9 Cara Membangun Bisnis Fotografi

Fotografi adalah karir yang menjanjikan, dan Anda mungkin ingin mencobanya. Namun untuk menjadi fotografer yang sukses Anda juga memerlukan studio foto. Ikutilah beberapa panduan ini untuk membantu mewujudkannya. Mendapatkan penghasilan dan melakukan apa yang Anda sukai. Inilah ulasannya sebagai berikut:

Dapatkan lokasi

Tempat yang Anda pilih harus lebar, luas dan nyaman. Karena banyak peralatan yang harus Anda atur disini. Anda juga membutuhkan ruang untuk latar belakang dan peralatan penyimpanan.

Ruang tunggu
Anda harus menyediakan ruang tunggu yang nyaman bagi pengunjung. Tujuannya supaya mereka dapat dengan santai dan senang serta tidak merasa jenuh saat menunggu antrian. Ruang tunggu yang dibuat harus penuh warna dan nyaman terhadap pengunjung. Anda juga bisa menggantung beberapa karya fotografi Anda, untuk dilihat-lihat oleh pengunjung. Bahkan juga bisa memberikan makanan ringan untuk memanjakan pengunjung.

Cari karyawan dan menetapkan jadwal

Untuk mencari karyawan, Anda bisa beriklan di surat kabar lokal. Tentukan dan pilih pengalaman dan kriteria karyawan yang dicari. Usahakan mencari karyawan yang bertanggungjawab dan berdidikasi tinggi pada pekerjaannya. Setelah itu Anda bisa menentukan jadwal buka studuio foto Anda. Usahakan menentukan jadwal kerja yang telah disepakati bersama dengan para karyawan.

Gunakan latarbelakang yang berkualitas

Sebuah studio foto harus memilik latar belakang (backdrop) yang lengkap dan baik. Para klien tentunya akan mengaharapkan foto yang berkualitas dan warna-warna yang solid. Latar belakang harus lengkap. Banyak alternatif pilihan seperti biru dan merah sebagai latar belakang pas foto. Dan tentunya pemandangan yang tematik untuk foto studio.


Make up dan aksesoris

Para klien selalu berharap mendapatkan pelayanan yang terbaik dari foto Anda. Mereka membayar untuk hal itu. Tunjukkan dengan dedikasi yang baik bahwa Anda menyediakan segala sesuatunya dengan lengkap. Seperti make up dan akseseoris. Menyewa seorang penata rias untuk make up dan aksesoris akan menjadi opsi yang paling baik bagi Anda.

Tentukan harga

Harga merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam bisnis studio foto. Biaya yang tinggi akan menyebabkan bisnis Anda terlihat mahal. Namun jika terlalu murah akan menyebabkan keuntungan Anda minim. Standarisasaikan harga dengan tempat lainnya. Selalu pertimbangkan dalam aspek yang lain juga seperti gaji karyawan, biaya peralatan studio.

Nama studio

Sebuah studio foto memerlukan nama yang menarik untuk menarik pelanggan. Nama yang digunakan bisa menjadi kegagalan ataupun keberuntungan bagi bisnis Anda. Diskusikan pilihan nama dengan sesama rekan Anda. Apa saja poin-poin yang tepat untuk memutuskan nama tersebut? Berikan juga kesempatan bagi rekan Anda untuk memberikan usulan nama.

Iklan studio

Anda telah mempunyai lokasi, karyawan, peralatan dan nama. Sebelum beriklan, buatlah poin-poin kelebihan studio Anda untuk dijual pada iklan tersebut. Mengapa pelanggan akan datang ke studio Anda? Apa yang ditawarkan bagi para pelanggan yang tidak mereka dapatkan di tempat lain? Dan yang terakhir berikan kontak, juga termasuk alamat lokasi fotografi.

Jalankan bisnis dengan gembira

Ketika pelanggan sudah banyak, jalankan bisnis Anda dengan  perasaan gembira. Agar bisnis yang Anda jalankan sukses dan berakibat baik untuk Anda.

Demikian artikel tentang cara membuka bisnis fotografi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *