39 Fakta Menarik Tentang WhatsApp

1. Sampai sekarang, WhatsApp telah digunakan 450 juta pengguna di dunia. Jumlah pesan yang diproses WhatsApp adalah 50 miliar pesan per hari.
2. WhatsApp dapat dioperasikan dengan sistem Android, BlackBerry OS, BlackBerry 10, iOS, Series 40, Symbian danWindows Phone. WhatsApp terintegrasi dengan sistem sehingga transaksi data sangat mudah dan menjadi salah satu aplikasi terfavorit di seluruh dunia.
3. Salah satu pendiri WhatsApp adalah Jan Koum. Ia merupakan imigran dari Kiev, Ukraina yang pindah ke Amerika Serikat bersama ibunya untuk meraih cita-citanya.
4. Untuk menutup biaya hidup yang besar di Amerika Serikat, Koum dulu menjadi tukang sapu di sebuah toko dan ibunya menjadi pengasuh anak. Ia banyak belajar mengenai teknologi informasi, pemrograman dan komputer melalui dari buku-buku bekas di pasar loak yang dibacanya secara gratis.
5. Koum harus bersusah payah untuk dapat lulus dari SMA Mission Viejo, California dan kemudian drop-out kuliah di bidang matematika dan ilmu komputer di San Jose State University.
6. Koum pernah menjadi anggota dari kelompok hacker w00w00. Di sana terdapat juga para pendiri Napster yaitu Shawn Fanning dan Jordan Ritter.
7. Koum bertemu pendiri WhatsApp lainnya yaitu Brian Acton saat bekerja di Ernst & Young. Mereka kemudian bekerja bersama di Yahoo selama 20 tahun lalu keluar dan melamar di Facebook namun ditolak. Pada tanggal 24 Februari 2009, Koum mendirikan WhatsApp Inc. di California.
8. Koum kini menjabat sebagai CEO WhatsApp dan Direktur Pelaksana Facebook, Inc. Ia memegang 45% saham WhatsApp dengan nilai mendekati US$7 miliar.
9. Nama WhatsApp dipilih karena terdengar seperti frasa “what’s up” dan terinspirasi dari pengalaman Koum saat lupa kata sandi dan nama pengguna akun.
10. Bertolak belakang dengan Koum, pendiri WhatsApp lainnya yaitu Brian Acton adalah mantan mahasiswa yang rajin saat berkuliah di jurusan Economics & Computer Science di University of Pennsylvania. Bahkan ia kemudian mengambil jurusan Computer Science di Stanford University pada tahun 1994.
11. Sebelum bertemu dengan Koum di Yahoo, Acton pernah bekerja Apple Computer Inc, Adobe System dan Rockwell Internasional. Ia juga pernah melamar ke Facebook, namun ditolak. Perjuangan dan pengalaman Acton menjadi inspirasi bahwa kewirausahaan harus melalui berbagai penolakan dan kerja keras.
12. WhatsApp menjadi sangat populer di pasar sejak ditambahkannya fungsi messaging pada tahun 2009.
13. Koum dan Acton memfokuskan WhatsApp pada pengiriman pesan sehingga aplikasi tersebut bebas iklan dan mudah digunakan.
14. Kantor WhatsApp terletak di Mountain View, California.  Kantor ini tidak mempunyai papan nama perusahaan dan tak ada petunjuk yang menandakan bahwa ada aktivitas bisnis di dalamnya sehingga tampak seperti rumah biasa.
15. WhatsApp tidak pernah menghabiskan biaya untuk pemasaran dan promosi. Perusahaan ini hanya mempekerjakan 50 karyawan, 25 diantaranya merupakan teknisi, sementara 20 lagi
mengerjakan layanan multibahasa.
16. Acton dan Koum tidak mau menggunakan layanan iklan di WhatsApp selama menjadi karyawan Yahoo mereka sudah bosan bekerja keras untuk menjual iklan karena Yahoo mengumpulkan data dan uang dengan menjual iklan.
17. Fitur WhatsApp antara lain dapat untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps sehingga Google pernah menawar WhatsApp dengan harga US$ 10 milyar.
18. WhatsApp berada di peringkat ke-3 sebagai aplikasi paling banyak didownload di Nokia Ovi Store. Peringkat ini berada di bawah aplikasi Swype dan NHL game center premium hingga bulan November 2010.
19. Facebook membeli WhatsApp Inc dengan harga US$ 16 milyar, jika dihitung dalam Rupiah sekitar Rp 223 triliun.
20. Biaya US$ 3 milyar juga dibayarkan Facebook dalam bentuk saham terbatas untuk para pendiri dan karyawan WhatsApp.
21. Menurut Acton, WhatsApp dapat meningkatkan jumlah pengguna Facebook melalui keberadaan aplikasi tersebut di berbagai negara. Ia juga yakin bahwa Facebook dapat membantu kebutuhan WhatsApp dalam peningkatan jumlah pengguna aktifnya.
22. Facebook melakukan negosiasi selama dua tahun untuk melakukan akuisisi dengan  WhatsApp sejak tahun 2012.
23. Akuisisi Facebook dan WhatsApp resmi disetujui kedua belah pihak pada hari Valentine tanggal 14 Februari saat Mark Zuckerberg sedang menikmati makan malam Valentine dengan istrinya Priscilla Chan.
24. Koum menandatangani kontrak akuisisi dengan Facebook di kantor North Country Social Service yang sering membagikan kupon makanan bagi orang-orang miskin di daerah sekitarnya.
25. Meskipun berakuisisi dengan Facebook, WhatsApp tidak menyimpan informasi selain nomor telepon penggunanya. Jadi mereka tidak bisa mendapatkan data-data pribadi para pengguna Facebook seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.
26. WhatsApp menjadi sumber pemasukan baru untuk Facebook dengan jumlah keuntungan yang besar hingga saat ini.
27. Menurut Acton, tujuan akhir dari akuisisi ini adalah WhatsApp akan membawa miliaran pengguna yang baru di Facebook. Ia juga menegaskan bahwa akuisisi Facebook dan WhatsApp adalah investasi besar yang akan banyak membawa manfaat di kemudian hari.
28. WhatsApp tidak mendata jumlah pengguna aplikasinya yang berusia muda, sehingga akuisisinya dengan Facebook tidak ada hubungannya dengan meningkatnya pengguna WhatsApp di tren anak muda masa kini.
29. Pada tahun 2009, Koum hampir frustasi dan meninggalkan bisnis WhatsApp, namun dicegah oleh partner sekaligus sahabatnya, Brian Acton.
30. Pada tahun 2011, WhatsApp berada di top 20 aplikasi paling banyak diunduh di App Store dan pada Februari 2013,  pengguna aktif WhatsApp meningkat pesat sebanyak 200 juta.
31. Hingga saat ini WhatsApp melampaui seluruh layanan SMS telekomunikasi global dengan pertambahan lebih dari satu juta pengguna terdaftar baru per hari.
32. Sequoia Capital pernah menginvestasikan US$ 8 juta untuk WhatsApp di tahun 2011.
33. Dengan hanya 32 teknisi yang bekerja pada WhatsApp, setiap satu teknisi bertanggung jawab untuk menangani 14 juta pengguna aktif.
34. Koum menyimpan catatan dari Acton yang ditempel di mejanya dengan tulisan “Tidak ada Iklan! Tidak Games! Tidak ada Gimmicks!” Catatan itu disimpan untuk menjaga mereka terus berfokus pada layanan pengiriman pesan seutuhnya.
35. WhatsApp mempunyai 2,5 kali lipat pengguna aktif daripada Twitter.
36. Dengan kapitalisasi pasar, WhatsApp adalah perusahaan terbesar ke-200 di Amerika Serikat.
37. Dalam satu hari, WhatsApp memproses 4 kali lipat pesan lebih banyak dari manusia di planet ini.
38. WhatsApp bernilai sama dengan Kroger, dengan 6.000 x lebih sedikit karyawan.
39. Anggaran NASA di tahun 2014 hanya US$ 17 milyar, sementara anggaran WhatsApps mencapai US$ 19 milyar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *