5 Cara Memanfaatkan Twitter dalam Bisnis

Dewasa ini, pengguanaan media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang ramai digunakan yaitu Twitter. Twitter merupakan media sosial yang digunakan oleh semua kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, pebisnis, pemuka agama, bahkan beberapa pejabat dan presiden Indonesia pun juga memiliki akun Twitter.
Meskipun akhir-akhir ini di Indonesia banyak muncul isu tidak menyenangkan yang melibatkan media sosial seperti penipuan online shop sampai pada kasus pembunuhan, sehingga embuat beberapa orang tua menjadi khawatir bahkan melarang anak mereka untuk menggunakan twitter. Namun hal ini ternyata tidak terlalu berpengaruh pada jumlah pengguna twitter remaja. Mengingat hampir semua remaja memiliki aplikasi twitter dismartphone mereka.
Terlepas dari dampak buruk dan isu-isu yang tidak baik mengenai twitter. Twitter memiliki dampak baik dan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif, salah satunya dengan berbisnis. Bagaimakah cara untuk memaksimalkan manfaat Twitter dalam bisnis? Di bawah ini akan kita bahas langkah- langkah yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat Twitter bagi perkembangan bisnis anda, antara lain:
1. Terus mencari follower
Dalam menggunakan Twitter sebagai media promosi, hal pertama yang perlu dilakukan setelah membuat akun adalah mencari follower sebanyak mungkin. Seperti halnya promosi melalui media lain, menarik konsumen melalui twitter yang dibutuhkan adalah besarnya jumlah follower yang mengikuti akun. Semakin besar jumlah follower yang anda peroleh, semakin besar pula keuntungan yang mungkin anda raih. 
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan banyak follower/pengikut antara lain dengan terlebih dahulu mengikuti/follow akun-akun yang akan ditargetkan sebagai follower, mengunggah foto-foto menarik dari produk anda untuk menarik perhatian para pengguna akun Twitter, atau membuat promo berupa potongan harga bagi para follower yang meramaikan akun anda. Beberapa akun restauran pernah menerapkan cara-cara tersebut dan terbukti berhasil menarik para pengguna akun Twitter untuk menjadi follower mereka.
Anda juga dapat menarik perhatian pengguna Twitter dengan membuat trending topic menggunakan hashtag atau tanda pagar untuk menandai postingan yang anda buat. Ajak para followers anda untuk ikut serta meramaikan hashtag yang anda buat dan berikan diskon untuk mereka sebagai hadiahnya.Meskipun jumlah diskon tidak terlalu besar, akan tetapi ini akan membuat follower anda senang.
2. Arahkan follower ke website Anda
Setelah mencari follower, langkah selanjutnya yaitu arahkan follower untuk membuka website anda.Penggunaan Twitter memang berguna untuk memeperluas jaringan bisnis anda, namun akan lebih baik dan jelas melalui website. Untuk itu arahkanlah follower anda untuk membuka website anda.
Untuk menarik follower menuju ke website anda, buatlah para followers anda penasaran. Hindari menulis terlalu spesifik dalam menjelaskan produk barang atau jasa yang anda tawarkan di akun Twitter. Tulislah penjelasan singkat tentang produk dan selanjutnya cantumkan alamat website untuk keterangan lebih lanjut. Begitu pula jika ada pertanyaan mengenai produk anda, cukup berikan alamat website dan sampaikan kepada para follower bahwa mereka bisa melihat selengkapnya di website anda.
3. Sewa orang yang memiliki banyak follower
Tidak semua orang bisa menulis kata-kata yang menarik dan enak dibaca. Beberapa orang hanya bisa menggunakan Twitter tetapi kurang bisa membuat kata-kata untuk meramaikan akun. Untuk mengelola Twitter anda, disarankan sewalah orang yang memiliki banyak follower.
Umumnya, orang yang memiliki banyak follower adalah orang yang pintar menulis hal-hal asyik dan menarik di Twitter. Kata-kata yang bagus akan dapat menarik perhatian orang untuk membaca dan mampir untuk melihat akun anda.Selain pandai berkicau, orang yang memiliki banyak follower biasanya pintar menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari para followersnya. Keuntungan lain dari menyewa orang dengan banyak follower adalah besarnya kemungkinan para followers orang tersebut untuk menjadi follower di akun anda.
4. Teruslah berkicau dalam twitter

Buatlah akun Twitter anda ramai dengan selalu berkicau untuk memperbaharui informasi tentang produk anda atau sekedar menyapa para follower. Tulislah kata-kata ramah, sopan dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Buatlah kata-katahangat untuk menyapa follower akun anda dan berikan balasan bagi pertanyaan atau sapaan dari follower anda.
Jangan lewatkan seharipun akun anda kosong tanpa sebuah kata-kata. Meskipun dihari libur, usahakan bahwa akun Twitter tetap aktif berkicau. Hal ini berguna untuk menjaga intensitas komunikasi dengan para followers.
Dengan membuat banyak kata-kata semakin besar pula rasa ingin tahu para pengguna Twitter yang sudah maupun belum menjadi follower anda.Karena umumnya akun twitter yang banyak berkicau dan selalu aktif akan dirasa menarik dan menyenangkan untuk diikuti.
Anda juga bisa sekali-kali membuat kuis tanya jawab dengan konsumen untuk membuat akun anda ramai. Pertanyaan berisikan hal- hal menyangkut produk anda. Hadiah bisa berupa voucher diskon untuk pembelian produk anda.
5. Bekerjasama saling mempromosikan akun
Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan manfaat Twitter bagi perkembangan bisnis anda adalah dengan menjalin kerjasama dengan akun twitter lain untuk mempromosikan produk anda. Cari dan follow/ikutilah akun-akun pebisnis lain dan buat perjanjian untuk saling mempromosikan lewat kata-kata di akun Twitter masing- masing. Ini dapat berguna untuk memperluas jangkauan follower dan memperbanyak jumlah follower anda.
Pilihlah pengusaha/pebisnis yang tidak sejenis dengan bisnis anda. Seperti jika anda mempunyai bisnis minuman maka carilah pebisnis yang menjual makanan.Hal ini agar usaha promosi yang dilakukan bisa berjalan maksimal karena menjadi saling melengkapi. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bagi anda dan rekan bisnis tersebut untuk melanjutkan kerjasama bisnis dalam bentuk lain.
Begitulah beberapa langkah yang bisa anda coba untuk mendapatkan manfaat Twitter bagi bisnis anda. Sesuaikan gaya bahasa dan penulisan dengan usia target pasar anda. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *