10 Karakter Pemimpin yang Bisa Membantu Anda Melewati Masa Sulit

Jangan berpikiran bahwa menjadi pemimpin adalah hal yang mudah tanpa mempunyai visi, misi, dan filosofi yang tepat. Seorang pemimpin harus siap melawan arus dan mengambil langkah untuk mengalahkan kegagalan. Hal paling penting yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah keberanian, karena dengan keberanian tersebut seorang pemimpin dapat melakukan hal-hal yang orang lain tidak berani untuk melakukannya. Sikap keberanian datang dari dalam diri berkat karakter yang tegas. Berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, serta mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan maksimal akan membuat nama seorang pemimpin selalu dikenang.

Seorang pemimpin yang baik tidak dilihat dari seberapa banyak temannya, akan tetapi pemimpin adalah orang yang benar-benar berjiwa demokratis dan mampu membangkitkan semangat karyawan dan seluruh staf pegawainya. Seorang pemimpin harus bisa menjadi siapapun saat dibutuhkan oleh pegawainya. Pemimpin yang baik akan menjadi panutan bagi semua orang yang ada dibawahnya. Sikap-sikap pemimpin yang baik mampu Anda gunakan untuk memperbaiki hidup yang dijalani.
Artikel kali ini Bisnishack.com akan berbagi tentang karakter pemimpin yang bisa membantu Anda melewati masa-masa sulit. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari selengkapnya di bawah ini.

a. Dengarkan

Pemimpin adalah seseorang yang dianggap paling dituakan, paling pintar, dan paling mampu mengatur serta mengkondisikan keadaan menjadi nyaman dan kondusif. Salah satu karakter pemimpin yang dicari adalah pemimpin yang mampu menjadi pendengar bagi semua keluahan yang disampaikan oleh pegawainya. Dalam hal ini tentunya bukan hanya mendengarkan saja lantas lupa, akan tetapi memberikan tindak lanjut atas apa yang disampaikan oleh pegawainya.

Menjadi pemimpin harus mampu mendengar seluruhnya tanpa melakukan diskriminasi dalam hal apapun. Mendengar keluhan dari pegawai akan meringankan masalah yang sedang dihadapi dan membuat Anda terkesan sebagai pemimpin yang peduli. Untuk itu terapkanlah cara ini dalam hidup Anda. Dengarkan apapun yang dikatakan orang lain, lalu saring dan resapi. Ambil sisi positifnya yang mampu membantu untuk bangkit dan keluar dari masalah.

b. Beri Apresiasi

Selalu memberikan sebuah apresiasi terhadap apa yang dikerjakan oleh pegawai akan menambah rasa hormat karyawan kepada pimpinannya. Seorang pemimpin biasanya jarang sekali memberi apresiasi terhadap kinerja pegawainya. Hal ini akan membuat semangat dan motivasi pegawai menjadi menurun. Memberikan apresiasi tidaklah harus selalu menggunakan materi, apresiasi dapat berwujud ucapan selamat, tepuk tangan, senyuman, dan ketertarikan terhadap apa yang dikerjakan pegawai.

Sebaiknya pemimpin bisa mulai memberikan apresiasi denga ucapan “Anda hebat!” atau “Selamat atas keberhasilan Anda!”. Ini akan menjadi hal yang cukup baik untuk menunjukan sebuah sikap yang positif seorang pemimpin. Apresiasi akan membangkitkan semangat pegawai, dan memberikan energi yang segar untuk kembali memulai sebauh pekerjaan. Maka dari itu jangan ragu untuk memberikan apresiasi kepada orang lain atau bahkan diri Anda untuk membangkitkan semangat dalam bekerja.

c. Jadi Diri Sendiri

Pemimpin yang baik dan tegas adalah dia yang tidak bisa terpengaruh oleh orang lain serta memiliki pendirian yang kuat. Dalam hal ini bukan berarti keras kepala, akan tetapi tetap berpegang teguh terhadap apa yang diyakini.

Menjadi diri sendiri adalah salah satu karakter pemimpin yang bisa Anda aplikasikan untuk memecahkan masalah hidup. Jangan pedulikan apa yang orang lain katakan mengenai apa yang Anda lakukan. Tetaplah jadi diri sendiri dan percaya dirilah agar Anda mampu keluar dari masalah yang dihadapi.

d. Komunikasi

Memiliki cara berkomunikasi yang baik adalah salah satu karakter pemimpin yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Berbicara, bertanya, berbagi, bertukar pikiran, dengan orang lain akan meringankan beban Anda. Gunakanlah kecakapan Anda untuk keluar dari berbagai macam masalah yang dihadapi. Dengan berkomunikasi akan memudahkan kita menemukan solusi. Maka dari itu mulailah untuk berbicara dengan teman dekat, orang tua, atasan, suami, istri, atau pacar untuk meringankan beban dan memecahkan masalah.

e. Kalahkan Rasa Khawatir

Jangan terlalu banyak khawatir tentang suatu hal. Ini akan menghambat Anda untuk terus bergerak maju. Misalnya dalam hal berlatih sepeda motor, jika sudah memiliki rasa khawatir bahwa Anda akan jatuh, maka selamanya Anda tidak bisa menaiki sepeda motor. Hilangkan semua rasa khawatir untuk menuntaskan apa yang sudah Anda mulai, karena pemimpin yang hebat tak pernah khawatir tentang apa yang akan dilakukannya.

f. Tanggung Jawab

Pemimpin yang hebat selalu memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Apa yang dilakukannya akan selalu dikerjakannya dengan baik. Apa yang dimuali pasti akan diselesaikan.

Sikap ini harus Anda tanamkan dalam diri sendiri agar mampu menghadapi setiap masalah yang dihadapi. Rasa tanggung jawab yang besar akan menjadikan diri Anda pribadi yang kuat dan dihormati. Seseorang sering sekali lupa akan tanggung jawabnya, mereka cenderung lari dari apa yang mestinya dihadapi. Maka tanamkan rasa ini agar Anda mampu meraih apa yang sudah dicita-citakan.

g. Empati

Pemimpin adalah seorang yang peduli terhadap apa yang sedang diderita atau dilakukan oleh orang lain. Peduli bukan selalu harus memberi materi, akan tetapi hal yang paling sederhana adalah dengan bertanya kabar dan memberikan perhatian. Sebuah pertanyaan “Apa kabar?” atau “Bagaimana keadaan Anda?” ini sudah menjadi salah satu bentuk kepedulian.

Kepedulian Anda akan membantu diri sendiri keluar dari masalah. Ketika Anda peduli dengan orang saat mereka membutuhkan, hal ini akan berbalik kepada Anda. Ketika Anda butuh kemungkinan besar orang lain membantu dan berempati.

h. Pastikan Anda memberi tahu tujuan akhir

Memeberikan penjelasan tentang tujuan akhir dari program, rencana, atau pekerjaan Anda merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Kebanyakan pemimpin tidak mau menjelaskan kepada bawahannya tentang apa yang menjadi tujuannya, sehingga pekerjaan dan targetnya tidak akan pernah tercapai.

Maka dari itu, sampaikanlah apa yang menjadi tujuan dan rencana Anda. Buatlah mereka mengerti dan mampu berpikir dan menyelesaikan dengan baik sesuai apa yang sudah ditargetkan.

i. Tetap tenang

Selalu menjaga ketenangan dalam bekerja dan tidak terbawa emosi adalah kunci menuju sukses. Seorang pemimpin harus memiliki sifat ini, karena ia tidak akan mampu mengontrol dan mengatasi masalah yang terjadi, jika dirinya tidak mampu mengatur dengan baik emosinya. Emosi yang berlebih akan menghancurkan sesuatu yang sedang Anda bangun.

Maka dari itu, jagalah ketenangan pikiran dan tindakan Anda, lalu mulailah pkerjaan dengan sebaik mungkin. Dengan ketenangan yang tinggi, Anda akan mampu menemukan solusi atas malasah yang sedang dihadapi.

j. Berpikir layaknya seorang pendatang dalam dunia bisnis

Memiliki pikiran dan anggapan, bahwa Anda adalah orang yang berpengalaman dan sudah banyak banyak ilmu, maka itu adalah awal dari kegagalan Anda. Dengan sikap seperti ini akan membuat Anda tampak keras kepala dan sulit menerima nasihat orang lain.

Sebaiknya berpikirlah layaknya seorang pedatang. Orang yang selalu ingin belajar dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun. Dengan membuka pikiran seperti ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan banyak referensi yang bisa digunakan untuk memecahkan persoalan serta membangun bisnis yang kuat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *