16 Fakta Menarik Starbuck Coffee

Anda gemar meminum kopi sembari rapat atau sekedar berkumpul bersama rekan kerja ? Jika iya, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi bernama Starbucks. Gerai ini terhitung cukup berkelas karena kehadirannya di Indonesia hanya dapat ditemui di mall-mall besar atau bandara di setiap kota di Indonesia. Satu hal yang khas mengenai lokasi yang digunakan oleh Starbucks sebagai gerainya adalah rata-rata berposisi sama di sebelah kanan dekat pintu masuk. Hal ini sangatlah strategis dan secara psikologis akan mempengaruhi para pengunjung mall, karena ketika mereka pertama datang mereka akan melihat Starbucks dan terakhir yang dilihat sebelum mereka pulang juga Starbucks. 
Berbeda halnya dengan negara-negara lain, terutama negara kaya seperti Amerika Serikat, negara asal Starbucks atau Singapura. Di negara-negara seperti itu, gerai Starbucks tidak hanya berlokasi di mall-mall premiun saja, namun disetiap lokasi yang menjadi pusat keramaian. Seperti di Amerika, banyak gerai Starbucks berlokasi di pinggir jalan di Manhattan. Di Singapura, gerai Starbucks terletak di termina-terminal MRT.
Harga kopi ataupun teh dan beberapa jenis Starbucks lainnya mungkin akan terasa wajar bagi sebagian orang, karena selain menikmati produknya, kita juga mendapatkan gengsi secara tidak langsung sehingga psikologis kita akan merasa puas dan bangga karena mampu membeli produk-produk bermerek. Namun, untuk sebagian yang lain harga yang ditawarkan untuk secangkir kopi di Starbucks terkadang berlebihan. Berikut ini adalah fakta-fakta dibalik Starbucks :
1. Starbucks didirikan di Seattle, 30 Maret 1971.
2. Pendirinya adalah tiga sekawan, yaitu Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker.
3. Starbucks memiliki kantor pusat di Seattle, Washingtong, AS tepatnya di bekas gedung pusat distribusi katalog Sears, Roebuck, and Co.
4. Starbucks memiliki logo sosok putri duyung yang memiliki dua ekor atau dalam mitologi Yunani disebut siren. Logo Starbucks telah mengalami beberapa perubahan gambar dan warna dari design asli yang pertama kali digunakan, dulu warna yang digunakan adalah coklat namun sekarang diubah menjadi hijau. 
5. Pada awalnya hampir disepakati nama gerai ini adalah Pequod, namun karena ada beberapa orang yang tidak setuju maka dipilihlah nama Starbucks.
6. Lokasi pertama untuk gerai Starbucks adalah di Pike Place Market di Seattle. Pike Place Market memang lokasi pertama untuk gerai Starbucks, namun sesungguhnya sebelum memiliki lokasi tetap untuk mendirikan gerainya, Starbucks telah membuka usahanya dengan berlokasi di 2000 Western Avenue sejak tahun 1971-1976
7. Sejak 1990an hingga 2000an, setiap harinya Starbucks membuka gerai baru diseluruh dunia. Hal ini menjadikan Starbucks sebagai merek kopi terbesar di dunia. 
8. Berdasarkan data yang didapat pada 16 November 2012, saat ini Starbucks sudah memilki gerai yang berjumlah 20.366 yang tersebar di 61 negara.
61 negara tersebut terbagi dalam 7 wilayah yaitu di Amerika Utara terdapat Kanada, Meksiko, Amerika Serikat. Amerika Tengah dan Karibia tersebar di Bahama, Puerto Rico, Costa Rica, Aruba, El Salvador, Guatemala, Curacao. Amerika Selatan tersebar di Argentina, Brazil, Chili, Peru. Afrika di Mesir dan Maroko. Oseania terdapat di Australia dan Selandia Baru. Asia tersebar di Bahrain, Hongkong, China, Indonesia, India, Srilangka, Jepang, Yordania, Kuwait, Lebanon, Makau, Malaysia, Oman, Filipina, Qatar, Saudi Arabia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Uni Emirates Arab. Dan di Eropa tersebar di Austria, Belgia, Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Irlandia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Britania Raya.
Starbucks membuka kedai pertamanya di luar Amerika Utara yakni di Tokyo, Jepang pada tahun 1996 dan melakukan perluasan wilayah di Amerika Tengah pada September 2002 dengan membuka gerai di Mexico City.
9. Starbucks juga memilki karyawan diseluruh dunia sekitar 160.000, berdasarkan data yang diambil ditahun 2012.
10. Di Starbucks Coffee saat ini tidak hanya sebatas menjual kopi saja, namun ada beberapa pilihan lain, yaitu salad, sandwich, kue,dan camilan-camilan pelengkap kopi. Selain itu disetiap gerai Starbuks juga dijual gelas dan tumbler, sebagai cendera mata khas Starbucks.
11. Starbucks juga memiliki bisnis lain yaitu dengan mendirikan Hear Music sebagai wadah untuk Starbucks memproduksi buku, musik, dan film.
12. Starbucks juga menjalin kerjasama dengan Apple pada Oktober 2006 yang menyepakati untuk menyediakan aplikasi Starbucks Entertainment di Itunes.
13. Ternyata tidak semua menu di Starbucks menjadi favorit pelanggan, berikut ini ada 10 menu yang jarang dipesan di Strabukcs, yaitu Snickers Frappucino, Dirty Hippy, Thin Mint Frappucino, Samoa Frappucino, Marble Mocha Macchiato, Bootleg Brulee, Cinnamon Roll Frappucino, Cookies and Cream Frappucino, Banana Cream Pie Frappucino, dan Apple Juice Orange Blossom.
14. Dari semua daftar menu yang ditawarkan Starbucks, terdapat sekitar 87.000 kombinasi yang dapat dipadu-padankan satu sama lain.
15. Starbucks juga menerapkan kemajuan teknologi dengan menyediakan pelayanan otomatis yang memungkinkan pelanggan mengkombinasikan 280 jenis kopi dalam satu menu pilihan yang dia pilih berdasarkan keinginan dengan menggunakan mesin yang memilki sistem layar sentuh. Namun sayangnya belum semua gerai Starbucks menyediakan mesin ini, hanya terdapat di beberapa daerah saja.
16. Starbucks juga beberapa kali sempat mengalami kerugian yang menyebabkan penutupan gerai, seperti yang terjadi di Israel dan Cina. Di Israel gerai-gerai milik Starbucks terpaksa ditutup karena alasan keamanan yang cukup mengancam, dan di Cina gerai-gerai Starbucks juga harus ditutup karena banyaknya protes yang terjadi yang menuntut ditutupnya setiap perusahaan milik Amerika terkait sentimen yang berkembang di Cina.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *