Ini Dia Cara Membangun Bisnis Fotografi di Rumah

Bagi yang mempunyai hobi fotografi, ada baiknya jika sungguh-sungguh ditekuni. Siapa tahu hobi fotografi yang dianggap hanya sebagai iseng-iseng belaka bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi Anda. Dengan memulainya dari rumah pun Anda dapat melakukannya. Dengan sedikit kreatifitas dan kualitas. Anda dapat menjadikan hobi fotografi menjadi pekerjaan yang menghasilkan sesuatu.

Industri kreatif sungguh menjadi lahan bisnis yang baru dan unik hari-hari ini. Dengan menghadirkan sesuatu yang beda dan kekinian, masyarakat khususnya anak muda akan dengan cepat menyukainya. Terlebih dalam hal fotografi. Dengan menghadirkan sesuatu yang unik Anda dapat membangun bisnis fotografi yang beda dari yang lain. Dengan kreatifitas, bisnis fotografi pun bisa Anda lakukan di rumah. Ingin tahu caranya agar bisnis ini dikenal oleh masyarakat luas? Yuk kita intip tipsnya.


Unggah di media sosial

Jangan hanya menyimpan karya-karya fotografi Anda dalam folder komputer saja. Cobalah untuk mengunggah beberapa foto yang dianggap memiliki nilai seni tinggi ke dalam media sosial. Dengan melakukan hal ini bisa mendapatkan masukan dari banyak teman. Selain itu juga bisa membuat media sosial tersebut menjadi portofolio bagi karya Anda. Dengan hal ini juga karya akan mudah dicari oleh orang-orang yang ingin bekerja sama dengan Anda

Setelah mengunggah di media social, karya-karya fotografi Anda akan dikenal oleh khalayak luas, dan tentunya dengan cepat tersebar luas. Selain itu, akan mudah terhubung untuk menyebarluaskan karya Anda. Media sosial juga bisa menjadi sarana iklan yang gratis untuk memperlihatkan karya Anda. Sehingga bisa berhemat dan tidak mengeluarkan biaya untuk pasang iklan.

Tentukan tema dan karakter

Ini juga merupakan hal yang penting dan vital jika ingin membangun bisnis fotografi di rumah. Anda harus memilih gaya atau tema yang paling disenangi. Misalnya Anda suka musik, bisa memotret acara pertunjukkan musik. Jika suka kuliner bisa memotret berbagai makanan.

Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kesukaan Anda, tetapi alangkah lebih baiknya memilih salah satu untuk keperluan branding dalam ide kreatif Anda. Dengan melakukan ini para klien akan tahu batas mana Anda dalam berkarya.

Mereka akan cepat mengerti jika gaya fotografi yang Anda geluti akan cocok atau tidak dengan konsep mereka. Dengan melakukan hal ini Anda bisa sangat nyaman dengan karya yang dikerjakan. Tidak ada paksaan dan beban. Semuanya dilakukan dengan kesenangan.

Tampilkan gagasan yang beda

Anda bisa menampilkan gagasan yang berbeda dengan karya-karya fotografi yang pernah ada sebelumnya. Semisal, dengan konsep menggabungkan beberapa karya fotografi menjadi buku pop-up, hal ini akan menambah ide kreatif bagi klien. Anda juga bisa menggabungkan karya-karya Anda bersama sketsa tangan yang sangat manual, sehingga ketika fotografi yang digital di baur dengan sketsa yang manual akan menajadi konsep ide yang luar biasa.

Melalui hal ini Anda akan berkolaborasi dengan seniman lainnya untuk eksplorasi ide-ide baru yang segar. Anda juga bisa menambah masukan dengan menjual figura dan lain sebagainya.

Hal-hal di atas adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika Anda ingin melakukan bisnis fotografi di rumah. Sangat menyenangkan apabila sesuatu yang awalnya hanya menjadi hobi, bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan bagi kehidupan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *