15 Tips untuk Menjadi Jauh Lebih Produktif dalam Bekerja

Kadang kita terbangun dengan perasaan yang sangat bahagia dan semangat. Kadang juga kita pernah bangun tidur dengan perasaan yang sangat lemas dan malas. Hal itu sangat wajar dan sering dialami oleh banyak orang. 
Tapi jika tiap hari kita merasa malas dan tidak produktif. Mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kebiasaan buruk tersebut. Berikut beberapa cara untuk menjadi jauh lebih produktif dalam bekerja.
1. Berhenti menunggu kondisi sempurna untuk memulai sebuah proyek besar. 
Segera lakukan hal-hal kecil yang menjadi bagian dari proyek besar tersebut. Anda akan kaget betapa cepat Anda menyelesaikan berbagai hal dalam waktu singkat. Tindakan yang dilakukan adalah bahan bakar positif yang akan mendorong Anda untuk melakukan lebih banyak tindakan.
2. Kekacauan membuat stres.
Kekacauan akan membuat Anda stres. Dan stres sangat tidak baik untuk produktivitas. Andre Agassi mengatan ia tidak akan membiarkan siapa pun menyentuh tas tenisnya karena jika ia mendapati tas tersebut dalam keadaan tidak teratur, dia akan sangat terganggu. Jadi cobalan untuk membersihkan kekacauan di kantor Anda untuk mendapatkan lebih banyak dilakukan. Hal itu bisa dimulai dari hal kecil seperti membersihkan meja kerja Anda. Ruang tamu kantor dan seterusnya. Anda akan merasa lebih nyaman berada di lingkungan yang rapi dan teratur. Cobalah.
3. Cek email di sore hari 
Ini sangat penting dilakukan. Mengecek email di pagi hari dapat merubah semua rencana yang sudah Anda jadwalkan untuk dilakukan hari itu. Kita tidak pernah tahu akan mendapat email dari siapa dan tentang apa. Jangan biarkan jam energi puncak pada pagi hari Anda terganggu oleh adanya email-email tersebut. Lakukan ritual ini di sore hari sebelum pulang kerja. Setelah itu Anda bisa mengatur jadwal Anda untuk keesokan harinya. Lakukan hal-hal kreatif dan produktif yang membutuhkan perhatian lebih di pagi hari saat Anda berada dalam kondisi paling fresh.
4. Jual TV Anda
Jangan mau hanya menonton orang lain mendapatkan sukses. Lakukanlah hal-hal yang akan membawa Anda ke impian Anda. Itu tentu lebih asyik dan jelas hasilnya. Apalagi menonton TV membuat Anda seperti bayi yang disuapi oleh informasi yang ditayangkan. Jika Anda butuh informasi mengenai sesuatu hal, carilah di internet. Anda akan mendapatkannya dalam waktu jauh lebih singkat dan efektif. Belum lagi acara-acara televisi yang ada di Indonesia saat ini hampir semuanya kurang bermutu. Berita-berita negatif dan kontroversial lah yang sering beredar. Jangan rusak otak Anda dengan mengikuti acara dan berita tersebut.
5. Jalankan rutinitas
Jika kita mempelajari kehidupan kreatif orang-orang besar yang produktif seperti Stephen King, John Grisham, dan Thomas Edison, kita akan menemukan mereka menjalani rutinitas harian yang ketat. Mereka benar-benar membuat jadwal dan mengikutinya. Mulai dari saat bangun bangun, ketika mereka akan mulai bekerja, ketika mereka akan latihan dan ketika mereka akan bersantai. Produktivitas puncak bukanlah sebuah keberuntungan. Ini tentang kemampuan untuk fokus dan komitmen.
6. Bangun jam 5 pagi
Memenangkan pertempuran dengan tempat tidur. Menaruh pikiran di atas kasur tidak akan membuat Anda kemanapun. Kebiasaan ini sendiri akan memperkuat tekad Anda untuk bangkit dan bertindak setiap hari. Bangun lebih pagi dipercaya juga dapat membuat pikiran lebih jernih dan kreatif.
7. Jangan melakukan banyak pertemuan
Rapat adalah salah satu hal yang paling mengganggu produktivitas seseorang. Jika kita berada di kantor kita seringkali melakukan rapat. Mulai rapat dengan bawahan, rapat dengan rekan kerja, rapat dengan bos, rapat dengan divisi lain, rapat koordinasi, rapat evaluasi dan rapat-rapat lainnya yang tidak produktif. Tidak hanya rapat panjang. 
Briefing singkat pun dinilai dapat mengganggu konsentrasi orang yang sedang bekerja. Banyak perusahaan yang membatasi jadwal (jam) rapat karyawannya. Ada juga perusahaan yang selalu rapat dengan cara berdiri. 
8. Berhenti multi-tasking
Penelitian baru menegaskan bahwa semua gangguan menyerang hidup kita merubah cara kerja otak kita (dan berakibat dengan dropnya IQ kita sampai 5 poin!). Cobalah untuk fokus pada satu pekerjaan tiap waktu. Fokus dan komitlah untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum beranjak ke pekerjaan berikutnya. Buatlah poin-poin to-do-list dengan prioritasnya. Setelah selesai membuat itu, patuhilah dengan ketat.
9. Lakukan hal yang beda
Cobalah hal-hal baru tiap hari. Hal baru itu bisa jadi hanya hal kecil, tapi jika Anda terbiasa melakukan hal baru, pola pikir Anda akan terus berkembang. Seperti jika Anda biasa berangkat naik mobil, pakailah motor, cobalah kamar mandi yang tidak biasanya Anda pakai di kantor. Cobalah loncat-loncat selama 15 menit, pindah posisi meja kerja Anda tiap 2 bulan. Hal-hal baru tersebut akan merangsang otak Anda untuk menjadi lebih kreatif dan siap menghadapi perubahan. Tumpukan pekerjaan baru pun akan terlihat ringan jika kita biasa dengan hal baru
10. Offline
Matikan komputer dan semua gadget Anda. Jangan begitu tersedia untuk semua orang. Cobalah menghabiskan berjam-jam pada suatu waktu di kantin universitas atau cafe dekat dengan kantor. Anda bisa berpikir, membuat, merencanakan dan menulis sesuatu tanpa adanya interupsi sama sekali. Anda bisa fokus dan rasakan hasilnya.

11. Workout setiap hari
Ini adalah salah satu taktik produktivitas yang jarang diketahui orang. Latihan adalah salah satu kunci produktivitas terbesar di dunia. Cobalah untuk berlatih (berolahraga) setiap hari. Bisa sebelum berangkat kerja atau sesudah kerja. Lakukan setiap sesi olahraga minimal 20 menit. Badan Anda akan terasa sehat, pikiran akan terasa segar dan hari Anda akan menjadi jauh lebih produktif.
12. Minum lebih banyak air
Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda akan memiliki jauh lebih sedikit energi. Tanpa energi Anda akan merasa lemas dan makin sedikit hal yang bisa Anda selesaikan. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari agar Anda tetap ceria dan semangat dalam menjalani hari dan pekerjaan.
13. Bekerja dalam 90 menit blok dengan 10 menit interval
Hal ini berguna untuk memulihkan dan mengisi bahan bakar saat bekerja. Saat istirahat 10 menit Anda bisa berjalan-jalan keliling kantor, berolahraga ringan, atau bahkan tidur-tiduran sebentar. Anda akan merasa refresh seperti mulai pekerjaan di pagi hari lagi.
14. Tulis To Stop List
Setiap orang produktif obsesif selalu memiliki To Do List. Tetapi mereka yang bermain di kelas dunia juga mencatat apa yang mereka berkomitmen untuk berhenti melakukan. Steve Jobs mengatakan bahwa apa yang membuat Apple seperti sekarang adalah karena Apple tidak hanya fokus membuat produk-produk revolusioner. Mereka juga membuat daftar proyek yang harus mereka tinggalkan.
15. Gunakan waktu perjalanan Anda
Jika Anda menghabiskan waktu 2 jam di jalan setiap hari. Pada akhir tahun, Anda telah menghabiskan 1 bulan di kendaraan Anda. Saya mendorong Anda untuk menggunakan waktu itu untuk mendengarkan audiobook dan podcast pelajaran-pelajaran yang dapat membantu Anda. Ingat, cara tercepat untuk melipatgandakan penghasilan Anda tiga kali lipat adalah dengan cara belajar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *