10 Langkah Mudah Untuk Menemukan Rekan Bisnis

Kesuksesan adalah idaman setiap pelaku bisnis. Akan tetapi, kembali pada cerita lama bahwa membangun bisnis yang sukses merupakan hal tersulit yang seseorang dapat lakukan adalah kehidupan mereka. Jika Anda memikirkan hal ini maka Anda akan berusaha untuk mencari solusi yang kiranya dapat membantu Anda. Salah satu solusi yang dihadirkan oleh Bisnishack adalah dengan mencari rekan kerja untuk membangun jaringan bisnis Anda.
Beberapa orang, termasuk Anda mungkin memulai sebuah bisnis seorang diri. Anda bekerja keras kesana kemari mencari pelanggan dan membentuk jaringan. Anda selalu meluangkan waktu, tenaga, dan materi tidak peduli seperti apapun dan seberapapun. Anda benar-benar mempertaruhkan semuanya di dalam bisnis Anda.
Jika Anda sudah berusaha semaksimal mungkin maka Anda akan menuai hasilnya. Ketika Anda sudah mencapai titik puncak perjuangan dan merasa bisnis Anda sudah berjalan dengan baik bahkan semakin besar. Tentunya Anda akan merasakan bahwa Anda membutuhkan seorang teman untuk menjalankan bisnis Anda. Entah itu karyawan, relasi, atau apapun. Tentunya rekan bisnis yang Anda cari adalah rekan bisnis yang sesuai dalam bidangnya, keuangan, SDM, marketing, produksi, dan lain-lain
Dengan masalah yang semakin banyak Anda dihadapi, maka Anda memerlukan solusi. Bisnishack memberikan solusi bahwa Anda harus mencari seorang rekan kerja. Tidak sampai disitu saja, Anda juga harus menemukan kriteria yang sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda butuhkan. Bisnishack menghadirkan solusi dalam memilih rekan bisnis.
Hal-hal yang harus Anda cermati dalam memilih rekan bisnis.
1. Tentukan Karakter Rekan Bisnis Yang Anda Butuhkan

Dalam memilih rekan bisnis Anda harus menentukan karakter rekan bisnis Anda. Anda menginginkan rekan bisnis yang seperti apa. Untuk mengetahui hal ini, Anda harus banyak menyisihkan waktu Anda dan mempelajari calon rekan kerja Anda secara lebih mendalam. Usahakan Anda menemukan rekan bisnis yang memiliki tingkat emosional yang stabil.
2. Mengetahui Latar Belakang Rekan Bisnis Anda

Latar belakang dari setiap orang sangatlah penting untuk menunjukan siapa diri mereka sebenarnya. Untuk itu, dalam mencari rekan kerja Anda sebaiknya harus mencari dan meneliti secara detail bagaimana latar belakang calon rekan kerja Anda. Anda harus mengetahui darimana asalnya, apa keahliannya, bagaimana wataknya, bagaimana kesehariannya, dan lain-lain. Hal ini sangat Anda butuhkan untuk kelangsungan hubungan bisnis Anda. Kebanyakan pebisnis tidak melakukan hal ini, sehingga banya terjadi kasus-kasus penipuan yang mengakibatkan kerugian yagn besar.
Mencari rekan bisnis sangat mirip dengan mencari pasangan hidup. Semuanya harus jelas dan rinci. Tidak boleh sembarangan orang dan harus memiliki keahlian yang sesuai. Dan tentunya calon rekan kerja Anda harus memiliki reputasi yang baik, entah itu di dalam pekerjaan ataupun di luar pekerjaan.
3. Saling Memiliki Chemistry Yang Sama

Mencari rekan kerja sama saja kita ingin melakukan operan dalam bermain sepak bola. Jika kita tidak mempunyai chemistry yang sama pasti kita akan salah mengoper. Seperti itulah, dalam bisnis harus mempunyai frekuensi yang sama untuk menentukan hasil akhir.
4. Memiliki Visi dan Misi Yang Sama

Rekan kerja kita adalah orang yang akan kita ajak berbagi semuanya tentan gpekerjaan dan bisnis. Untuk itu rekan kerja Anda harus memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan arah dan tujuan bisnis Anda. Dan Anda akan merasa mudah dalam mengambil setiap keputusan yang akan dibuat. 
Tentunya Anda sudah membayangkan, jika Anda memiliki rekan kerja yang pas dan sesuai dengan Anda baik fikiran dan kemauannya, akan sangat mudah dalam melangkah beriringan.
5. Pandai Mengelola Keuangan

Rekan kerja Anda haruslah orang yang pandai mengelola keuangan. Mengapa demikian? Bisnis selalu beruhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran. Pemasukan dan pengeluaran disini pastilah dimaksudkan dengan uang. Dimana Anda membuat suatu kebijakan yang membutuhkan pengeluaran berlebih, dan pastinya Anda akan membuat rancangan anggaran. Disitu rekan Anda dapat berandil peran. Anda bisa mengajaknya berdiskusi menentukan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan. Rekan kerja Anda juga dapat berperan sebagai rem jika Anda sudah mulai tidak terkontrol dalam mengeluarkan dana.
Hal ini akan sangat membantu Anda dalam kelancaran Anda berbisnis. Bisnis Anda akan terasa sempurna jika rekan kerja Anda adalah orang yang sangat profesional dalam mengatur manajemen keuangan.
6. Relevansi Dengan Pekerjaan Anda

Rekan kerja Anda sebaiknya adalah orang-orang yang dapat melengkapi kekurangan Anda. Rekan kerja Anda sebaiknya selalu orang yang paham sekali dengan dunia bisnis. Agar Anda tidak perlu repot dalam menjelaskan hal apapun mengenai bisnis kepada rekan kerja Anda.
Jadi orang yang Anda cari dalam bisnis Anda memanglah benar-benar orang yang sesuai dengan pekerjaan Anda.
7. Tetapkan Periode Percobaan

Jika Anda sudah menemukan rekan bisnis Anda sebaiknya Anda jangan segera membuat kontrak kerja. Anda sebaiknya menerapkan periode untuk melakukan percobaan kepada rekan kerja Anda. Percobaan  haruslah didasarkan pada waktu tertentu.
Waktu untuk melakukan percobaan harus dibatasi. Misalnya pada saat ini kebanyakan perusahaan melakukan masa percobaan selama tiga bulan kerja. Selama itu kita bisa mengamati apakah rekan kerja Anda benar-benar orang yang kompetitif atau bukan.
8. Pembagian Hasil Yang Jelas

Saat kita memeperoleh rekan kerja, sebaiknya kita mempertimbangkan satu hal yaitu tentang pembagian hasil ataupun gaji. Dalam pembagian hasil haruslah jelas, karena bagaimanapun juga seseorang menerima tawaran kerja dan seseorang ingin bekerja adalah dengan alasan keuntungan ataupun gaji. Jika gaji dan keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan maka seseorang itu pasti akan bersemangat. Jangan sampai rekan kerja kita memutuskan kontrak dengan kita hanya karena pembagian hasil yang tidak jelas. Hal itu akan membuat kredibilitas kita menjadi buruk.
9. Patuh Dengan Aturan Main Anda

Rekan kerja yang Anda ajak kerja sama sebaiknya harus patuh dengan aturan main Anda. Jangan sampai mereka ikut dalam menetukan aturan main atau mereka akan bekerja seenaknya. Hal ini akan membuat anda rugi di kemudian hari. Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu. 
10. Jujur dan Amanah

Memilih rekan kerja haruslah selektif. Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan baik. Kejujuran dan dapat dipercaya adalah salah satu dasar untuk menentukan itu semua. Hal ini tentunya diikuti dengan kinerja Anda yang benar-benar transparan. Dengan ini mereka akan berkerja dalam keadaan yang nyaman dan tanpa tekanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *