17 Situs Marketplace Terbesar di Indonesia

Perkembangan toko online semakin marak belakangan ini. Berbagai macam situs mendadak bermunculan menawarkan jasa jual-beli online. Dengan segenap kemudahan dan fasilitasnya, perlahan belanja secara online merubaha gaya belanja masyarakat. Muncul pula istilah ‘online mall’. Online mall ditujukan bagi suatu situs yang menyediakan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tren toko online sedikit demi sedikit mulai masuk ke Indonesia. Fenomena toko online ini sebenarnya sudah ada di awal tahun 2000-an. Namun karena cakupan internet yang saat itu belum menjangkau semua kalangan, belanja secara online masih menjadi hal yang mustahil di kalangan masyarakat Indonesia. Baru kemudian di era tahun 2010-an ketika internet sudah mulai masuk desa, toko online yang sudah ada sejak lama ini seolah mendadak bermunculan.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai situs jual-beli online yang paling populer di Indonesia. Penentuannya didasarkan pada peringkatnya di Alexa Rank. Semakin kecil angka Alexa Rank-nya, semakin bagus situs tersebut. Itu tandanya, semakin banyak orang yang mengunjungi situs tersebut. Semakin banyak orang, tentu saja popularitas akan dengan mudah diraih.

17. Lamido http://lamido.co.id/

Berdasarkan situs Alexa, Lamido memiliki peringkat ke-228 di Indonesia. Sedangkan di dunia, peringkatnya menduduki posisi ke-15.407. Lamido masih memiliki hubungan saudara dengan Lazada. Situs ini menjadi perantara antara penjual dan pembeli atau dapat dikatakan sebagai pasar virtual. Selain ada di Indonesia, keberadaan Lamido dapat dijumpai di Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Di situs ini, Anda dapat menemukan berbagai macam barang, seperti supermarket. Apa yang akan Anda beli? Baju? Perlengkapan Bayi? Buku? Semuanya dapat ditemukan di Lamido. Bahkan hingga truk pun tersedia di sini! Bisa dibayangkan bukan betapa lengkapnya? Mereka juga sering mengadakan promo dan diskon untuk menarik pembeli. Lamido memfokuskan pada pembeli dan penjual kalangan kelas menengah dimana si penjual ingin menjual namun tidak punya ‘lapak’ sedangkan si pembeli kelas menengah biasanya juga mencari harga barang yang murah.

16. Groupon http://groupon.co.id/

Groupon pertama kali diluncurkan pada bulan November 2008 di Chicago, Amerika Serikat. Dalam jangka waktu dua tahun, mereka berhasil memperluas pangsa pasarnya hingga di 150 tempat. Di tahun 2010, jumlahnya mencapai lebih dari 150. Karena hal ini, Groupon pernah disebut dalam Forbes dan Wall Street Journal sebagai bisnis dengan penjualan yang paling cepat yang pernah ada.

Kini situs jual beli tersebut sudah hadir di Indonesia. Tidak seperti situs jual beli lainnya yang produknya berupa barang, Groupon juga menyediakan produk berupa jasa. Mulai dari jasa restoran, jasa fotografer, jasa bimbingan belajar, salon dan spa, hingga jasa pembersihan kamar tidur, smeuanya tersedia di Groupon.

Cara kerjanya yaitu penyedia jasa yang tergabung di Groupon harus memberikan diskon bagi para konsumennya. Konsumen yang menggunakan jasa tersebut via Groupon, berhak mendapat harga lebih murah dibanding dengan konsumen yang menggunakan jasa tidak via Groupon.

Meskipun dikabarkan akan bangkrut, hal ini tidak lantas membuat Groupon rendah diri. Pangsa pasar mereka justru semakin meningkat. Di Indonesia, situs ini menduduki peringkat ke-202. Sedangkan di dunia, situs ini menduduki peringkat ke-12.952.

15. Qoo10 

Situs ini hampir sama dengan situs e-commerce lainnya yang menyediakan berbagai barang dan jasa. Di Indonesia situs ini menempati urutan ke-173. Sedangkan di dunia posisinya masih cukup rendah dengan menduduki angka banyak yaitu di angka 11.518. Produk yang dijual cukup bermacam-macam. Mulai dari produk kecantikan, makanan, kosmetik, bahkan juga tiket masuk ke wahana wisata seperti tiket masuk ke ‘waterboom’.

14. Blibli https://www.blibli.com/

Blibli merupakan situs belanja baru dengan konsep supermarket yang hadir di tengah masyarakat Indonesia. Barang yang djiual cukup beragam. Meskipun dibangun dengan konsep ‘online mall’, penjual di BliBli tidak bisa secara langsung menyelenggarakan aktivitas penjualan. Mereka terlebih dahulu harus mengadakan kesepakatan kerja dengan pihak Blibli.

Salah satu keuntungan membeli dari situs ini adalah gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Keuntungan lainnya adalah, pelanggan diperbolehkan mencicil pembayaran jika barang yang dibelanjakan melebihi Rp500.000 dengan bunga 0%. Jangka waktu pembayarannya yaitu antara 6-12 bulan.

Sayangnya, situs ini pernah tersangkut rumor kasus penipuan yang beredar di kalangan pengguna internet. Terlepas dari isu tersebut, situs ini semakin melebarkan sayapnya. Terbukti dengan peringkatnya di Indonesia yakni 171 dan di dunia yakni 10.312, Blibli mampu membuktikan kinerjanya.

13. Jakarta notebook

Ingin membeli gadget, atau notebook? Atau sedang mencari piranti fotografi? Ini dia tempatnya. Semua peralatan yang berhubungan dengan teknologi ada di situs ini. Di Indonesia, peringkatnya menduduki urutan ke-167 sedangkan di dunia menempati urutan ke-11.951.

12. AliExpress

Situs Alibaba memiliki banyak saudara. Ada Taobao, Tmall, Juhuasuan, eTao, Alipay, dan lain-lain. Salah satu saudaranya adalah AliExpress. AliExpress menyasar kalangan penjual dan pembeli yang berskala kecil. Hampir sama dengan Alibaba, di Indonesia situs ini kalah populer dengan situs seperti Berniaga. Peringkatnya hanya menempati urutan 123. Sedangkan di tingkat dunia peringkatnya cukup tinggi yaitu peringkat ke-57.

11. Alibaba

Alibaba merupakan suatu situs e-commerce yang menyediakan berbagai macam barang mulai dari fashion hingga barang elektronik. Situs ini didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan berbasis di Hangzhou, China. Tidak seperti situs lain yang menyediakan wadah bagi pedagang kecil, Alibaba justru sebaliknya. Situs ini merupakan wadah bagi pengusaha-pengusaha dan industri manufaktur di China agar dapat bertemu dengan penjual di seluruh dunia. Situs ini menempati urutan ke-112 di Indonesia dan urutan ke-66 di dunia. Sedangkan di China sendiri, sudah mencapai peringkat ke-23.

10. Zalora

Zalora merupakan toko online yang menjual berbagai produk fashion baik pria maupun wanita, mulai dari sepatu, baju, tas, hingga aksesoris. Pusatnya berada di Singapura namun situsnya sendiri bisa dijumpai di Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei. Produk yang dijual merupakan campuran antara merek-merek internasional dengan merek dalam negeri di mana Zalora beroperasi.

Situs ini masih bersaudara dengan Lazada dan Lamido. Ya, tepat sekali. Situs ini masih berada di bawah bendera Rocket Internet. Di Indonesia sendiri, situs ini sudah ada sejak tahun 2012. Posisinya di Indonesia berada di urutan 109, sedangkan di dunia berada di urutan 6994.

9. Ebay 

Situs ini memiliki peringkat yang unik dibanding situs lainnya. Di dunia internasional, peringkatnya mencapai urutan ke-27. Namun ternyata situs ini cukup tidak populer di Indonesia yang hanya meraih urutan ke-106. Dengan tidak menggunakan konsep online mall, situs ini meurpakan situs C2C (Consumer-to-consumer) terbesar di dunia.

Tahun 1995 Pierre Omidyar mendirikan situs ini tepatnya di California, Amerika Serikat. Namun sayangnya situs ini tidak bersifat gratis, penjual akan dikenai tagihan jika mereka menjual barang melalui situs tersebut. Ingin melebarkan pasar ke dunia internasional? Coba mulai promosikan produk Anda melalui Ebay.

8. Elevenia 

Elevenia menduduki peringkat 92 di Indonesia dan peringkat 6.085 di dunia. Elevenia merupakan hasil kerjasama antara PT. XL Axiata dengan SK Planet Co., perusahaan e-commerce terbesar dari Korea Selatan. Situs yang baru diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2014 ini menjual berbagai macam kebutuhan konsumen.

Setiap online shop tentu memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu juga dengan Elevenia. Elevenia merupakan perantara antara penjual dan pembeli. Siapapun yang bertransaksi, baik penjual maupun pembeli, dijamin keamanannya. Elevenia bertindak sebagai bank atau perantara pembayaran bagi kedua belah pihak. Ciri khas lainnya yaitu adanya ‘Seller Zone’. Dalam Seller Zone, penjual tidak hanya menjual saja tapi juga diberi berbagai macam pelatihan yang meningkatkan penjualan.

7. Bhinneka

Ini dia situs yang didirikan orang Indonesia dengan nama dan tampilan yang Indonesia banget. Dikepalai oleh Tommy Chandra, Vensia Tjhin, Leo Antonius, Hendrik Tio, Darsono Sutikno, dan Nicholas Tio, situs ini memiliki visi untuk menjadi yang nomor satu di Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pengunjung. Bhinneka menempati posisi di urutan 73 untuk Indonesia dan urutan ke 4.188 untuk dunia.

Tidak seperti situs lainnya yang hampir menjual semua kebutuhan rumah tangga mulai dari busana luar hingga busana dalam, situs ini menjual berbagai macam peralatan dan perkakas yang berbau teknologi. Barang yang dijual antara lain komputer, gadgte, fotografi, peralatan kantor, peralatan rumah tangga, dan peralatan lain seperti gergaji dan termometer.

6. Amazon 

Situs Amazon tidak terlalu populer di Indonesia dibanding dengan situs-situs seperti OLX dan Berniaga. Namun demikian, keberadaannya tidak bisa diremehkan. Posisinya masih cukup tinggi yaitu urutan ke-55 di Indonesia dan urutan ke-9 di dunia. Situs ini merupakan situs yang cukup unik. Peringkatnya di dunia sudah mencapai peringkat ke-9, tapi peringkatnya di Indonesia cukup rendah, bahkan tidak masuk dalam 10 besar.

Situs ini benar-benar menjadi ‘online mall’ terbesar di dunia. Barang apapun yang dicari semuanya tersedia di sini. Situs ini juga dapat digolongkan sebagai situs yang berumur lebih tua dibanding situs lainnya. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tanggal 5 Juli 1994. Kini pangsa pasarnya semakin meluas mejangkau seluruh dunia.

5. Bukalapak

Bukalapak menduduki peringkat ke-31 di Indonesia dan menduduki peringkat ke-2021 di dunia. Bagi penjual, banyak keuntungan yang bisa didapat. Pertama, penjual akan mendapat pemberitahan via SMS jika ada pembeli, jadi tidak perlu terus-terusan online. Kedua, ongkos kirim sudah diperhitungkan secara otomatis tanpa perlu menghitung kembali. Ketiga, mendidik para penjual untuk menjadi pengusaha. Tidak hanya menyediaka lapak, bukalapak juga menyediakan berbagai informasi mengenai tips dan trik agar sukses berjualan.

Situs ini didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky yang sekaligus sebagai CEO-nya. Konsep yang ditawarkan bukan konsep ‘online mall’ melainkan konsep C2C alias ‘Customer to Customer’. Maksud dari konsep ini adalah siapapun bisa menjual dan membeli. Penjual bisa berkomunikasi langsung dengan pembelinya, begitu juga sebaliknya.

4. Tokopedia

Meskipun konsep yang dibangun hampir sama dengan situs e-commerce lainnya yaitu konsep ‘online mall’, namun situs ini memiliki kelebihan tersendiri. Di saat situs lain tidak akan melayani penjualan jika barang yang dibeli belum dibayar, Tokopedia justru sebaliknya. Tokopedia menjamin para konsumennya berbelanja dengan aman dan terhindar dari penipuan dengan cara, pembayaran akan dilakukan setelah barang yang dibeli sampai di tangan konsumen. Bahkan, barang yang dikirim bisa ditelusuri jejaknya, sudah sampai di manakah barang tersebut.

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya. Sejak tahun 2009 hingga sekarang, Tokopedia telah menunjukkan perkembangan pesat. Indikatornya adalah mereka mampu melayani dua juta transaksi tiap bulannya.  Hal ini juga yang menyebabkan Tokopedia menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1797 di dunia.

3. Lazada

Lazada menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1650 di dunia. Konsep yang diangkat Lazada adalah ‘online mall’. Konsep pelayanan yang ditawarkan hampir sama dengan Lamido. Pelayanannya antara lain, pengembalian barang dalam waktu 14 hari, boleh mencicil jika belanjanya mencapai jumlah tertentu, dan tidak dikenai ongkos pengiriman.

Lazada merupakan salah satu anak perusahaan dari Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan penyedia e-commerce terbesar di dunia. Hampir di setiap negara, terdapat situs layana e-commerce dari Rocket Internet.

2. Berniaga

Berniaga menempati urutan ke-21 di Indonesia dan urutan ke-1464 di dunia. Situs ini merupakan situs e-commerce terbesar kedua di Indonesia setelah OLX. Berbeda dengan situs OLX, situs Berniaga tetap konsisten pada pangsa pasarnya untuk menjual produk khusus barang-barang ‘second’. Situs Berniaga cenderung lebih merakyat dibanding situs lainnya. Hal inilah yang menyebabkan mereka menduduki posisi teratas di Indonesia.
Sesuai dengan slogannya, Berniaga bertujuan mempertemukan penjual dengan pembeli. Target mereka adalah memastikan bahwa transaksi yang dilakukan adalah transaksi antarindividu, bukan transaksi dari kalangan profesional. Banyak barang bekas tidak terpakai di rumah Anda? Berniaga bisa menjadi solusinya.

1. OLX 

Ini dia, situs e-commerce paling ‘hot’ dan paling sering dibicarakan oleh seluruh orang di Indonesia. Olx yang merupakan singkatan dari ‘Online Exchange’ sukses menduduki peringkat ke-16 di Indonesia dan peringkat ke-900 dunia. Dengan posisinya yang sekarang, dapat dikatakan bahwa OLX adalah situs e-commerce terbesar di Indonesia. Dia telah berhasil mengalahkan ribuan situs lainnya.

Situs yang didirikan tahun 2008 ini mulanya diberi nama Tokobagus.com. Situs ini dapat dikatakan sebagai pelopor jual beli online di Indonesia. Perubahan namanya menjadi OLX mengejutkan banyak pihak. Pemilik situs ini tidak memberikan keterangan apapun. Dia hanya mengatakan bahwa perubahan hanya terjadi pada logo, nama, dan nama domainnya saja. Selebihnya, semua sistemnya masih tetap sama. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Tokobagus diakuisisi oleh OLX. Situs OLX sendiri merupakan jaringan e-commerce yang sudah tersebar di berbagai negara.

Pangsa pasar OLX merupakan pangsa pasar kelas menengah. Di sini, Anda bisa mendapat barang dengan harga murah karena banyak barang bekas yang dijual. Namun kini situs tersebut tidak hanya menjual barang bekas tapi juga barang baru. Bahkan pelayanannya sudah meluas hingga mencakup jasa dan lowongan kerja.

Itulah dia situs-situs ‘marketplace’ terbesar di Indonesia. Nah, sekarang coba tengok situs toko online Anda melalui Alexa untuk mengecek peringkatnya. Jika masih berada di angka ribuan atau puluhan ribu, itu tandanya toko online Anda masih sepi pengunjung. Namun tidak apa-apa, yang utama adalah pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dibutuhkan waktu dan proses yang cukup lama untuk bisa menduduki posisi OLX atau Amazon.

1 thought on “17 Situs Marketplace Terbesar di Indonesia”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *