10 Tips Efektif Untuk Melakukan Brainstorming

Dalam bisnis, memunculkan sebuah ide dan membuat perencanaan harus selalu dilakukan. Kurangnya ide dan lemahnya sebuah perencanaan dapat membuat bisnis hanya jalan ditempat. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk mendapatkan ide-ide cemerlang dengan teknik brainstorming. Dalam melakukan brainstorming seseorang harus mengusai teknik-teknik dasarnya. Kebanyakan orang yang tidak menggunakan teknik dasar yang tepat, akan membuat mereka tidak menghasilkan apapun. Mereka hanya membuang-buang waktu dengan berfikir berulang dan selalu berputar-putar dalam satu topik.
Ketika Anda sudah melakukan brainstorming namun hanya sedikit saja ide yang muncul, sebaiknya bacalah beberapa aturan yang ada. Karena hanya dengan ide yang sedikit, perencanaan Anda tidak akan berjalan secara optimal. Mencari informasi mengenai hal-hal yang sedang terjadi bisa digunakan untuk menumbuhkan sebuah ide. Maka, janganlah lewatkan tentang keadaan sekitar. Selalu mengikuti perkembangan dunia, dapat mengembangkan pemikiran kita.
Jika Anda merasa kesulitan dalam menumbuhkan ide dan membuat sebuah perencanaan besar, pelajarilah beberapa tips untuk melakukan brainstorming. Hal ini akan membantu Anda untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Kali ini Bisnishack.com menghadirkan beberapa tips efektif untuk melakukan brainstorming.
1. Brainstorming adalah Kerjasama Tim


Teknik brainstorming agar lebih efektif bisa dilakukan dengan beberapa orang. Brainstorming sangat mirip dengan olahraga tim yang membutuhkan kerjasama dari setiap anggota. Saling melengkapi dan memberikan masukan dapat menjadikan brainstorming lebih efektif. Dalam melakukan teknik brainstorming janganlah menyensor atau memilih ide-ide yang baik saja, karena bisa jadi ide yang dianggap buruk dapat berubah menjadi ide yang luar biasa.
2. Ajaklah Orang yang Berkualitas

Dalam melakukan brainstorming sebaiknya ajaklah orang-orang yang memiliki kualitas dalam berfikir. Orang yang memiliki kualitas berfikir yang baik, akan menghasilkan ide yang sesuai. Jangan mengajak terlalu banyak orang, mungkin Anda bisa membatasinya hanya sekitar 10 orang saja. Terlalu banyak orang akan menghambat dalam menuangkan ide. Memang, banyak orang yang ikut bergabung dalam brainstorming akan menambah banyak ide, akan tetapi Anda akan merasa kesulitan dalam menentukan keputusan.
3. Singkirkanlah Pertimbangan Terlebih Dahulu

Dalam melakukan brainstorming, sebaiknya menghilangkan segala pertimbangan Anda terlebih dahulu. Munculkanlah banyak sekali ide dan jangan memikirkan sebuah risiko, karena tanpa dipikirkan hal itu pasti sudah ada terlebih dahulu. Setiap ide yang muncul sebaiknya jagan langsung dihakimi, sebaiknya tampung terlebih dahulu karena hal ini akan memicu tumbuhnya beragam ide dari setiap orang.
4. Batasi Waktu
Kebanyakan orang akan menyelesaikan target lebih cepat dari biasanya jika pekerjaannya dibatasi oleh waktu. Otak seseorang akan bekerja lebih keras jika dalam berfikir dan menentukan sebuah ide dibatasi dengan waktu.  Dalam melakukan brainstorming batasilah dengan waktu, misalnya 20 menit atau 30 menit. Karena jika terlalu banyak waktu yang dihabiskan, biasanya tidak akan menghasilkan apa-apa dan semuanya sia-sia saja. Mulailah dan akhiri sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
5. Catat Semua Ide yang Muncul

Pada saat brainstorming berlangsung, tentunya akan banyak sekali ide yang muncul. Anda harus mencatat ide yang dikeluarkan setiap orang, karena dengan begitu tidak ada ide yang dilupakan atau timbul pertanyaan “Tadi apa yang kamu katakan?” jika ini terjadi, maka akan berkesan seperti Anda tidak memperhatikan ide orang lain. Demi lancarnya dan suksesnya proses brainstorming catatlah semua ide yang muncul, karena di akhir itu akan menjadi beberapa masukan dan solusi yang dapat membantu Anda dalam menentukan sebuah keputusan. 
6. Serius dan Tetap Fokus

Saat proses brainstorming berlangsung, kefokusan akan menghasilkan ide yang cemerlang. Jika terlalu banyak bercanda, waktu Anda akan terbuang dan tidak menghasilkan apapun. Serius dan fokus dalam hal ini bukanlah selalu tegang, berbicara dengan rekan untuk memunculkan sebuah ide juga harus dilakukan. Kebanyakan ide akan muncul saat kita mengobrol dan berbagi informasi dengan teman. Selalu fokus terhadap tujuan Anda akan membatu kelancaran brainstorming.
7. Lupakan Sejenak Akses Internet dan Barang Elektronik


Kefokusan orang dalam berfikir dapat terganggu saat mereka terlalu banyak mengakses internet. Sebaiknya hindari hal ini saat Anda melakukan brainstorming. Banyak orang kehilangan fokus, karena mereka akan membuka situs-situs lain yang mungkin tidak berhubungan dengan masalah. Terlena karena terlalu banyak membuka situs yang tidak berhubungan akan membuat produktivitas menurun.
Intinya dalam hal ini adalah singkirkan hal-hal lain yang bisa menyita perhatian dan membuat Anda kehilanga fokus. Matikan TV dan radio, serta simpan saja dulu smartphone, tablet, laptop, atau semua gadget Anda. Mungkinada hal lain yang tidak perlu dimatikan adalah musik. Anda bisa memilih musik yang hanya terdengar instrumennya saja, karena menurut pengalaman ini bisa membantu merileksasi otak untuk menhghasilkan ide.
8. Gunakan Topik yang Sedang Populer

Dalam menumbuhkan ide saat proses brainstorming, Anda bisa mengbrol dengan teman. Berbagi tentang informasi yang sedang terjadi seperti pemilu presiden 2014, atau Prabowo-Jokowi. Hal ini tentunya akan merangsang otak Anda untuk menemukan sebuah ide berdasarkan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Menggunakan hal-hal yang kurang relevan atau mungkin agak sedikit menyimpang dari topik juga bisa menghasilkan ide yang luar biasa. Maka biarkanlah otak Anda merkelana dan memahami hal-hal yang sedang terjadi. Hal ini bisa digunakan sebagai pemansan untuk otak Anda.
9. Membuat Jadwal Khusus Untuk Membuat Inovasi


Sebuah inovasi yang hebat akan merubah hasil bisnis Anda. Menciptakan sebuah inovasi memang tidaklah mudah. Sebuah pabrikan motor tidak akan bisa bertahan lama tanpa melakukan inovasi. Mereka selalu memperhatikaan keadaan sekitar dengan memantau kompetitor mereka.
Persaingan dalam dunia produksi dan pemasaran mengharuskan setiap orang melakukan inovasi. Maka buatlah jadwal khusus dan tempat khusus untuk membuat sebuah inovasi. Saat brainstorming, sediakanlah sesi khusus untuk membahas inovasi dalam menjalankan usaha Anda. Ide dari banyak orang akan menghasilkan keragaman dan perpaduan yang maksimal.
10. Jangan Terburu-buru, Koreksi Terlebih Dahulu

Sebuah proses brainstorming sama halnya proses belajar atau mengerjakan tugas. Proses ini memerlukan sebuah koreksi di akhir kegiatan. Janganlah tergesa-gesa dalam menentukan sebuah gagasan yang benar-benar akan dijalankan. Setelah semua ide terkumpul dan sudah di bicarakan degan semua anggota, maka lakukanlah koreksi dan pertimbangan. Pertimbangkan dengan matang dengan memadukan segala ide yang diungkapkan. Dengan semua hal itu, buatlah sebuah keputusan yang bijaksana.
Banyak sekali ide yang bertebaran di luar sana. Maka yang perlu Anda lakukan untuk menemukan ide yang cemerlang adalah menulisnya. Bawalah pena dan beberapa lembar kertas, duduklah, berfikirlah, catatlah, dan tentukalah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *