5 Tips Sukses Memulai Bisnis Waralaba

Belakangan ini bisnis waralaba sudah mulai menjamur dan sangat banyak ditemui mulai dari kota besar sampai pelosok-pelosok desa sekalipun. Sebelum membahas lebih jauh mengenai franchise atau bisnis waralaba perlu diketahui bahwa dalam bisnis ini mempunyai istilah-istilah seperti franchisor dan franchisee. Franchisor memiliki pengertian orang yang memiliki waralaba, sedangkan franchisee adalah orang yang akan membeli waralaba tersebut.

Namun, apakah yang dimaksud dengan franchise atau waralaba? Franchise adalah bisnis yang dibangun berdasarkan kemitraan atau terdapat dua belah pihak yang terlibat langsung di dalamnya, yaitu franchisor dan francisee. Bisnis waralaba memiliki berbagai jenis diantaranya seperti waralaba makanan, minuman, mini market, laundry bahkan dalam bidang pendidikan.

Banyak pebisnis pemula melirik bisnis waralaba dikarenakan selain sangat menggiurkan untuk dijalankan, juga mendatangkan banyak keuntungan. Selain itu bisnis waralaba sudah memiliki manajemen yang matang sehingga menjadikan bisnis waralaba memiliki banyak kelebihan dibandingkan bisnis lainnya yang tidak menganut sistem waralaba.

Keunggulan dari bisnis waralaba adalah selain memiliki manajemen yang matang, modal cukup jelas dan media pemasaran yang dibuat untuk semenarik mungkin. Maka banyak calon investor yang tertarik untuk berbisnis waralaba dan bisnis ini merupakan salah satu alternatif bagi pebisnis pemula untuk mulai terjun ke dunia bisnis.

Bagi pebisnis pemula, mengembangkan usaha waralaba merupakan pilihan yang sangat tepat jika tidak ingin memulai usaha dari bawah dan hanya tinggal mengembangkannya saja. Keuntungan lain dari bisnis waralaba adalah Anda membeli sesuatu yang memang telah teruji, memiliki nama dan produk yang bagus serta memiliki sistem bekerja yang baik pada setiap prosesnya. Dengan sistem waralaba Anda bisa membuka bisnis lebih dari satu gerai sekaligus.

Alasan lain keuntungan dalam memulai bisnis waralaba adalah dengan memulai usaha waralaba maka sama saja Anda membeli pengalaman berbisnis juga. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa dengan bisnis waralaba tidak perlu memulainya dari nol, hanya tinggal menjalankan bisnis dan mengembangkannya saja.

Anda tidak memerlukan untuk pengenalan produk kepada masyarakat dikarenakan produk sudah dikenal oleh masyarakat luas. Peluang keberhasilan Anda bisa mencapai 75% jika Anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan tidak sekedar coba-coba berbisnis.

Di samping memiliki banyak keuntungan, bisnis waralaba juga memiliki beberapa kerugian, diantaranya adalah franchisee tidak memiliki kontrol atas bisnis yang sudah dijalankannya. Penggunaan sistem dari franchisee juga tidak cukup memberi ruang bagi franchisee untuk melakukan inovasi-inovasi atas bisnisnya tersebut.

Beberapa peluang yang masih dapat ditempuh adalah mengusulkan kepada franchisor untuk melakukan inovasi-inovasi tersebut. Selain itu, banyak franchisee yang merasa barang, jasa dan harga yang ditetapkan oleh franchisor tidak terlalu sesuai dengan gerainya. Hal ini akan sangat dibutuhkan oleh franchisee pada gerai-gerai yang lokasinya berdekatan dengan kompetitor atau lawan.

Bisnis waralaba sangat mengurangi risiko bagi pengusaha pemula yang baru memulai untuk membangun bisnis yang dapat terhindar dari berbagai macam masalah yang dialami. Setiap masalah yang terjadi dalam bisnis waralaba sudah dipelajari dan tersedianya berbagai macam bantuan untuk mengatasinya secara teknis. Kekuatan bisnis waralaba terdapat pada sistem yang berfungsi dengan baik, maka hanya perlu melakukannya sesuai dengan sistem yang ada saja.

Namun dengan demikian untuk memulai bisnis waralaba tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dikarenakan setiap bisnis itu memiliki risiko masing-masing. Namun, bagi Anda yang akan memulai bisnis waralaba banyak hal yang harus diperhatikan bagi franchisor, calon investor ataupun franchisee dalam menjalankannya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

Ubah pola pikir Anda

Siapkan diri untuk menjadi pengusaha. Maksudnya adalah jangan memposisikan diri sebagai karyawan dan mulailah untuk mengubah pola pikir sebagai pengusaha. Ubah pola pikir Anda menjadi pengusaha yang handal. Pengubahan pola pikir ini merupakan hal yang sangat penting dalam memulai usaha. Hal ini dikarenakan orang yang sukses adalah orang yang berani mengambil tantangan sebagai sebuah peluang bisnis.



Pelajari PP tentang waralaba

Anda harus mempelajari peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan waralaba. Penting sekali bagi Anda untuk mempelajari peraturan perundangan yang berkaitan dengan waralaba sebelum membuka bisnis waralaba, misalnya saja Peraturan Pemerintah RI No.42 Tahun 2007 yang berisi tentang enam kriteria bisnis waralaba beserta persyaratan dalam membuat prospectus penawarannya.

Komunikasi yang bagus

Tingkatkan kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini merupakan syarat untuk menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha memungkinkan Anda untuk bertemu dengan banyak orang, membangun komunikasi dengan konsumen ataupun supplier. Maka, diperlukannya kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan orang-orang.

Modal yang cukup

Anda memerlukan modal yang cukup untuk menjalankan bisnis waralaba. Modal merupakan syarat yang sangat penting. Tanpa modal yang cukup bisnis tidak akan berjalan dengan lancar. Maka untuk menjalankannya tidak hanya membutuhkan modal awal saja, tetapi diperlukan juga dana yang dapat mencukupi untuk menjalankan operasional selama perjalanan bisnis berlangsung. Banyak franchisee dan franchisor yang terpaksa gulung tikar dikarenakan kekurangan modal selama perjalanan bisnis.

Ahli dalam bidang waralaba

Sebelum mulai terjun ke dunia bisnis waralaba, maka para calon pebisnis harus mengetahui dan mengenali bisnis waralaba secara mendalam. Banyak para franchisee yang coba-coba dalam memulai bisnis dan akhirnya harus tutup karena belum siap menghadapi hambatan yang muncul.

Maksud ahli di sini juga memiliki pengertian untuk benar-benar mengetahui seluk beluk dan setiap detail dari bisnis waralaba, mulai dari perizinan usaha, mengelola keuangan, pemasaran, pemilihan tempat usaha, dan lain sebagainya.

Setiap franchisee dan franchisor memiliki impian untuk sukses dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian mulailah membekali diri dengan tips di atas sebelum terjun ke bisnis waralaba.

Demikian artikel tentang tips-tips untuk memulai bisnis waralaba. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *