anda lupakan. Mungkin Anda pernah mendengar istilah moonshot dari wawancara Dr. Astro Teller di podcast Tim Ferris. Moonshot thinking merupakan cara berpikir seseorang untuk menyelesaikan masalah, dan mencapai hasil 10 kali lipat bukan 10% lebih banyak.

Jika Anda berpikir sekilas, bisa menaikan terget bisnis sebanyak 10% saja sudah senang bukan main. Nah, coba bayangkan jika kenaikan tersebut sebanyak 10 kali lipat! Spektakuler bukan? Akan tetapi Anda jangan berhenti hanya membayangkan saja sebab no pain no gain.

Untuk bisa mencapai 10 kali lipat ini, mindset pengusaha Anda harus dimaksimalkan habis-habisan. Pola pikirnya perlu seradikal mungkin dan tidak bisa jadi pengusaha yang biasa-biasa saja. Pada fase moonshot thinking ini Anda  harus berani untuk gagal lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Anda akan dipaksa mampu merayakan kegagalan, tidak hanya sekadar kesuksesan saja.

Pada penerapannya, Anda perlu memberikan kontribusi terbaik yang sesuai dengan bidang yang sangat Anda kuasai. Dengan begitu, hasil nyata perkembangan bisnis pun akan bisa mulai terlihat.

  1. Berinovasi bersama para generasi milenial

Pada era digital ini, perubahan merupakan hal mutlak yang terjadi. Untuk mengimbangi pola perubahan tersebut maka mindset milenial perlu diterapkan. Maksudnya, Anda perlu menerapkan model bisnis yang millenial friendly jika ingin sukses.

Mindset ini mungkin akan terasa kurang nyaman bagi Anda yang belum terbiasa bergerak cepat. Sayangnya, jika memang ingin menjadi pengusaha sukses mindset ini harus melekat kuat. Memiliki pola pikir milenial artinya Anda dituntut menjadi inovatif, transformatif, dan juga kolaboratif.

Pada fase bisnis new normal, pengusaha tidak cukup hanya sekadar mengikut tren saja. Pengusaha harus bisa berpikir jangka panjang dan matang. Tanpa mindset pengusaha yang benar, semakin lama bisnis Anda bisa hancur karena tren itu sendiri.

Contoh kecil yang sudah terjadi yaitu viralnya orang-orang yang menjual es kepal milo. Setelah berjalan dua tiga bulan, mereka sudah gulung tikar. Hal tersebut karena mereka hanya mengikuti tren saja tanpa mempunyai mindset pengusaha yang tepat.

 

Agar lebih jelas, Anda bisa mulai membaca buku Cara Super Gila Membangun Super Tim. Di dalam buku ini terdapat berbagai jurus-jurus rahasia bagi CEO yang ingin sukses membangun tim dan bisnisnya. Buku Cara Super Gila Membangun Super Tim ini bisa didapatkan hanya dengan Rp370.000 saja.

Selain aman di kantong Anda, buku ini juga sangat worth to buy sebab banyak sekali rahasia komunikasi dan mindset pemimpin yang di dalamnya. Segera dapatkan sebelum kehabisan sebab buku ini diproduksi secara terbatas.