7 Cara Untuk Memberi Inspirasi Ke Orang Lain

Inspirasi adalah sebuah ilham. Secara bahasa inspirasi bisa diartikan sekumpulan ide-ide yang muncul setiap saat tidak peduli waktu dan tempat. Inspirasi adalah sebuah akibat dan hasil dari proses pengembangan diri. Ada beberapa yang mengatakan bahwa inspirasi adalah jawaban dari semua pertanyaan, ide yang menghasilkan sebuah maha karya, ilham untuk menghasilkan sesuatu yang baru, dan akal untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul.
Setiap orang selalu membutuhkan inspirasi untuk melakukan sebuah kegiatan demi mencapai progres. Sebuah inspirasi akan membantu setiap individu untuk terus hidup mengembangkan suatu potensi yang dimiliki. Semua orang memiliki masalah, dan untuk menyelesaikannya diperlukan inspirasi. Banyak sekali orang yang menghindar dari masalah yang dihadapi, tapi sebenarnya itu tidak akan menyelesaikan masalah. Maka selesaikan masalah, dengan mencari inspirasi yang bersifat solusi, bukanlah inspirasi yang menambah maslah Anda. Setiap keinginan yang berbeda akan selalu menghasilkan sebuah inspirasi yang berbeda pula. Jadi sebuah inspirasi akan tergantung pada apa yang diinginkan.
Ada beberapa cara untuk menghasilkan sebuah inspirasi dikala Anda sedang sendirian. Cara-cara ini dianggap sukses bagi sebagian orang yang sudah mencobanya. Cara tersebut antara lain :
– Membaca bacaan yang berhubungan dengan maslah atau inspirasi yang sedang Anda cari.
– Menulis. Jika ingin menemukan inspirasi, Anda bisa melakukan kegiatan menulis. Tulis saja apapun yang       menjadi masalah Anda, karena dengan menulis Anda bisa menemukanjalan keluar.
– Jalan-jalan. Tentunya banyak sekali inspirasi di luar sana. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu              berjalan-jalan dan membuka mata serta pikiran.
– Menonton acara-acara televisi atau film dapat menumbuhkan inspirasi bagi Anda.
– Mandi akan menambah kesegaran, tentunya itu akan membantu Anda dalam menemukan inspirasi.
– Chat dengan teman saat online juga mampu menumbuhkan sebuah inspirasi, karena dengan sharing dan          mengobrol kita bisa bertukar pikiran.
Anda mungkin termasuk ke dalam kelompok orang yang mempunyai banyak ide atau inspirasi. Sebagai inspirator mungkin Anda ingin membagi kisah dan pengalaman kepada orang lain. Akan tetapi dalam membagi kisah-kisah inspiratif harus menggunakan cara yang tepat, karena jika tidak maka kita akan terkesan menggurui. Untuk menghindari hal tersebut kini Bisnishack.com menghadirkan artikel tentang cara untuk memberi inspirasi kepada orang lain. Simak selengkapnya dibawah ini :
1. Kesampingkan Rasa Egois Anda

Memaksakan kehendak atau presepsi Anda  kepada orang lain bukanlah hal yang pantas untuk dilakukan. Orang lain belum tentu mampu mencerna hal yang Anda katakan, dan mereka belum tentu sepakat dan mau untuk melakukan hal yang Anda sampaikan. Dalam memberikan pengarahan atau berbagi kisah inspirasi sebaiknya mengesampingkan rasa egois. Karena sebuah rasa egois yang tinggi akan membuat orang yang diajak bicara menjadi enggan untuk mendengarkan bahkan melakukan apa yang Anda katakan. Tentunya hal ini akan menjadi hal sia-sia bagi Anda yang sudah berbicara panjang lebar jika mereka mempunyai perasaan seperti ini.
2. Berbicara Tentang Solusi


Menjadi seorang inspirator yang baik bisa dilakukan dengan cara selalu membicarakan solusi. Kebanyakan orang di dunia jika mereka berbicara hanya akan menceritakan masalahnya tanpa ada solusi yang pasti. Dengan selau berbicara solusi tentunya banyak orang yang akan mendengarkan Anda. Cara ini akan lebih diterima oleh masyarakat luas karena Anda selalu menyediakan jalan keluar bagi masalah yang dialami oleh banyak orang. Sebuah inspirasi yang besar dapat terlahir dari sebuah solusi yang cemerlang.
3. Batasi Rasa Ingin Tahu Anda Tentang Seseorang

Untuk memberikan solusi kepada orang lain Anda tidak pelu mengetahui masalah yang dihadapi secara detail bahkan sampai latar belakang dan semuanya. Anda bisa mengetahui pokok-pokoknya saja dan buatlah sebuah kesimpulan serta saran atau solusi. Membatasi rasa ingin tahu terhadap orang lain wajib hukumnya agar tidak berkesan seperti interogasi. Kebanyakan orang akan merasa terganggu dengan pertanyaan yang detail dan mengusik kepribadian mereka. Anda akan dianggap terlalu ikut campur dalam maslah orang lain. Sebaiknya batasi rasa ingin tahu terhadap orang lain dan berikan solusi sesuai kapabilitas Anda.
4. Berikan Sebuah Pilihan


Inspirasi bisa datang dengan menghadirkan banyak sekali opsi atau pilihan jalan keluar. Dengan banyaknya solusi yang Anda sampaikan akan membuat seseorang leluasa dalam memilih dan mengaplikasikan sesuai kecocokannya. Hal ini akan mengurangi kesan bahwa Anda akan memonopoli mereka hanya dengan satu pilihan saja. Kebebasan yang Anda berikan akan membuat orang lain merasa nyaman, dan ketika mereka membutuhkan pasti akan datang kembali kepada Anda.
5. Kuatkan Kesabaran Anda

Kesabaran merupakan sebuah kunci dari semua jalan kesuksesan. Untuk menjadi inspirator harus memiliki sebuah kesabaran yang tinggi, karena mungkin akan menemui masalah seperti tidak dihiraukan oleh orang lain. Semua orang akan merasa kesal jika perkataan mereka tidak didengarkan oleh orang lain. Kesampingkanlah kekesalan Anda jika menemui hal tersebut, introspeksi diri Anda. Mungkin pembicaraan Anda menyinggung orang lain atau tidak menarik minat mereka. Sabar menghadapi hal seperti ini akan membantu Anda menjaga reputasi, mungkin kesabaran yang Anda tunjukkan justru menjadi inspirasi bagi orang lain.
6. Gunakan Bakat Anda Secara Maksimal

Menjadi seorang inspirator bagi orang lain memerlukan bakat alami yang ada pada diri Anda. Untuk memunculkan sebuah bakat yang luar biasa membutuhkan tenaga dan usaha yang sangat ekstra. Anda harus memahami diri sendir dan mencari segala kelebihan yang dipunyai. Setelah menemukan kelebihan diri sendiri, Anda tidak bisa langsung menggunakannya. Akan tetapi Anda harus mengasah dan melatihnya terlebih dahulu agar menajadi benar-benar handal. Saat ingin membuat orang lain terisnpirasi, maka maksimalkan kelebihan dan bakat diri sendiri agar orang lain akan segan dengan Anda.
7. Mendengarkan Dengan Baik


Jika Anda ingin menginspirasi orang lain maka dengarkanlah apa yang menjadi kebutuhan dan masalah dari kebanyakan orang. Dengan mendengarkan dan melakukan pengamatan dalam hal ini, akan membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk menginspirasi seseorang. Manusia cenderung lebih sulit mendengarkan masalah orang lain, mereka akan lebih mudah berbicara, mengatur, dan memberikan masukan yang kurang pas. Agar tidak terkesan sok tau, sok mengatur, dan otoriter, lebih baik Anda mendengarkan apa yang menjadi masalah orang lain. Kemudian secara bersama-sama Anda merumuskan solusi, hal ini akan lebih memiliki hasil yang positif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *