5 Keuntungan Menetap Homestay di India yang Bisa Anda Jadikan Ide Bisnis

Ada pepatah di India yang berkata “Athithi Devo Bhava” yang berarti tamu adalah Tuhan. Masyarakat India menganggap sebagai suatu kehormatan yang besar jika mereka memiliki tamu di rumah mereka dan akan mengajaknya jalan-jalan untuk menyenangkan mereka. Tidak ada keramahan seperti yang ada di India. Sayangnya sebagian pengunjung yang datang ke India dan tinggal di hotel tidak sepenuhnya merasakan sungguh-sungguh keramahan warga India.

Hal yang positif belakangan ini ialah, semakin maraknya perkembangan homestay saat ini di India. Konsep homestay sangat sederhana. Hanya menggunakan tempat tidur dan sarapan. Para tamu juga bisa menginap di rumah keluarga atau tempat terpisah di dekatnya. Saat ini sebagian homestay, sudah bisa melayani tamu dengan kenyamanan seperti hotel.

Manfaat homestay di India

Ada sejumlah alasan mengapa tinggal di homestay bisa menjadi lebih baik daripada menginap di hotel. Manfaat homestay di India ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk, membuat konsep bisnis homestay dirumah Anda:

Akomodasi yang sangat khas

Tidak ada cara yang lebih baik untuk merasakan keragamana dan pesona India daripada di homestay. Pilihannya hampir tak terbatas. Dan mencakup bungalow perkebunan. Havelis bersejarah (rumah mewah) dan cottage pedesaan yang terpencil.

Layanan personal

Berbeda dengan hotel, homestay biasanya hanya memiliki beberapa kamar. Keluarga yang tinggal disana bertindak sebagai tuan rumah. Hal ini menjamin bahwa para tamu mendapat banyak perhatian penuh. Anda bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga rumah homestay tersebut. Anda bisa menghabiskan banyak waktu bersama mereka dengan mengobrol, makan bersama dan sebagainya.

Terlepas dari itu, tinggal dengan keluarga India adalah cara termudah untuk mencari tahu tentang buadaya India dan kebiasaan hidupnya. Banyak juga tamu dan tuan rumah menemukan ikatan yang kuat satu sama lain ketika mereka tinggal di homestay dan menjalin kekerabatan dengan saling memberi kabar satu sama lain.

Pengetahuan lokal

Kekayaan informasi yang dimiliki keluarga homestay sangat membantu, dalam hasil maksimal dari kunjungan Anda. Banyak keluarga pemilik homestay yang senang untuk menjadi tour guide bagi tamu untuk mengenal daerah sekitar mereka. Memberikan mereka wawasan yang berharga dan tentunya tidak akan bisa Anda dapatkan hanya dari buku panduan.

Masakan rumahan yang lebih otentik

Ada perbedaan besar antara makanan India yang disajikan diretoran/hotel dengan masakan rumahan yang dimasak oleh keluarga pemilik homestay. Dengan menginap di homestay, Anda baru akan merasakan bagaimana mencicipi masakan India yang benar-benar otentik buatan masakan rumahan keluarga India.

Ini jauh lebih menarik dan kaya akan variasai rasa timbang makanan yang ada di restoran ataupun hotel. Beberapa homestay bahkan mengajak para tamu untuk berpartisisapi membiarkan mereka menonton bahkan sampai megajak mereka untuk ikut dalam proses masak-memasak.

Aktivitas unik

Sebagai tamu di homestay, fokusnya adalah kepada Anda. Pemilik homestay biasanya akan sangat koperatif menagajak untuk kegiatan aktivitas keseharian mereka. Kegiatannya biasanya bervariasai tergantung pada lokasi dan waktu. 

Itulah tadi sekilas tentang bisnis homstay di India. Semoga dapat memberikan informasi bagi selurh pembaca dan pecinta bisnis. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *