10 Tips Efektif Mengatasi Stres Saat Berbisnis

Masalah yang terlalu banyak, dan kesulitan menemukan jalan keluar akan menjadikan seseorang mengalami stres. Sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan stres? Sebenarnya stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi, maupun mental. Ketegangan ini akan mempengaruhi kinerja dari seseorang, dan menjadikan produktivitas kerja menurun. Stres biasanya juga bisa mengakibatkan rasa sakit dan gangguan mental. Akibat dari stres biasanya dalam dunia ilmiah disebut dengan strain.
Menurut Handoko (1997), stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang. Stres yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seeorang untuk menghadapi lingkungannya. Sedangkan menurut ahli lain, Robbins (2001) stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan diaman untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang pengusaha mengalami stres, diantaranya adalah :
– Kegagalan dalam usaha
– Masalah keluarga
– Kurang percaya diri atau rasa khawatir yang berlebihan
– Ketidak puasan akan pencapaian
– Beban fisik yang relatif lama
– Kurang tidur
Setelah memahami beberapa penyebab stres diatas, tentunya Anda harus mengerti dan mengenali tanda-tanda seseorang mengalami stres. Beberapa hal yang harus diketahui tentang tanda-tanda stres sebagai berikut:
– Mudah marah atau cepat tersinggung
– Terlalu pesimis
– Cepat putus asa
– Perasaan bersalah yang berlebihan
– Susah tidur
– Sakit kepala
– Mengalami masalah pencernaan
– Pendiam
– Sering tampil acak-acakan
Jika Anda sudah mengerti dan mampu mengenali tanda-tanda stres, maka hal yang harus dimengerti selanjutnya adalah apa bahaya stres bagi seseorang terlebih lagi jika orang tersebut  adalah seorang pengusaha. Orang dapat mengalami stres dalam waktu singkat atau dalam waktu lama. Selain gangguan mental atau menjadi gila, stres juga berdampak pada fisik seseorang. Beberapa dampak tersebut adalah :
– Stroke
– Darah tinggi
– Sakit kepala, migrain atau vertigo
– Sesak nafas, dan lain-lain.
Mengingat dampak dari stres sangatlah berbahaya sehingga akan mempengaruhi produktivitas seseorang, maka Anda harus berusaha menghindarinya. Dibawah ini Bisnishack.com akan membagi beberapa cara untuk menghilangkan stres. Simak ulasan berikut.
1. Tidur

Kurangnya waktu untuk istirahat dapat mengakibatkan seseorang mengalami stres. Jika seseorang jarang mendapatkan waktu tidur yang cukup, biasanya itu akan berpengaruh terhadapa produktivitas kerja. Waktu tidur yang terlalu singkat dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi dan sakit kepala. Maka dari itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar beristirahat dan melupakan masalah-masalah yang sedang dihadapi. Tidur dapat merefresh otak Anda, melemaskan otot-otot yang tegang akibat berdikir dan bekerja. Hal ini akan membantu Anda meringankan masalah dan mengurangi risiko stress akut.
2. Menonton Film Komedi

Humor bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menghilangkan sebuah stres. Tertawa adalah salah satu hal yang paling mudah dan murah untuk dilakukan akan tetapi memiliki efek yang luar biasa. Saat ini tertawa merupakan salah satu tren untuk menghilangkan stres, karena dengan tertawa bisa menghasilkan endorphine, serotonin, dan metanonin. Zat ini merupakan zat yang baik untuk otak, karena bisa membuat otak menjadi lebih tenang.
Bukanlah hal yang sulit untuk seseorang agar bisa tertawa. Anda dapat tertawa dengan cara menonton acara-acara atau film-film bertema komedi. Saat ini dunia hiburan yang bertema komedi memang sedang menjadi banyak digemari. Seperti YKS dan Stand up Comedy, ini merupakan acara televisi yang dapat membuat penonton tertawa dengan mudah. Dengan menyaksikan acara-acara seperti ini, akan membuat otak Anda terefresh dan tenang.
3. Sharing atau Mengobrol dengan Teman


Berbicara dan berbagi dengan teman tentang masalah yang sedang dihadapi akan membuat seseorang merasa tenang. Hal ini mirip dengan sebuah cerita, ketika Anda berjalan sendirian dengan membawa beban berat. Kemudian di tengah perjalanan Anda bertemu dengan seorang teman. Setelah berbincang dan memutuskan untuk membagi beban yang dibawa dan teman tersebut mau membantu. Maka Anda akan merasa mudah dan ringan untuk menyelesaikan perjalanan sampai tujuan.
Setelah melakukan hal ini biasanya akan merasa ringan, karena Anda merasa bahwa tidak lagi memikul beban sendirian. Bercerita tentang masalah yang dihadapi akan membantu menurunkan tingkat kesetresan yang dialami, mungkin juga dengan bercerita Anda bisa menemukan solusi untuk mengatasi stres yang dirasakan.
4. Bermain Game

Bermain game menjadi jalan keluar untuk menghilangkan stres yang dialami oleh kebanyakan orang. Mereka akan pergi ke game online, menyalakan laptop, bermain psp, dan melakukan hal menyenangkan lain untuk menghilangkan stres mereka. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh kaum muda, terlebih lagi seorang mahasiswa. Banyak dari mereka merasa puas dan bebas dari masalah ketika mereka berhasil menyelesaikan sebuah tantangan dalam game. Bagi Anda mungkin ini hal yang kurang menarik, akan tetapi tidak ada salahnya jika mencobanya untuk menghilangkan stres yang dihadapi.
5. Jalan-Jalan


Banyak sekali hal menarik di luar ruangan Anda. Ketika Anda seibuk bekerja setiap hari, pasti akan ada saat-saat dimana akan menemukan titik jenuh. Saat Anda berada di titik jenuh sebuah rutinitas, maka harus meluangkan waktu untuk berjalan-jalan menyegarkan pikiran. Melihat hal-hal baru dan unik dapat membuat pikiran Anda kembali tenang. Untuk itu, jika stres melanda sebaiknya segera tutup pekerjaan Anda lalu pergi keluar ruangan untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda.
6. Mendengarkan Lagu

Mungkin sebagian orang kurang setuju untuk melakukan cara ini. Karena saat dalam kesetresan, seseorang kurang menyukai kebisingan. Mereka akan sedikit sensitive dengan suara-suara rebut yang mengganggu konsentrasi mereka. Akan tetapi, tidak ada salahnya Anda mencobanya. Anda bisa memilih lagu-lagu tertentu atau mungkin musik yang berupa instrumental. Hal ini akan membantu menyelaraskan pikiran Anda.
7. Hilangkan Kebiasaan Buruk


Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Tak bisa lepas dari kebiasaan buruk dan selalu melakukannya setiap hari akan membuat Anda mengalami stres. Mungkin Anda perlu sedikit pembenahan diri. Lakukan beberapa introspeksi dan dan rubah gaya hidup Anda menjadi yang lebih baik.
8. Tingkatkan Kreatifitas

Dengan terus mencoba membuat sesuatu yang baru akan merangsang otak Anda berpindah dari sesuatu yang membosankan menjadi hal yang mengasikkan. Mengembangkan kreatifitas kita dan mewujudkannya dalam sebuah karya tertentu dapat menghibur diri sendiri atau orang lain. Dengan melakukan kesibukan yang berbeda dan lebih menarik akan menglihkan perhatian dan membuat stres Anda menurun.
9. Baca Tulisan yang Menginspirasi

Untuk mengobati stres Anda bisa melakukannya dengan cara membaca beberapa tulisan yang menginspirasi. Beberapa paragraf yang menuliskan tentang banyak solusi di dalamnya akan membantu Anda dalam menurunkan tingkat kesetresan. Anda bisa mengaplikasikan solusi-solusi tersebut untuk diri Anda. Maka dari itu, membaca tidak ada salahnya Anda lakukan untuk menhilangkan stres Anda.
10. Merusak Pola

Banyak orang selalu melakukan hal yang sama setiap hari dan menginginkan hasil yang berbeda. Melakukan hal monoton setiap hari adalah sesuatu kesalahan besar, karena ini hanya akan menambah stres Anda. Maka dari itu, Anda perlu merusak pola hidup agar terhindar dari stres.
Merusak pola dapat kita artikan sebagai merubah kebiasaan. Contoh nyatanya adalah ketika pergi ke kantor Anda selalu melewati jalan A. Maka di hari berikutnya, lewatlah jalan B atau C. Merubah kebiasaan hidup Anda bukanlah sesuatu yang buruk untuk dicoba, karena ini akan mengurangi ketegangan dan kesetresan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *