fbpx

Mengenal Hasnul Suhaimi, Orang Paling Berpengaruh dalam Pengembangan Perusahaan Telekomunikasi

Sumber: swa.co.id

 

Membicarakan perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia tidak lengkap kalau tidak menyebutkan nama Hasnul Suhaimi. Orang paling berpengaruh dalam bisnis telekomunikasi ini tak perlu diragukan lagi track recordnya. Ia benar-benar membuktikan sebagai leader dan CEO yang andal dalam memimpin perusahaan.

 

Dikenal sebagai praktisi telekomunikasi asal Indonesia. Hasnul memegang jabatan sebagai CEO PT Excelcomindo Pratama dari tahun 2006 hingga 2015.  Sebelumnya ia juga diketahui pernah bekerja di PT Indosat dari tahun 1983 sampai 2006. Pengalamannya dalam bisnis telekomunikasi sudah belasan tahun.

 

Semenjak ia memegang jabatan sebagai CEO perusahaan telekomunikasi tersebut, catatan prestasi banyak ditorehkan oleh Hasnul. Ia membuat gebrakan besar dan melakukan transformasi signifikan. Menerapkan startegi baru untuk menguatkan jaringan dan pemasaran. Selain itu ia juga melakukan konsolidasi internal perusahaan.

 

Apa dampaknya?

Jaringan telekomunikasi yang dihasilkan oleh perusahaan pimpinannya tersebut menawarkan layanan bertarif rendah. Layanan ini memikat konsumen dan menaikkan pangsa pasar, pendapatan, dan keuntungan perusahaan. Keputusan Hasnul ini dinilai sangat berani dan mengagumkan karena memberikan pengaruh besar. Strategi bisnisnya diacungi jempol oleh para pebisnis lainnya.

 

Perjalanana Hasnul sebagai pebisnis tidak bisa dikatakan mulus dan mudah. Sebelum menjabat sebagai CEO perusahaan telekomunikasi, ia mengawali karir sebagai instrument engineer. Ia mampu menunjukkan performa yang mengesankan karena berhasil memerbaiki alat dalam 3 hari. Akhirnya ia pun diterima di perusahaan Schlumberger Indonesia. Karir awalnya bisa dikatakan sebagai tukang solder.

Saat terjadi penurunan harga minyak tahun 1982 dan berdampak pada perusahaan tempatnya bekerja, ia mulai mengambil ancang-ancang untuk melihat peluang lain. Ia pun memutuskan terjun dan industri telekomunasi. Semenjak itu, ia terus menorehkan prestasi dalam industri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *