5 Cara Membuat Pelanggan Loyal

Menjadi pedagang maupun agen pemberi jasa merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Ketika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, pasti pekerjaan akan menjadi mudah karena lebih mudah dalam memperhitungkan omset penjualan tiap harinya. Namun, jika Anda belum memiliki pelanggan tetap, dan bisa dikatakan bahwa Anda sedang mencari pelanggan, pekerjaan akan terasa sulit. 
Mencari pelanggan bukan pekerjaan yang mudah, perlu kesabaran, konsistensi, keramahan dan keberanian. Anda juga belum bisa menentukan omset penjualan per harinya. Lalu jika Anda telah memiliki pelanggan, bagaimana untuk menjaga kesetiaan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal?  Di bawah ini ada beberapa tips untuk membuat pelanggan menjadi loyal.
1. Pahami perasaan konsumen
Hal yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa konsumen atau pelanggan adalah raja. Jadi harus membuat mereka merasa senyaman mungkin dengan kondisi di toko atau agen Anda. Anda harus menjaga setiap perkataan agar tidak menyinggung perasaan mereka. Suasana yang humoris kadang juga perlu dimunculkan agar tidak timbul kesan kaku dan formal. Memahami perasaan konsumen atau pelanggan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan juga.
Raut wajah mereka biasanya menunjukkan isi hati mereka. Anda harus bisa menangkap isi hati mereka itu melalui raut wajah yang mereka tampilkan. Dengan begitu Anda bisa menentukan sikap apa yang sebaiknya dilakukan pada saat itu. Apakah Anda akan bersikap humoris, formal, atau biasa – biasa saja.
Memahami perasaan konsumen juga sangat berguna bagi Anda untuk selalu tetap keep in touch dengan konsumen. Hal- hal kecil seperti menanyakan kabar dan memberikan informasi- informasi sederhana bisa membuat konsumen atau pelanggan merasa diperhatikan. Dengan begitu konsumen akan menjadi pelanggan yang loyal.
2. Tulus
Selain memahami perasaan konsumen, Anda juga harus tulus dalam melayani konsumen. Anda seharusnya tidak  boleh memiliki perasaan ragu atau setengah hati saat melayani konsumen. Tanpa Anda sadari, konsumen akan memperhatikan raut wajah serta perlakuan Anda saat melakukan pelayanan.
Ketika melakukan pelayanan dengan setengah hati, maka raut wajah akan terlihat demikian, dan hal itu pasti akan tertangkap oleh konsumen. Sebaliknya, ketika melakukan pelayanan dengan tulus, pelayanan serta senyum yang disunggingkan di bibir akan terasa tulus dan pasti akan memberikan rasa nyaman di hati konsumen. 
Ketika menghadapi konsumen atau pelanggan yang perlu perlakuan khusus Anda perlu menunjukkan ketulusan Anda dalam melayaninya. Usahakan untuk selalu sabar dan tidak terpancing amarah. Hal ini harus Anda lakukan meskipun pada saat itu Anda sedang menghadapi permasalahan keluarga.
Jadi sebaiknya Anda melupakan segala permasalahan pribadi saat bekerja. Jangan sampai masalah pribadi menghilangkan ketulusan Anda kepada konsumen. Anda harus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Pelayanan yang maksimal akan memberikan kepuasan bagi konsumen, sehingga konsumen akan loyal pada Anda.
3. Peduli terhadap kebutuhan konsumen
Sebagai pedangan atau agen pemberi jasa, kebutuhan konsumen adalah prioritas utama. Sebelum menentukan barang yang akan dijual maupun jasa yang akan ditawarkan, tentu Anda harus melakukan riset pasar agar barang atau jasa yang akan Anda sediakan tepat sasaran di lokasi yang dipilih. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa “kebutuhan konsumen adalah prioritas utama”,  maka dari itu untuk mendapatkan keloyalan konsumen, Anda harus memberikan produk yang berkualitas baik dengan harga yang sesuai.
Anda sebaiknya memperhatikan kebersihan tempat maupun produk itu sendiri. Selain itu juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa serta kelayakan kemasan produk. Ketika menjual produk makanan, sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan serta mengusahakan agar ruangan terbebas dari debu dan lalat. Untuk usaha jasa, sebaiknya lebih selektif dalam memilih peralatan yang digunakan, selain itu harus selalu update akan perkembangan jasa yang ditawarkan, sehingga pelanggan akan selalu mengingat Anda sebagai pemberi jasa terbaik bagi mereka. Sehingga pelanggan akan loyal kepada Anda.
4. Beri pelayanan terbaik
Pelayanan merupakan peranan penting dalam usaha dagang maupun jasa. Pelayanan akan mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap Anda. Pelayanan yang baik akan mengubah konsumen yang tidak sabaran menjadi mengertian dan sadar akan sikapnya. Pelayanan yang baik akan membuat orang ingin dan ingin terus membeli produk di toko Anda. Pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan berbagai hal, antara lain: 

Pertama, ucapkan selamat datang kepada setiap konsumen yang datang. 
Kedua, tanyakan kepada mereka keperluan apa yang mereka butuhkan. 
Jika toko Anda semacam supermarket, maka Anda sebaiknya mempersilakan mereka untuk mengambil barang yang mereka butuhkan. Anda perlu untuk melakukan pengawasan agar tidak terjadi tindak pencurian, tetapi Anda tidak perlu mengikuti kemanapun konsumen pergi karena itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman konsumen.
Ketiga, berikan senyuman bagi konsumen yang datang ke kasir, dan usahakan agar kasir menghitung dengan benar. 
Keempat, ucapkan terima kasih sebelum konsumen pergi. Selain itu, terkadang mungkin Anda perlu memberikan diskon atau penghargaan bagi konsumen yang sering datang ke toko Anda. 
5. Jaga komunikasi dengan baik
Agar konsumen tetap loyal dengan Anda, maka perlu menjaga komunikasi dengan mereka. Komunikasi bisa Anda lakukan saat bertemu dengan pelanggan. Anda bisa saling tegur sapa, menceritakan beberapa hal tentang pengalaman menggunakan produk yang Anda tawarkan, bahkan juga dapat bersahabat dan menceritakan hal-hal yang mungkin lebih pribadi agar bisa merasa ada ikatan di antara Anda dan konsumen.
Selain itu, anda juga bisa menggunakan kartu member bagi konsumen di toko Anda. Kartu member dapat didapatkan dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Anda dapat memberikan diskon spesial bagi anggota member. Dengan begitu secara tidak sadar, Anda dapat mengikat konsumen untuk membeli di toko Anda dengan senang hati. Dengan adanya kartu member, Anda dapat mengetahui anggota member toko Anda. 
Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat group di jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain- lain. Anda perlu mempekerjakan admin untuk selalu update di jejaring sosial tersebut. Melalui jejaring sosial ini Anda bisa menginformasikan kepada konsumen jika ada produk baru. Anda bisa saling bertukar pendapat dengan konsumen, serta bisa saling berbagi ilmu secara online. Sehingga dengan begitu konsumen akan merasa dekat dengan Anda. Anda akan lebih mudah promosi dan lebih mudah membuat konsumen loyal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *